Zakat, Infak, Sodakoh Dari Sang Gubernur

Keren! Ahok Sisihkan Pendapatannya untuk Zakat, Infak dan Sedekah


Jakarta - Sosok Wagub DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tengah menjadi sorotan publik. Sebabnya, hubungan Ahok dengan DPRD DKI dan partai pengusungnya, Gerindra kian hari kian panas sebagai buntut dari polemik pemilihan kepala daerah langsung dan tidak langsung.

Terlepas dari hal itu, Ahok adalah satu pejabat publik yang terbuka mengenai setiap hal tentang dirinya yang dipublikasi melalui website Ahok.org. Selain gaji, Ahok juga mempublikasi segala kegiatan dan kebijakannya selama menjabat sebagai orang nomor satu di Pemprov DKI.

Dikutip dari Ahok.org, Ahok mempublikasikan pendapatan dari insentif pemungutan pajak daerah dan retribusi daerah pada Bulan Januari-Maret 2013.

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah no 69 tahun 2010 dan Peraturan Gubernur no 198 tahun 2010, kepala daerah dan wakil kepala daerah sebagai penanggung jawab pengelolaan keuangan daerah mendapatkan insentif dari pemungutan pajak daerah jika di daerah tersebut belum diberlakukan sistem remunerasi.

Insentif ini diberikan setiap tiga bulan. Besaran insentif tersebut tidak boleh lebih dari 3 persen pajak dari daerah tersebut.

Dalam website itu juga terlampir dokumen bukti kwitansi pada bulan Januari, Februari dan Maret 2013. Insentif Ahok setelah dikurangi PPH 21 sebesar Rp 61.491.040. Nah, angka itu masih dipotong lagi dengan Zakat, Infak dan Sedekah (ZIS) sebesar Rp 1.537.276. Sehingga jumlah yang diterima Ahok sebesar Rp 59.953.764. Sementara pada potongan PPH 21 insentif bulanan, tertulis sebesar Rp 10.851.360.

Sebagai seorang yang non muslim dan keturunan Tiong Hoa, ikut membayar ZIS tentu bukan hal yang lazim. Namun sepertinya Ahok menunjukan bahwa dirinya merasa perlu menyisihkan sebagian rezekinya bagi masyarakat tidak mampu.

Dalam laporan biaya penunjang operasionalnya, pada periode Januari-Juli 2013, Ahok merinci semua pengeluarannya. Salah satunya adalah sumbangan untuk kegiatan-kegiatan sosial. Misalnya, penanggulangan korban banjir Rusun Marunda, bantuan biaya orang sakit, bantuan korban kebakaran, bantuan pembangunan rumah ibadah dan sebagainya.

Sayangnya, belum ada laporan-laporan terbaru dari pengeluaran-pengeluaran tersebut. Setidaknya pada tahun 2014 ini Ahok belum mengunggah data barunya.

Selasa (15/7/2014), Ahok pernah menyumbang Rp 25 juta kepada Badan Amal Zakat Infak dan Sedekah (Bazis) DKI. Dalam sambutannya Ahok mengajak agar seluruh hadirin untuk memberikan Zakat, infaq dan shadaqahnya.

"Saya sengaja bicara seperti ini karena terus terang sumbangan dari para pejabat ini kurang. Kalau Islam kasih 2,5% kan zakatnya, orang Kristen ada yang 10%, tapi itu juga saya rasa banyak yang tidak kasih penuh. Orang Islam juga banyak yang gak kasih penuh 2,5%. Kalau semua orang kaya raya kasih penuh zakatnya, orang miskin di Jakarta nggak bakal ada, semua akan tuntas," ucapnya disambut tepuk tangan hadirin.

Zodiak Terkutuk di China

Orang Berzodiak Ini Susah Cari Kerja di China

Di China, seseorang bisa saja ditolak masuk kerja bukan karena tak punya keahlian atau pengalaman, bukan pula gara-gara gender -- perempuan atau pria. Tapi lantaran kapan ia dilahirkan dan apa zodiaknya.

Untuk dunia kerja di Tiongkok, astrologi adalah persoalan serius. Kedengarannya aneh, tapi orang dengan zodiak ini paling banyak mengalami kendala untuk mendapatkan pekerjaan: Virgo.

Menurut Christopher Beam, penulis yang tinggal di China dan menulis untuk majalah New Republic, 'diskriminasi astrologi' adalah persoalan nyata.

Mereka yang lahir antara 23 Agustus hingga 22 September juga kerap jadi sasaran celaan di dunia maya. Dituduh pilih-pilih, manja, dan rewel hingga dituding mengalami gangguan obsesif-kompulsif (OCD).

"Orang berzodiak Virgo perfeksionis, mereka kerap mengritik orang lain," kata Felicia Jiang, pendiri situs astrologi populer, NoDoor.com kepada New Republic, seperti Liputan6.com kutip dari News.com.au.

Tak cuma anggapan, beberapa orang nyatanya sulit masuk dunia kerja gara-gara waktu kelahirannya. Demikian menurut survei online yang diselenggarakan oleh Sina, yang hasilnya menyebut pelamar kerja berzodiak Virgo jarang diterima.

"Perusahaan memang tak selalu terang-terangan menolak Virgo. Namun, mereka akan menekankan jenis orang dengan zodiak tertentu yang ingin mereka pekerjakan," tulis Beam.

Ini misalnya: sebuah agen wisata di Hong Kong dalam iklan pencarian kerja menyebut, mereka berminat mempekerjakan Gemini, Libra, atau Aquarius. "Sementara perusahaan real estate di Ningbo dilaporkan menolak pelamar karena ia Virgo."

Tak semua orang sepakat dengan steorotipe itu. Terutama mereka yang Virgo. Kampanye diluncurkan di dunia maya awal tahun ini di Weibo -- media sosial mirip Twitter. Meminta orang-orang memulihkan nama baik 'Virgo' dengan mengambil hal-hal baik tentang zodiak itu.

Perusahaan pun ikut ambil bagian dalam kampanye tersebut, yakni produsen pendingin udara , Haier. "Virgo mungkin OCD,  takut kotor, dan pemilih. Tapi itu ada alasannya -- seperti AC sentral Haier -- mereka selalu menuntut kesempurnaan."

Di sisi lain, ada berzodiak Virgo yang tak khawatir mendapat pekerjaan. Dia adalah orang terkaya di China: pendiri Alibaba, Jack Ma.

Tips Sukses Miliaran Rupiah Dari Youtube

Meraup Jutaan Dolar dari YouTube

Jakarta - Anda yang tumbuh di tahun 1990-an, pasti mengenal program yang cukup fenomenal saat itu, America's Funniest Home Video. Program buatan ABC itu menampilkan kompilasi video lucu kiriman penonton.

Program TV itu kini mungkin sudah tenggelam. Bukan karena sudah tidak menarik lagi, namun perlahan terkena imbas pergeseran dari saluran televisi ke media internet, salah satunya adalah YouTube.

Di situs berbagi video itu, penonton bisa menyaksikan berbagai tingkah polah yang biasa disaksikan di America's Funniest Home Video. Bedanya, penonton bisa melihatnya kapan saja, tema apa saja dan bisa berinteraksi dua arah. Terlebih, Anda pun bisa mendapatkan uang dari YouTube.

Apa yang diberikan oleh Google -- sebagai pengelola YouTube -- ke pengirim videonya memang tak main-main. Sampai ada yang rela meninggalkan pekerjaannya demi menghasilkan video yang nantinya ditonton banyak orang.

Konsepnya sederhana, semakin banyak yang menonton semakin banyak juga pundi-pundi uang dihasilkan. Dan jangan kaget, bila ada yang mendapatkan uang dari ribuan dolar hingga jutaan dolar dari sini.

Artis YouTube ini lintas negara, ada yang terkenal di lokal ada juga yang sudah go international. Kreasi videonya beragam, ada yang amatir ada juga yang mendapat sentuhan profesional. Intinya perputaraan uang juga bisa dihasilkan dari industri ini.

PewDiePie Kantongi Rp 180 Miliar dari YouTube

Jakarta - Apa yang paling membahagiakan selain mendapatkan uang dari menjalankan hobi. Inilah yang dilakukan Youtubers bernama PewDiePie, dari kesukaannya bermain game dia bisa mendapatkan jutaan dolar dalam setahun.

PewDiePie mempunyai sekitar 26 juta subscribers di akun YouTube miliknya. Rata-rata ada 2 juta viewers yang menonton videonya yang berkutat tentang cara memainkan suatu game.

Kebanyakan penonton yang menyaksikan videonya memang ingin 'mencuri' ilmu dari game yang dimainkannya. Tapi lebih dari itu, dia memang memberikan ciri sebagai gamers yang berisik.

Berisik maksudnya, dia bermain game sembari berkomentar dengan mimik wajah kadang lucu. Apalagi jika dia bermain game horor. Terkesan konyol, tapi aliran uang yang masuk akan membuat Anda tercengang.

Menurut anális Youtube, SocialBlade, pendapatan dari pria kelahiran 1989 ini bisa mencapai antara USD 1,8 juta sampai USD 18 juta atau sekitar Rp 180 miliar!

Semua pendapatan itu dia dapatkan dari iklan ataupun jumlah yang menyaksikan videonya. Apalagi video PewDiePie soal bermain video telah ditonton lebih dari 4,3 miliar kali oleh pengunjung.

Sadar akan penontonnya menghasilkan uang dari video yang dia bikin. PewDiePie yang mempunyai nama asli Felix Arvid Ulf Kjelberg ini selalu ramah dengan fans yang mengomentari videonya.

Bahkan untuk menghargai fannya tersebut, PewDiePie membuat julukan baru untuk fansnya yang dikenal dengan Bro Army. Ciri khas dalam videonya dimana pada awal dan akhir memberi sebuah salam 'Bro Fist' membuatnya semakin dekat dengan para fans.

Ulah konyolnya inilah yang membuatnya selalu ditunggu oleh penonton setianya.

Gaya Kocak Psy yang Jadi Mesin Uang

Jakarta - Dahulu, musisi biasa mendapatkan penghasilan dari penjualan CD fisik secara langsung. Sekarang, saat era internet makin berkembang, gaya konvensional seperti itu hanya menghasilkan keuntungan tak seberapa.

YouTube adalah saluran yang mulai dilirik oleh musisi karena lebih menghasilkan uang. Maka tak mengherankan, banyak para artis dengan senang hati meng-upload video klipnya ke YouTube.

Salah satu contohnya adalah Park Jae sang atau yang lebih dikenal sebagai Psy. Video Gangnam Style miliknya telah menjadi viral dan ditonton lebih dari 1 miliar kali.

Rapper asal Korea Selatan itu menjadi salah satu artis asal Asia yang mampu menembus angka yang fantastis. Jadi tak mengherankan bila pemasukan dari hasil klik iklan didapatkan juga tak kalah bombastis.

Menurut The Associated Press, untuk sebuah satu video klip, Psy sudah mendapatkan setidaknya USD 7,9 juta pada tahun 2012. Itu dari iklan saja, belum lagi dari pemasukan lain seperti hak cipta di YouTube.

Psy tentu saja menganggap YouTube sebagai salah satu jalan baginya untuk ngetop dan kaya raya. Karena situs berbagi video milik Google ini bisa diakses dari negara manapun.

Bayangkan, untuk penjualan lagu di Korea Selatan saja, Psy mendapatkan tak lebih dari USD 60 ribu. Nah, dari iTunes, dia bisa setidaknya mengantongi USD USD 7,9 juta.

YouTube juga membawa berkah lainnya bagi si agen yang menaungin Psy, YG Entertaiment. Karena, penyanyi kocak 34 tahun tersebut mendapatkan USD 0,65 sen dari setiap video yang memparodikan Gangnam Style di YouTube. Dari situ saja, Psy bisa mendapatkan USD 4 juta.

Susah-susah Gampang Menggaet YouTubers

Jakarta - Membuat video di YouTube agar dapat menyita perhatian banyak orang sebetulnya gampang-gampang susah. Dari awal, ada beberapa tips yang mesti diingat sebelum memulainya.

Pertama, seperti yang dikatakan salah satu penggiat video YouTube, Benakribo, adalah memilih target audiens yang terkait dengan video yang ingin dibuat.

"Ya, kayak gue, karena sasarannya anak muda. Gue bikin video yang dekat dengan mereka, tentang kehidupan sehari-hari aja," kata pria bernama asli Benazio Putra.

Hal kedua yang perlu diperhatikan adalah membuat video yang sifatnya universal. Maksudnya, bahasa yang digunakan mudah dipahami oleh penonton secara luas.

"Bila ingin cepat dikenal secara luas, ya tentu saja menggunakan bahasa inggris itu jauh lebih bagus," tambahnya.

Bena sendiri mempunyai akun di YouTube sejak tahun 2007. Namun, kala itu dia hanya mengisi dengan video aktivitas sehari-hari. Baru pada tahun 2009, pria berkacamata ini menggunakan mulai membuat video yang berkonsep.

Videonya pun masih yang bersifat ringan, seperti tutorial. Baru sejak tahun ini, ketika YouTubers mulai booming, Bena yang juga seorang penulis ini menargetkan setidaknya membuat 1 video tiap bulan.

"Yang gue bikin sih macam-macam, VLOG, stop motion, sketch, interactive video, travelling, dan banyak lagi. Awalnya juga penonton gue kebanyakan dari pembaca blog, kemudian dari nge-drive dari Twitter juga," tambahnya.

Keseriusannya dalam beberapa tahun terakhir, akhirnya menuai hasil. Kendati belum bisa menghasilkan uang dengan cara monetize, Bena bisa mem-branding dirinya untuk menggaet sponsor.

Hasil yang didapatkan pun lumayan. Setidaknya, menurut pengakuannya, dia bisa menggantungkan hidup dari hobinya membuat video dan ngeblog di internet.

Di Indonesia, Cari Duit di YouTube Baru Dapat 'Recehan'

Jakarta - Di luar negeri, seorang YouTubers bisa menghasilkan uang dari puluhan ribu dolar hingga jutaan dolar. Namun di Indonesia, prestasi serupa sepertinya masih sulit diraih. Mendapatkan uang dari iklan yang disisipi seperti Google Adsense belum terlalu besar.

Hal ini yang diakui oleh salah satu penggiat video di YouTube, Benakribo. Dia mengaku, iklan dari Adsense belum terlalu bisa digantungkan sebagai pemasukan yang impresif.

"Kalau gue pribadi, jumlahnya gak banyak banget. Sebulan bahkan tidak sampai ratusan dolar. Makanya gue lebih tidak mengambilnya, atau beberapa bulan sekali," kata pria bernama asli Benazio Putra.

Pemilik 30 ribu subscribers di YouTube itu tidak sendiri. Beberapa temannya sesama YouTubers pun mengakui hal sama, dimana jumlah uang yang dihasilkan dari video YouTube belum terlalu besar.

Menurut Bena, ada beberapa alasan mengapa hal tersebut belum terjadi. Baginya, video berkonsep di Indonesia baru ngetren tahun 2014. Ini dibuktikan dengan banyaknya YouTubers yang mulai fokus untuk membuat video berkonsep.

"Selain itu jumlah iklan di YouTubenya sendiri juga belum terlalu banyak. Itu juga menjadi alasan mengapa monetize di Indonesia masih belum terlalu diharapkan," tambahnya.

Kendati Adsense dari YouTube belum semeriah di luar negeri, Bena lebih memilih personal branding untuk mendapatkan pemasukan dari video yang dibuatnya.

Apalagi menurutnya, pemilik produk tidak harus mengiklan ke televisi. Artinya, YouTube pun bisa dilirik sebagai sarana kampanye produknya.

"Tetapi gue sih yakin, tahun depan YouTube akan meriah lagi. Baik dari sisi video maupun monetize-nya, "pungkas Bena.


Penonton Datang, Tinggal Menunggu Uang

Jakarta - Pada prinsipnya, peluang menghasilkan uang dari internet sama. Seseorang harus kreatif membuat konten yang bisa menarik banyak orang untuk melihatnya, tak terkecuali di YouTube.

"Yang penting adalah kontennya menarik viewer atau enggak. Intinya adalah menghasilkan video yang viewer-nya banyak, dilihat orang banyak akan otomatis menarik iklan," kata pengamat social media Nukman Luthfie.

Disebutkannya, kunci utama jika seseorang ingin mencari uang di internet dengan mengandalkan konten dan iklan adalah, harus bisa menghasilkan trafik.

"Karena kamu dibayar berdasarkan ad view atau ad click. Kalau trafiknya kecil kamu dapat iklan cuma sedikit, gak bisa ambil duitnya. Karena bisa dapat uangnya itu minimal kita menghasilkan USD 100 baru ditransfer," ujar penyuka kopi ini.

Sama seperti di platform social media lain, yang tidak mudah menurutnya adalah membuat konten yang bisa menghasilkan trafik. Soal konten ini sendiri, harus disesuaikan dengan target audiens yang akan disasar.

"Kalau blog misalnya, gampang bisa ditempelin iklan. Bikin konten, tarik orang yang mau jadi membernya disitu. Semakin banyak akan menghasilkan trafik lebih besar. Sama di YouTube juga begitu. Kalau mau cari duit, kamu bikin channel di situ bikin konten bagus yang bikin orang mau nonton dan subscribe," simpulnya.

Menggantungkan Hidup Sebagai YouTubers, Bisakah?

Jakarta - Di Indonesia, mencari uang dari membuat konten video di YouTube memang masih belum optimal. Namun, bukan berarti tidak bisa dijadikan sebagai tempat bergantung hidup.

Seperti dituturkan oleh salah satu penggiat YouTube, Benakribo. YouTubers lokal belum bisa mengandalkan pemasukan dari klik iklan yang disisipkan di video, layaknya di luar negeri.

"Karena komposisinya untuk mendapatkan puluhan ribu dolar itu harus dilihat berapa juta kali. Di Indonesia, selain jarang yang mendapatkan viewers sebanyak itu, pengiklan di Google-nya sendiri kan tidak sebanyak di luar negeri," kata pria bernama asli Benazio Putra ini.

Kendati demikian, bukan berarti menjadi YouTubers tidak bisa dijadikan pekerjaan full time, dan bukan sekadar iseng semata. Karena dari pengalaman Bena, saat ini dia bisa mendapatkan pemasukan dari YouTube.

Salah satu caranya adalah dengan melakukan personal branding. Maksudnya, menggandeng sponsor untuk membuat video yang kemudian di-upload ke YouTube.

"Sekarang banyak perusahaan yang menggandeng YouTubers untuk membuat video. Kita ajukan konsep, buat videonya yang menarik dan di-upload ke akun youTube," tambahnya.

Saat ini, pria lulusan Universitas Bina Nusantara (Binus) ini memilih sebagai pekerja kreatif yang tidak harus terpatok di belakang meja. Soal penghasilan, sayangnya, Bena tidak mau blak-blakan.

"Ya tergantung kliennya bagaimana. Ada yang cuma mau konsep ide kita, ada yang cuma mau dibuatin videonya atau hanya meng-endorse gue aja," tandasnya.

Video Seperti Apa yang Bisa Menghasilkan Uang?

Jakarta - Untuk menghasilkan uang di YouTube, pemilik akun atau channel harus kreatif membuat konten yang bisa menghasilkan trafik. Jangan lupa, ada sejumlah syarat video yang akan dimonetisasi.

"Cara terbaik memastikan Anda bisa memonetisasi video YouTube adalah membuat seluruh elemen video sendiri. Gunakan imajinasi Anda untuk menciptakan sesuatu yang benar-benar original," demikian seperti dijelaskan YouTube dalam halaman supportnya.

Disebutkan YouTube, video-video yang sukses menarik perhatian orang banyak antara lain bisa termasuk home video, cara membuat sesuatu seperti video do it yourself dan tutorial, video klip musik dan film pendek.

Selain itu, ada juga sejumlah aturan yang harus diperhatikan. Agar sebuah video memenuhi syarat untuk bisa menghasilkan uang, pengupload video harus memiliki hak cipta untuk penggunaan komersial, entah video itu milik si pengupload atau pihak ketiga.

"Elemen ini termasuk di antaranya logo, thumbnails, intro, outro, background music, software interface dan video games. Jika Anda memutuskan bekerjasama dengan konten pihak ketiga, Anda harus benar-benar memastikan memiliki hak untuk menggunakan dan memonetisasi konten tersebut di YouTube," jelas YouTube.

Ada beberapa konten yang akan dianggap tidak memenuhi syarat untuk monetisasi. Misalnya, video dengan latar musik yang dibeli dari iTunes atau konten yang direkam dari acara televisi.

Bisa juga, konten yang diedit berbarengan dengan kompilasi konten yang dibuat oleh orang lain. Atau konten bermuatan kekerasan dan bersifat 'telanjang', tidak diperbolehkan.

Setidaknya, berikut adalah persyaratan minimal dari YouTube ketika akan memonetisasi video.
    Konten harus advertiser friendly
    Konten dibuat oleh sendiri atau punya izin untuk menggunakannya secara komersial
    Punya semua dokumentasi yang membuktikan bahwa Anda adalah pemilik hak komersial atas konten video dan audio yang diupload
    Semua konten mematuhi Terms of Service dan Community Guidelines YouTube. YouTube punya hak untuk menonaktifkan monetisasi akun yang tidak sesuai aturan.

Menaklukkan Bisnis Industri Sepakbola

Kesuksesan FC Porto Menaklukkan Industri Sepakbola

Dalam bisnis, ada teori mengatakan bahwa Anda harus mengambil risiko tinggi jika ingin mendapat keuntungan yang tinggi. Biasanya ini berlaku kepada para pelaku saham, investasi, dan pasar modal.

Teori ini diterapkan oleh banyak tim sepakbola di Eropa. Demi mendapatkan "return" atau prestasi, mereka tak ragu untuk merogoh koceknya lebih dalam agar bisa merekrut pemain-pemain yang kiranya bisa mengantarkan klub ke raihan tertinggi.

Hal inilah yang sedang dilakukan oleh Real Madrid. Mereka tak ragu untuk membeli dan menggaji Ronaldo dengan biaya sangat mahal demi melanjutkan tren Madrid sebagai tim jawara. Dan hasilnya telah terbuki dengan trofi-trofi yang pemain timnas Portugal itu persembahkan.

Namun hal berbeda dilakukan oleh klub asal Portugal, FC Porto. Mereka tak mendatangkan pemain bernilai tinggi. Yang ada, justru mereka lebih gemar menjual para pemain terbaiknya dengan banderol yang sangat mahal.

Ya, hampir setiap bursa transfer Porto selalu menjual para pemain andalannya. Yang terbaru, Eliaquim Mangala dilepas ke Manchester City dengan nilai transfer 53 juta euro.

Mangala sebenarnya menghuni skuat utama Porto pada musim lalu. Total 33 penampilan berhasil dicatatkan pemain berusia 23 tahun ini. Akan tetapi, ia tetap menjadi korban ritual Porto yang tak ragu untuk melepas para pemain utama mereka, hal yang telah dilakukan sejak satu dekade lalu.

Menjual pemain bintang memang jadi hal yang lumrah bagi Porto. Sudah tak terhitung berapa pemain yang dilego tim asal Estadio Dragao ini. Namun, yang lebih penting dari itu semua, dari setiap transfer mereka selalu menghasilkan keuntungan yang besar.

Anehnya, meski terus kehilangan pemain pilar, Porto masih mampu untuk meraih trofi juara. Dalam 10 tahun terakhir, klub ini berhasil meraih delapan titel juara liga (belum termasuk dua trofi Europa League dan satu Liga Champions).

Lho, bagaimana bisa?

Dimulai Pada Era Mourinho

Pada 2002, Porto menunjuk seorang pelatih bernama Jose Mourinho. Penunjukkan ini sebenarnya merupakan perjudian besar karena saat itu Mou belum memiliki prestasi mentereng. Hanya saja, pengalamannya pernah bekerja sama dengan Bobby Robson dan Louis van Gaal menjadi pertimbangan tersendiri.

Tanpa disangka-sangka Mou mampu berprestasi di musim pertamanya. Musim 2002/2003, Porto berhasil meraih trebble winner dengan menyabet gelar juara liga, Piala Portugal, dan Europa League (saat itu masih bernama UEFA Cup).

Musim berikutnya bahkan lebih spesial. Mou berhasil menyandingkan trofi juara liga dan trofi Liga Champions. Prestasi ini sangat-sangat mengejutkan tanah Eropa karena nama Porto sebelumnya tak begitu bersinar di kompetisi Eropa selama beberapa dekade.

Keberhasilan tersebut membuat Mou dilirik tim baru asal Inggris, Chelsea. Mou pun tak ragu untuk hijrah ke London dengan harapan bisa berprestasi di tingkat yang lebih tinggi. Untuk mewujudkannya, ia datang ke Chelsea bersama pemain-pemain Porto yang berhasil mengantarkannya pada kejayaan.

Ricardo Carvalho dan Paulo Ferreira dibeli Chelsea dengan total transfer 40 juta poundsterling. Carvalho adalah produk asli binaan Porto, sedangkan Ferreira didatangkan dari Vitoria dengan nilai transfer 1,5 juta poundsterling.

Transfer ini sangat menguntungkan Porto. Sejak kepergian Mourinho, menjual pemain utama menjadi rutinitas tersendiri bagi Porto.

Keberhasilan Pembinaan Pemain

Dari musim ke musim, Porto seolah tak pernah kehabisan stok pemain bintang meski rutin melakukan penjualan. Dari era Carvalho, Deco, Maniche dan Lisandro Lopez, kemudian digantikan Pepe, Raul Meireles, Falcao dan Bruno Alves, dan terus berlanjut hingga Hulk, Joao Moutinho, James Rodriguez, Fernando dan Mangala.

Para pemain di atas adalah bentuk keberhasilan dari para pencari bakat Porto. Semenjak Mourinho mengajak Carvalho dan Fereira, pencarian pemain muda berbakat dengan harga murah terus dilakukan. Porto bahkan sampai menyebar 250 pencari bakat ke seluruh dunia.

Hal itu diakui General Manager Porto, Anterio Henrique, pada media France Football.

"Kita menggunakan 250 pencari bakat ke seluruh dunia. Kita mengkategorikannya dengan pencari bakat internal dan eksternal. Nantinya, para pemandu bakat tersebut akan menyodorkan dua pemain pada setiap posisi dan nantinya kami akan memilih siapa saja yang cukup berkualitas untuk mendapatkan kontrak dari Porto," ujarnya.

Karena itulah musuh bebuyutan Benfica ini tak ragu untuk menjual pemain-pemainnya. Karena, ketika seorang pemain Porto mendapatkan tawaran dari tim lain, Porto sudah menyiapkan pemain yang akan menggantikan pemain tersebut dengan kualitas yang tak jauh berbeda.

Misalnya ketika Porto mengandalkan Maniche dan Deco untuk pemain di lini tengah. Porto lantas mendatangkan Raul Meireles, Paulo Assuncao, Diego, dan Anderson sebagai cadangan. Bahkan ketika enam pemain tersebut dilepas Porto sudah memiliki pengganti dengan adanya Lucho Gonzalez, Freddy Guarin, Fernando, dan Mario Bolatti.

Meski terjadi persaingan, para pemain tersebut tetap bertahan dengan tim karena mereka mendapatkan gaji berlipat ketimbang di tim sebelumnya. Apalagi sebelum direkrut Porto mereka bisa dibilang sebagai pemain antah berantah. Menjajal kemampuan di Porto merupakan kesempatan bagi mereka agar bisa tampil di kompetisi Eropa.

Maka dari itu, bagi Porto, bermain di kompetisi Eropa adalah sebuah keharusan agar para pemain incarannya tertarik untuk bergabung.

Selain itu, sejarah kolonialisme menunjukkan bahwa Portugal memiliki kedekatan budaya dengan Amerika Latin. Tak heran para pemain tersebut tak mendapatkan hambatan berarti untuk beradaptasi di Portugal.

Karena hal inilah Porto mampu memaksimalkan potensi mereka.

Strategi Transfer

Keberhasilan Porto menjual pemainnya dengan harga mahal tak bisa dilepaskan dari peran seorang agen bernama Jorge Mendes.

Pendiri perusahaan agensi Gestifute itu memiliki hubungan erat dengan bos Porto, Pinto da Costa. Mendes menjadi agen kepercayaan da Costa, setelah sang pemilik kecewa pada agen sebelumnya, Jose Veiga. Pasalnua Porto tak menemukan kata sepakat untuk perpanjangan kontrak klien Veiga, Sergio Conceicao.

Gestifute didirikan pada tahun 1996. Perusahaan yang berbasis di kota Porto ini berkembang dengan cepat setelah mendapatkan tanda tangan banyak pemain berbakat di Portugal, Brasil, dan Argentina.

Mendes nantinya akan mengusulkan pemain mana yang tepat untuk bermain dengan Porto. Mendes juga bisa memperkirakan uang yang bisa diterima klub, ketika pemain ini sudah memasuki masa ‘panen’. Ini karena Mendes sudah memiliki jejaring luas dengan tim, manajer, dan pemilik klub-klub Eropa.

Pemain yang berada dalam asuhan Mendes takkan kesulitan untuk mencari klub.

Mumi di Museum Orang Mati

Seramnya Penampakan Mumi di Museum Mayat Meksiko

Peristiwa tragis pada masa lampau meninggalkan pembelajaran penting untuk masa kini. Penyakit-penyakit yang sekarang sudah dengan mudah disembuhkan, ternyata menjadi wabah mengerikan pada masa lalu, dengan akibat-akibat yang juga mengerikan. Dengan pembelajaran, sejarah tidak perlu berulang.

Untuk urusan jalan-jalan, jika Anda termasuk jenis orang yang lebih suka The Mutter Museum daripada Abad Pertengahan, dan lebih suka naik kuda daripada minivan, Meksico bisa jadi merupakan tempat sempurna untuk menjadi tujuan wisata.

Seperti dilansir dari Roadtrippers, ada saja hal-hal aneh di sana. Ada La Popular, suatu toko perlengkapan pernikahan di mana suatu mayat menjadi model pakaian-pakaian pernikahan, ada patung mengerikan yang terbuat dari bagian-bagian tubuh manusia di Gereja Immaculate Conception, atau Pulau Boneka (Isla de las Muñecas), di mana ribuan boneka dikabarkan hidup kembali pada malam hari dan membunuhi hewan-hewan.

Suatu tujuan wisata yang paling menyeramkan adalah museum yang didirikan untuk menyimpan mayat-mayat, termasuk satu mayat wanita yang meninggal karena dikubur hidup-hidup.

The Mummies of Guanajuato di Meksico memiliki riwayat yang sedih namun menarik yang bermula pada wabah kolera pada tahun 1833. Sekitar 30 puluh tahun setelah wabah itu, pemakaman kota menjadi penuh sehingga terjadi kekurangan serius akan ruang pemakaman. Sebagai upaya untuk memperbaiki masalah itu, Guanajuato menerapkan pajak yang menuntut para keluarga untuk membayar penguburan saudara-saudara mereka.

Pada suatu masa, pajak itu pernah mencapai 170 peso per tahun untuk 3 tahun. Sayangnya, kebanyakan warga tidak mampu membayar atau tidak peduli, sehingga 90% kuburan itu terbengkalai.

Lalu apa yang terjadi dengan jasad-jasad yang dikeluarkan paksa? Kota Guanajuato tinggal membawanya ke pergudangan kota untuk penyimpanan. Setelah tersiar kabar bahwa bangunan itu menyimpan banyak jenazah yang menjadi terawetkan secara alamiah, para wisatawan perlahan-lahan mendatangi kota itu karena ingin melihat ruang penyimpanan yang terkutuk itu.

Para penjaga kuburan, yang ingin mencari keuntungan keuangan dari ketenaran tempat itu, mulai memungut sejumlah uang sebesar beberapa peso untuk mereka yang ingin masuk ke dalamnya. Gagasan itu menjadi besar sehingga akhirnya tempat itu dijadikan museum resmi dengan nama De Museo De Las Momias.

Pada 1958, disetujuilah undang-undang yang melarang pameran jenazah, tapi pada saat itu museum tersebut sudah sangat terkenal sehingga dibiarkan dan terus memamerkan jasad-jasad. Museum itu semakin terkenal melalui film 1970-an yang berjudul Santo Versus the Mummies of Guanajuato. Film itu menceritakan tentang seorang Santo yang berperang melawan mumi-mumi di museum itu, yang secara sihir hidup kembali.

Saat ini museum tersebut tetap menjadi suatu tempat tujuan wisata terkenal di seluruh negeri, dan menyimpan 108 mayat berbagai ukuran dan usia kematian, termasuk satu mumi terkecil di dunia, yakni suatu janin dari wanita yang menjadi korban wabah kholera.

Namun demikian, mumi yang paling terkenal adalah Ignacia Alguilar, seorang wanita yang belakangan diketahui telah terkubur hidup-hidup.

Di tengah-tengah wabah kolera itu, korban-korban yang meninggal dikuburkan sesegera mungkin supaya mencegah penyebaran penyakit tersebut. Lazimnya, mereka yang meninggal dimakamkan dalam waktu satu hari setelah kematiannya. Dapat dibayangkan, dengan kurangnya pengetahuan kedokteran dan sempitnya waktu untuk penguburan berakibat kepada beberapa kesalahan. Ignacia adalah salah satu di antaranya.

Ignacia Aguilar memiliki kondisi kesehatan yang khas yang menyebabkan jantungnya kadang-kadang berhenti, atau berdetak secara lembut sehingga tidak mudah dideteksi.

Ia memiliki keadaan itu seumur hidupnya namun tidak pernah menjadi sakit karenanya. Namun setelah ia menderita kolera, keluarganya mengira ia meninggal dan tergesa-gesa menguburkannya.

Beberapa tahun kemudian, ketika jasadnya dikeluarkan karena keluarganya tidak membayar pajak pemakaman, ia didapati bertelungkup di dalam peti matinya, dengan jidat yang dipenuhi cakaran-cakaran. Mulutnya penuh dengan darah karena menggigiti tangannya sendiri. Jasadnya masih dipajang di museum itu dan mulutnya masih ternganga lebar karena berteriak di dalam peti matinya.

Ada suatu kasus yang sangat mirip, yaitu penguburan hidup-hidup seseorang yang mengidap penyakit kolera di Edisto Island Presbyterian Church di Negara Bagian California, Amerika Serikat.

Biaya masuk ke Museo de Las Momias adalah 55 peso, atau sekitar US$ 4,25 (sekitar Rp 50 ribu). Dengan tambahan beberapa dolar AS, pengunjung diperbolehkan untuk mengambil semua foto-foto menyeramkan sesukanya. Silakan saja orang-orang bersenang-senang liburan musim semi di Cancun di Mexico dengan pantainya yang indah itu, tapi tidak banyak orang yang selfie dengan mumi.

Ada beberapa tempat mumi lain misalnya Ye Olde Curiosity Shop di Kota Seattle, Negara Bagian Washington, tempat Sylvester dan Sylvia, yang adalah dua mummi yang terawetkan paling bagik di dunia. Ada juga Barbour County Historical Museum, yang memajang korban-korban ilmuwan-ilmuwan gila.

Tempat Nyaman Untuk Pensiunan Ekspat

Pensiunan Australia Pilih Habiskan Masa Tua di Asia Tenggara

Jakarta - Agar menikmati masa pensiun dengan tenang, kini, semakin banyak warga senior Australia yang memilih menghabiskan masa tuanya di negara-negara Asia Tenggara. Kira-kira apa yang menyebabkan para pensiunan ini mengambil langkah demikian? Simak laporan berikut.

Banyak pasangan pensiunan Australia menjual rumah mereka dan pindah ke Asia, tempat di mana uang mereka menjadi berlipat ganda. (Foto: Getty Images)
Semakin banyak warga Australia yang menghabiskan masa pensiun mereka untuk bermewah-mewah di negara Asia yang tropis.
Menurut pasangan jurnalis Colleen Ryan dan Stephen Wyatt, ada tren diaspora baru dari mereka yang berusia 50 tahun ke atas, yang memutuskan untuk menjual properti mereka dan tinggal di luar negeri. Dengan jumlah warga Australia berusia 65 tahun ke atas yang diprediksi mencapai angka 8 juta pada 35 tahun ke depan, tren tersebut nantinya tak akan mengejutkan.

Sementara banyak orang bermimpi untuk menghabiskan masa pensiun di sebuah desa di Eropa Selatan, kenyataannya, sebagian besar para pensiunan justru berpindah ke Asia Tenggara, di mana biaya hidup 80% lebih murah ketimbang di Australia. Malaysia dan Thailand adalah dua negara yang menawarkan visa perpanjangan bagi para pensiunan, membuat proses transisi menjadi lebih sederhana.

“Generasi ‘baby boomers &rsquo sangat nyaman berada di Asia Tenggara. Banyak dari mereka melakukan perjalanan awal ke Asia Tenggara, mereka membawa anak-anak mereka berlibur ke sana dan ketika mimpi para pensiunan selama ini adalah Italia atau Perancis, untuk beberapa alasan itu hanya terjadi pada mereka yang sangat kaya,” jelas Colleen.

Ia menambahkan, “Apa yang membuat orang-orang pergi ke Asia Tenggara adalah karena mereka tak bisa hidup dengan sangat layak di Australia ketika mereka pensiun, sementara mereka bisa hidup sangat sangat layak di Asia Tenggara.”

Sejumlah kota seperti Penang, Saigon, dan Chiang Mai menjadi rumah bagi komunitas warga Australia. Gelaran tahunan seperti Festival Penulis Internasional di Ubud, Bali, pun misalnya, mengindikasikan bahwa para intelektual Barat mengadakannya secara permanen karena tahu mereka akan mendorong berbagai komunitas ekspatriat untuk datang.

Meski para pensiunan cenderung untuk tinggal di komunitas yang warga Barat-nya sudah ada, beberapa di antaranya, khususnya yang ada di Malaysia, justru lebih terintegrasi ke komunitas lokal.

Perawatan kesehatan bagi manula dan kesehatan mereka sendiri yang sudah menurun adalah kekhawatiran utama para pensiunan di luar negeri, dan beberapa negara menawarkan opsi lebih baik ketimbang negara lainnya.

“Ketika anda pindah ke negara lain dan anda berusia di atas 60 tahun, anda seperti mengaktifkan bom waktu,” kata Stephen.

Menurutnya, Malaysia dan Thailand memiliki sistem kesehatan yang bagus tapi banyak pensiunan yang memilih tinggal di negara lain menggunakan fasilitas asuransi evakuasi yang mereka miliki.

Lebih jauh lagi, keterasingan yang dulu sempat dirasakan mereka yang tinggal di luar negeri telah teratasi dengan adanya kemajuan teknologi, yang membuat para kakek-nenek dapat terus berkomunikasi dengan cucu-cucu mereka tanpa hambatan.

Meyakinkan para kerabat untuk berkunjung-pun kini bisa dilakukan jauh lebih mudah dengan adanya penawaran penerbangan dan paket liburan murah ke Asia Tenggara.

Ritual Cappuccino ala Orang Italia

Menyeruput Cappuccino, Ritual Orang Italia di Pagi Hari

Menyeruput kopi dipagi hari memang sudah menjadi ritual banyak orang. Apalagi kini, kopi dinikmat karena keunikan citarasanya. Espresso, latte atau cappuccino umum dipilih di pagi hari.

Agar tidak ngantuk dan ibadah lancar, zaman dulu kalangan sufi di Timur Tengah selalu mengonsumsi kopi di malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang dapat menstimulasi jantung dan juga pangkal syaraf.

Kemudian seiring berkembangnya waktu, kafein digunakan untuk menikmati rasa dan aroma kopi yang nikmat.

"Untuk pilihan minum kopi dipagi hari sebenarnya tergantung selera dan kebiasaan. Akan tetapi ada juga yang minum kopi untuk sarapan, seperti Italia," tutur Irvan Helmi, Co Founder Anomali Coffee kepada Detikfood.

Masyarakat Italia memiliki kebiasaan tidak meminum atau memesan cappuccino di atas jam 10 pagi. Sebelum bekerja atau ke sekolah banyak orang yang mengonsumsi cappuccino di restauran, kafe hingga warung kaki lima. Cappuccino biasa dinikmati dengan kue manis ataupun roti kecil sebagai pelengkap sarapan, meskipun sangat jarang.

Cappuccino dibuat dengan campuran lebih banyak susu daripada kopi sehingga tinggi kalori. Hal ini menjadi alasan kenapa mengonsumsi cappuccino yang terbaik adalah di pagi hari. Karena susu memiliki laktosa (gula) dan tubuh menyerap laktosa dan lemak susu dengan cepat, sehingga energi karbohidrat segera tersedia sebelum kafein menstimulasi organ tubuh tertentu.

Kalau di Indonesia sajian minum kopi yang di minum dipagi hari beragam. Mulai dari espresso, caappuccino hingga latte. Biasanya disajikan hangat untuk di pagi hari.

Kandungan gizi dari minuman espresso atau kopi lainnya, tergantung dari apa yang ditambahkan ke dalamnya. Mengonsumsi kopi hitam 1 hingga 2 cangkir per hari dapat membantu tubuh tetap segar sebelum memulai aktivitas.

Manfaat Mengejutkan dari Tusuk Gigi



16 Manfaat Mengejutkan dari Tusuk Gigi

Di rumah agan-agan ada tusuk gigi? Yang kita tahu, kalau tusuk gigi itu dipakai untuk membersihkan sisa-sisa makanan di sela-sela gigi.

Ternyata, ada banyak kegunaan tusuk gigi, baik di dapur, sekitar rumah, atau di kebun.

1. Menjaga panci saat mendidih.

Kita pasti sering melakukan ini, menyalakan kompor dengan panas tinggi, meninggalkan dapur, tahu-tahu air sudah mendidih. Hindari kompor menjadi berantakan dengan menempelkan tusuk gigi secara mendatar antara tutup dan pancinya. Ada sedikit ruang kecil yang akan membuat uap keluar, mencegah airnya tumpah.

2. Mengontrol penggunaan saus salad.

Jangan tuangkan setengah botol saus salad yang baru di buka. Gunakan tusuk gigi untuk membuat lubang di dalamnya. Ini membantu saus meluncur keluar tak terkontrol dari botolnya. Yang jelas membuat kita menghemat kalori juga.

3. Mempercepat kentang panggang.

Tusukkan empat tusuk gigi di ke empat sisi kentang, yang memungkinkan kentang lebih cepat masak karena bagian atas, bawah, dan kedua sisinya terbuka.

4. Membersihkan ponsel.

Ketika kotoran atau debu berada di antara tombol-tombol telepon atau keyboard, celupkan tusuk gigi ke dalam alkohol lalu gunakan untuk membersihkan kotoran di sela-selanya. Trik ini juga bisa digunakan untuk menjangkau daerah yang sulit dibersihkan.

5. Memudahkan nyala lilin.

Bila sumbu lilin sulit dijangkau, karena pendek. Gunakan tusuk gigi untuk menyalakan sumbunya.

6. Menandai awal dari gulungan selotip.

Menemukan awal dari gulungan selotip kadang menjengkelkan. Untuk menandainya gunakan tusuk gigi di awal gulungan.

7. Sentuhan terakhir mengecat.

Celupkan ujung tusuk gigi pada cat dan oleskan di tempat yang dibutuhkan. Berbeda dengan kuas, cat yang dibutuhkan hanya sedikit dan merapikan lukisan Anda.

8. Menandai kematangan daging.

Tusuk gigi warna-warni digunakan untuk memberikan tanda pada kematangan daging.

9. Mematangkan sosis secara merata.

Hubungkan sepasang sosis dengan tusuk gigi, agar sosis tidak menggelinding dan memudahkan membaliknya.

10. Melacak bawang putih dalam bumbu.

Jika mengasinkan makanan dengan bawang putih utuh, tusukkan tusuk gigi pada bawang putih, agar mudah mengeluarkannya.

11. Perbaikan tanaman yang membungkuk batangnya.

Luruskan batang tanaman yang membungkuk dengan menempatkan tusuk gigi pada batangnya dan membungkus dengan kain. Bila batang sudah lurus kembali, segera buka bebatan tusuk gigi.

12. Memperbaiki lubang kecil di kayu.

Anda salah memasang paku? Celupkan ujung tusuk gigi ke dalam lem putih, lalu tempelkan pada lubang bekas paku.

13. Memperbaiki selang bocor.

Jika selang bocor, jangan langsung membeli. Cari lubang dan masukkan tusuk gigi. Potong kelebihan tusuk gigi dan air akan membuat kayu membesar menutupi kebocoran.

14. Memperbaiki bekas sekrup engsel.

Pernahkah Anda membongkar pintu lalu bekas sekrup engselnya meninggalkan lubang? Letakkan lem di ujung tusuk gigi dan tempelkan di lubang. Potong kelebihan tusuk gigi, tambahkan satu atau dua lagi sampai lubang terisi penuh. Barulah lubang tersebut dapat dipakai kembali.

15. Memasang lem untuk payet.

Jika kerajinan Anda menggunakan payet, tusuk gigi bisa membantu Anda agar tidak berantakan. Oleskan sedikit lem pada tusuk gigi, untuk mengambil payet yang akan dipakai.

16. Memudahkan menjahit.

Tusuk gigi digunakan untuk mendorong kain, renda, di bawah jepitan mesin dan jarum jahit, sementara kaki tetap menjalankan mesin jahit.

Tak Ada Yang Mustahil Bagi Orang Yang Percaya

Mimpi "Pendiri" Jurassic Park, Mourinho, dan Chelsea...

Jose Mourinho telah berulang kali membuktikan bahwa tak ada yang mustahil baginya dan bagi timnya. Dalam diri Mourinho, tidak jelas antara batas angan-angan dan kenyataan.

Bagi Mourinho, mimpi dan angan-angan selalu bisa menjadi kenyataan. Ia bakal kesal jika timnya kalah untuk kali kedua. Karena itulah, ia selalu menganalisis kelemahan, baik timnya maupun lawan, sehingga pada pertandingan berikutnya ia tidak akan kalah lagi.

Mourinho juga bisa berperan dan bertingkah apa saja seperti yang ia kehendaki. Karena itulah, julukan "Special One" disematkan kepadanya. Bagi manajer asal Portugal itu, semua peran dan tingkahnya adalah sah asal ia dapat meraih yang tertinggi. Dan, ternyata dengan segala cara itu ia berhasil membuktikannya.

"Anda harus pragmatis dan meminta kepada para pendukung tim Anda apakah mereka senang dengan piala atau mereka lebih lebih memilih untuk memainkan permainan Samba milik Brasil dan pulang tanpa piala," kata Mourinho.

Pemikiran itu setidaknya sudah dibuktikan Mourinho di Chelsea. Bersama klub London Biru, Mourinho dinilai sukses telah melakukan revolusi total untuk kembali mengangkat nama Chelsea di dunia sepak bola Inggris.

Perjalanan Mourinho bersama Chelsea memang kerap dipenuhi kontroversi. Ia bisa membuat lelucon, tetapi tak jarang pula ia sangat dingin dan rasionalis saat menerapkan analisis. Jadi, ia boleh tidak disukai publik Inggris, tetapi para pemain dan fans Chelsea amat menghormati dan mencintainya.

Richard Attenborough
Tidak hanya pemain dan fans, di Chelsea juga terdapat sosok besar yang begitu menghormati dan mencintai Mourinho. Sosok itu adalah Richard Attenborough, sutradara tersohor asal Inggris yang juga menjabat sebagai Life President of the Stamford Bridge. Jabatan itu diberikan kepada Attenborough karena pengabdian luar biasanya kepada Chelsea.

Attenborough sejatinya adalah produser dan mantan aktor di Inggris. Sebagai aktor, ia sempat bermain di sejumlah film, seperti Brighton Rock, World War Two, The Great Escape, dan Jurassic Park. Selaku sutradara, namanya semakin melejit di dunia ketika film garapannya Gandhi (1982), meraih delapan penghargaan Piala Oscar, termasuk kategori sutradara terbaik yang disematkan untuknya.

Attenborough jago dalam dunia entertainment. Ia pun tahu bagaimana memanfaatkan kemampuan itu dalam menyertai pertandingan sepak bola, yang mempunyai nilai entertainment luar biasa. Toh, sepak bola itu adalah fiesta. Dan dari gegap gempita pesta itulah Attenborough membawa mimpi besarnya untuk membawa Chelsea meraih kesuksesan di dunia.

Salah satu faktor yang membuatnya jatuh cinta kepada sepak bola tidaklah lain karena wanita pujaannya, Sheila Sim, aktris era 1940-an, juga merupakan penggemar olahraga tersebut. "Saya pergi dan berdiri di pinggir sungai membawa sepaket sandwich dengan pacar yang akhirnya saya nikahi, terutama karena dia setuju untuk menjadi pendukung Chelsea dan kami telah mendukung mereka sejak 1942." Begitu kenang Attenborough.

Dok. Chelsea Aktor dan sutradara Inggris Richard Attenborough bersama istrinya, Sheila Sim, saat menyaksikan pertandingan Chelsea di Stamford Bridge.
Kala itu, Attenborough tengah sibuk main film Brighton Rock. Dalam film tersebut, ia mendapatkan peran sebagai salah satu anggota kelompok gangster muda, Pinkie. Sang sutradara film, Rowan Joffe, pun meminta Attenborough untuk meningkatkan kemampuan fisiknya. Karena itulah, Attenborough memutuskan untuk ikut pelatihan fisik bersama penggawa-penggawa Chelsea.

"Saya pergi ke Stamford Bridge, lalu bekerja beberapa minggu dengan rekan-rekan di sana dan menjadi teman salah satu striker terbaik Inggris, Tommy Lawton. Jadi, saya sudah menjadi bagian klub ini sejak lama," ungkapnya.

Brighton Rock membuat nama Attenborough melejit di dunia perfilman Inggris. Namun, di tengah kesuksesannya dalam dunia entertainment, Attenborough tidak menjadi seperti kacang lupa pada kulitnya. Justru, kecintaannya terhadap Chelsea semakin menjadi-jadi. Attenborough pun berperan melejitkan nama Chelsea dengan mengajak tokoh terkenal, Laurence Olivier, Frank Sinatra, John Wayne, dan Steve McQueen untuk ikut menjadi duta klub.

Pada 1970-an, Attenborough lalu mendapatkan posisi resmi di Chelsea sebagai direktur klub. Dia pun akhirnya sukses menggapai mimpinya ketika menjadi saksi mata saat The Blues meraih gelar pertama Piala FA 1970 dan trofi Eropa pertama kali ketika mereka memenangi Piala Winners 1971.

Dok. BBC Richard Attenborough (duduk paling kiri) saat menjadi member dewan Chelsea sejak 1969 hingga 1982.
Setelah kesuksesan itu, performa Chelsea meredup, baik di Inggris ataupun Eropa. Chelsea kalah bersaing dengan Liverpool dan Manchester United yang menguasai sepak bola Inggris pada era 1980-an dan 1990-an.

Namun, Attenborough tetap setia mendukung Chelsea. Hingga akhirnya, mulailah era baru ketika Roman Abramovich mengambil alih posisi pemilik klub pada era 2000-an. Dan beruntung bagi Attenborough, muncullah Mourinho yang memutuskan melangkahkan kakinya di Stamford Bridge pada 2004.

Bersama Mourinho, Chelsea kembali menuai kesuksesan di Inggris setelah berhasil merebut gelar Premier League pada 2005 dan 2006, sekaligus mematahkan dominasi MU. Attenborough pun sadar, meski kerap melakukan hal-hal kontroversial, Mourinho adalah potongan puzzle yang hilang untuk mengembalikan masa keemasan Chelsea.

"Saya selalu melihatnya sebagai seorang yang memiliki pesona luar biasa. Dia adalah bintang, dia adalah bintang bagi para pemain. Jika dia memilih bermain ketimbang menjadi pelatih, dia akan mendominasi lapangan. Menurut saya, masa depan kami tergantung kepadanya." Begitu Attenborough memuji Mourinho.

Mimpi
Karena kecintaannya kepada Chelsea, Mourinho memutuskan kembali ke London pada 2013 setelah sempat lima musim bertualang bersama Inter Milan (2008-2010) dan Real Madrid (2010-2013). Namun, kini bakal ada yang berbeda di setiap pertandingan kandang Chelsea karena salah satu kursi di Stamford Bridge yang biasa ditempati Attenborough bakal kosong selama-selamanya.

Attenborough mengembuskan napas terakhirnya pada usia ke-90 tahun karena sakit yang dideritanya pada Minggu (24/8/2014). Publik Inggris dan dunia berduka. Begitu pun halnya dengan penggemar dan seluruh staf Chelsea. Mereka telah kehilangan sosok pria yang konsisten membantu klub, baik pada masa sulit maupun senang.

Semasa hidupnya, Attenborough telah menunjukkan bahwa tidak ada yang mustahil di dunia. Dalam dunia entertainment, Attenborough sudah merasakan kesuksesan luar biasa. Dalam dunia sepak bola, ia juga telah menjadi saksi mata ketika tim kesayangannya, Chelsea, meraih kesuksesan di Inggris ataupun Eropa.

Jadi, sama seperti Mourinho, mimpi dan angan-angan bagi Attenborough selalu bisa menjadi kenyataan. Jika Attenborough bisa mewujudkan angan-angannya mendirikan taman dinosaurus di dunia seperti dalam filmnya Jurassic Park, Mourinho pun diharapkannya bisa mengembalikan masa keemasan Chelsea di Inggris ataupun Eropa, meski dirinya sudah tiada.

Selamat jalan, Lord Attenborough...

"Saya akan menggusur Piala-piala Oscar saya dari rak di atas perapian saya dan menaruh plakat ini (plakat Life Vice-President Chelsea) di atasnya. Ini begitu berharga bagi saya seperti penghargaan apa pun yang telah saya terima pada masa lalu."  - Richard Attenborough (1923 - 2014)

Manusia Tertua di Dunia yang Pernah Hidup di Bumi

Nenek Tertua 127 Tahun Gemar Makan Cokelat

Panjang umur dan sehat selalu adalah dambaan setiap orang. Tapi tak semua bisa mendapatkannya. Salah satu yang beruntung adalah Leandra Becerra Lumbreras.

Nenek asal Meksiko ini bisa hidup sehat meski usianya sudah 127 tahun. Ia bahkan disebut-sebut menjadi wanita tertua di dunia, dan diyakini sebagai manusia tertua di dunia yang masih hidup.

Seperti dimuat dari News.com.au, Leandra yang lahir pada 31 Agustus 1887 ini telah menyaksikan beberapa peristiwa sejarah penting. Ia mengaku ikut berjuang dalam revolusi Meksiko pada 1910-1917 dan melihat Perang Dunia I-II di usia 27 tahun.

Momen Ratu Elizabeth II naik tahta Kerajaan Inggris juga disaksikannya, ketika itu ia berusia 66 tahun. Begitu pula saat manusia pertama menginjakkan kaki di bulan, ia kala itu 82 tahun. Lalu ketika Tembok Berlin runtuh umurnya memasuki 100 tahun.

Leandra yang baru saja merayakan ulang tahun ke-127 pada Minggu 31 Agustus 2014 bersama keluarga besarnya, kini telah memiliki 5 anak, 20 cucu, 73 cicit dan 55 anak dari cicit-cicitnya. Kelima anaknya sudah meninggal lebih dulu, usia yang paling tua mencapai 90 tahun. Beberapa cucunya juga sudah dijemput Sang Khalik.

Menurut keluarganya, rahasia umur panjang Leandra sangat sederhana yakni dengan makan teratur, tidur siang, dan salah seorang cucunya, Miriam Alvear yang berusia 43 tahun menuturkan, neneknya ini sangat menyukai cokelat.

"Dia memiliki gigi yang baik, bahkan di hari tuanya. Dia tidak mengidap diabetes atau hipertensi, sehingga bisa banyak makan cokelat dan permen sebanyak yang ia mau," kata Alvear.

Hidup tekun dan memiliki komitmen tinggi pada pekerjaan, juga menjadi rahasia umur panjang Leandra.

"Dia senang bekerja. Bahkan masih menjahit dan menenun hingga usianya 125 tahun -- 2 tahun lalu. Dia tidak pernah berhenti menjadi sosok aktif. Itulah alasan yang kami pikir bisa hidup begitu lama," lanjut Miriam seperti dikutip dari Daily Mail.

Meskipun wanita yang dulunya bekerja sebagai penjahit itu kini tuli dan menderita katarak, namun ia masih sering menghibur keluarga dengan cerita-cerita masa lalunya. Termasuk cerita saat revolusi Meksiko berlangsung, dimana Leandra harus meninggalkan rumah dan bersembunyi di gua-gua untuk melarikan diri dari tentara yang akan menangkapnya.

Hanya tersisa barang-barang tua yang membantu mengingatkannya akan cerita di masa lalu -- sendok tua yang terbuat dari perak pada 1847, sepasang anting-anting emas, cincin, dan jam saku yang telah usang.

Menurut Miriam, sang nenek juga pernah menceritakan tentang 3 pria yang pernah menjadi cintanya. Salah satunya adalah Margarito Maldonado, seorang pemimpin revolusioner yang terkenal pada masa itu.

Meskipun Leandra diyakini sebagai manusia tertua yang pernah hidup, namun namanya tidak tercatat oleh Guinness World Records, lantaran akte kelahiran Leandra telah hilang sejak ia pindah rumah 40 tahun lalu.

Wanita tertua yang tercatat di Guinness adalah seorang nenek asal Jepang, Misao Okawa yang berusia 116 tahun -- 11 tahun lebih muda dari Leandra.

Saatnya Wanita Berkuasa

Suku Mosuo di Tiongkok, di Sini Wanita yang Berkuasa!

Lugu Lake - Jika biasanya pria yang mencari uang dan wanita yang mengurus anak di rumah, lain halnya dengan Suku Mosuo di Tiongkok. Di suku ini, wanita yang berkuasa. Mereka yang mencari nafkah, pun menentukan pasangan hidup.

Ada hal mendasar yang membedakan Mosuo dengan 54 suku lainnya di Tiongkok. Inilah satu-satunya suku yang kedudukan wanitanya lebih tinggi dari pria. Wanita Suku Mosuo mencari nafkah lewat berladang dan memancing ikan, sementara para pria mengurus anak-anak di rumah.

Mengutip BBC, Suku Mosuo tinggal di sekitar Danau Lugu, Provinsi Sichuan, barat daya China. Kecantikan danau ini menjadi daya tarik turis, selain tentunya kehidupan Suku Mosuo yang unik.

Dari semua kebiasaan Suku Mosuo, status pernikahan mereka bisa jadi yang paling unik. Suku Mosuo menganut tradisi 'Walking Marriage'. Sebuah ikatan tanpa status, tanpa pernikahan. Bagaimana cara kerjanya?

Wanita yang sudah menstruasi memiliki hak untuk memilih, bahkan berganti-ganti pasangan. Sang wanita tinggal menunggu pria yang ingin 'melamar'nya di kamar. Pria Suku Mosuo pun harus masuk dengan memanjat jendela atau lewat pintu belakang, kemudian menggantung topinya di jendela agar pria lain tak masuk.

Sang wanita kemudian boleh menerima, dan menolak pria tersebut. Mereka pun berhubungan intim untuk malam itu, dan bila sang wanita cocok dengan sang pria, hubungan tersebut berlanjut tanpa adanya pernikahan. Begitu sang wanita tak cocok, boleh memilih pria lain!

Ini karena sejarahnya, para wanita Suku Mosuo merasa sakit hati karena ditinggal suaminya melakukan perjalanan jauh. Dulu, mayoritas pria Suku Mosuo menjadi pedagang dan ikut menyusuri Jalur Sutera ke India. Mulai dari situlah, para wanita tak ingin ada ikatan resmi dan 'membaur' dengan pria lainnya.

Unik memang, tapi tradisi ini harus dihormati karena sudah berlangsung beberapa generasi. Berkunjung ke Danau Lugu, traveler juga bisa melihat aktivitas sehari-hari Suku Mosuo seperti wanita yang mengayuh perahu sambil bernyanyi. Ada juga yang berladang dan memancing di danau.

Perang Kilat Militer Jerman

75 Tahun Lalu, Militer Jerman Kejutkan Dunia dengan "Blitzkrieg"

Hari ini 1 September 2014 adalah perayaan 75 tahun pecahnya Perang Dunia II. Saat itu perang terbesar dalam sejarah manusia itu pecah setelah militer Jerman menyerbu Polandia.

Selain menandai sebuah konflik bersenjata baru di dunia, serangan Jerman ke Polandia juga memperlihatkan kepada dunia sebuah taktik militer baru yang belum pernah dipraktikkan di masa itu.

Pada Perang Dunia I (1914-1918), merupakan teater sebuah perang statis berupa perang parit. Para prajurit bertahan di parit-parit pertahanan dan berusaha merebut parit lawannya.

Untuk merebut parit lawan para prajurit harus melintasi "tanah tak bertuan" dan saat itulah mereka menjadi sasaran empuk senapan mesin lawan. Korban yang jatuh bisa mencapai ribuan orang dalam sekali gelombang serangan.

Nah, 1 September 1939, Jerman memamerkan taktik perang yang sama sekali baru yang disebut Blitzkrieg atau Perang Kilat.

Dalam blitzkrieg, tidak dikenal adanya pertahanan statis berupa parit atau benteng. Pertahanan terbaik dalam strategi ini adalah gabungan pasukan yang terus bergerak saat melakukan serangan.

Tentu saja serangan seperti ini membutuhkan mesin-mesin perang yang terus bergerak, pesawat tempur yang menguasai udara serta pasukan infantri besar yang terus bermanuver. Serangan semacam ini akan membuat musuh terkejut, kesulitan berkordinasi sehingga mudah dipojokkan. Inilah yang membuat pasukan Jerman saat itu dengan mudah menggilas Polandia.

Sukses menggilas Polandia, dengan taktik yang sama Jerman menghancurkan Belgia, Belanda dan Perancis pada 1940. Blitzkrieg juga digunakan jenderal legendaris Erwin Rommel saat berperang di Afrika.

Heinz Guderian

Jerman mulai mengembangkan taktik perang kilat ini antara 1918-1939 demi menghindari kebuntuan seperti yang terjadi pada Perang Dunia II.

Strategi blitzkrieg ini sangat tergantung keberaan unit-unit tank ringan yang didukung pesawat tempur dan infantri. Dasar taktiknya adalah doktrin "Schlieffen Plan" yang diuraikan Panglima Militer Kekaisaran Jerman Alfred von Schliefen, yang intinya adalah taktik perang yang bertujuan mencapai kemenangan dengan cepat.

Doktrin ini kemudian dikembangkan oleh seorang perwira angkatan darat Jerman, Heinz Guderian yang yakin teknologi modern seperti pesawat pengebom dan tank akan meningkatkan kemampuan manuver militer Jerman.

Seperti sudah disinggung di atas, taktik blitzkrieg Jerman ini memang sangat mengejutkan. Setelah menghancurkan Polandia. Jerman mengalihkan pasukannya ke Eropa barat.

Pada 10 Mei 1940, Jerman mengalihkan pasukannya ke Perancis, Belgia dan Belanda. Perancis saat itu tak hanya didukung militer yang cukup kuat namun juga memiliki jaringan benteng Maginot Line sepanjang perbatasannya dengan Jerman.

Namun, sekali lagi Jerman dengan taktik blitzkriegnya bisa menerobos Maginot Line, yang sebelumnya diklaim tak bisa ditembus, dan langsung merangsek ke wilayah Perancis.

Dan hanya dalam waktu satu bulan tepatnya 14 Juni 1940 pasukan Jerman sudah menduduki Paris yang disusul perjanjian gencatan senjata antara Perancis dan Jerman pada 22 Juni 1940.

Nasib Belgia dan Belanda tak jauh berbeda dengan Perancis. Kedua negara ini tak kuasa menahan laju blitzkrieg Jerman. Perancis, Belanda dan Belgia menjadi jajahan Jerman hingga dibebaskan sekutu pada 1944.

Akhir dari blitzkrieg

Sayangnya, sesempurna apapun sebuah strategi pasti terdapat kelemahan. Dan kelemahan blitzkrieg tak diketahui hingga Jerman mencanangkan perang melawan Uni Soviet. Pada 1941, Jerman menggelar Operasi Barbarossa untuk menginvasi Uni Soviet. Pada awalnya strategi blitzkrieg sukses dan nyaris menghancurkan angkatan bersenjata Beruang Merah.

Pesawat-pesawat bom tukik Stuka menghancurkan pangkalan-pangkaan udara Uni Soviet. Sementara pasukan tank Jerman yang dahsyat dengan mudah mengepung dan menghancurkan divisi-divisi tank Uni Soviet.

Dalam hari ke-17 Operasi Barbarossa, Jerman menawan 300.000 prajurit Rusia, sementara 2.500 tank, 1.400 senjata artileri dan 250 pesawat terbang hancur atau dirampas. Di mata banyak orang Rusia sudah di ambang kekalahan dan Moskwa nampaknya ditakdirkan jatuh ke tangan Jerman.

Sayangnya, di tengah gerak maju itu pemimpin Nazi Adolf Hitler memiliki pemikiran lain. Dia memerintahkan Divisi Panser Tengah yang dipimpin Heinz Guderian bergerak untuk merebut Kiev.

Guderian yang sebenarnya marah atas perintah Hitler ini, tak kuasa menolak dan sebagai seorang prajurit profesional dia menjalankan perintah atasannya. Namun, terbukti perintah Hitler itu menjadi sebuah blunder. Pertempuran ternyata tak berakhir cepat dan masih berlangsung hingga musim dingin Rusia yang kejam datang.

Mesin-mesin perang Jerman terjebak dalam lumpur musim dingin Rusia, sementara akibat terlalu yakin bisa memenangkan perang dengan cepat, pasukan Jerman tak dibekali pakaian musim dingin yang layak.

Akibatnya, ratusan ribu tentara Jerman tewas bukan akibat peluru Uni Soviet namun karena hantaman musim dingin. Dan, strategi perang kilat Jerman yang begitu menggetarkan di awal perang, takluk oleh alam Rusia dan kesalahan perhitungan Adolf Hitler.

100 Tahun Perang Dunia I Diperingati di Berbagai Negara

BRUSSELS, - Para pemimpin dunia, Senin (4/8/2014), memperingati 100 tahun pecahnya Perang Dunia I, sebuah konflik kecil di Balkan yang kemudian menjadi konflik global ketika Jerman menyerang negara netral Belgia pada Agustus 1914.

Di wilayah Pasifik, PM Australia Tony Abbott dan PM Selandia Baru John Key menghormati puluhan ribu tentara kedua negara yang gugur di medan perang Belgia.

"Apa yang dikenal sejarah sebagai Perang Besar ini adalah sebuah peristiwa yang paling menghancurkan dalam sejarah manusia," ujar Abbott.

"Perang ini juga membangkitkan komunisme hingga Nazisme, menjadi bibit Perang Dunia II dan Perang Dingin," tambah Abbott.

Sementara itu di kota Liege, sebuah kota industri di wilayah timur Belgia, keamanan ditingkatkan dan akses menuju pusat peringatan 100 tahun Perang Dunia I diawasi ketat.

Di pusat kota, semua jalan yang mengarah ke lapangan utama dan balai kota Liege, ditutup dan pasukan polisi bersenjata lengkap terlihat di mana-mana.

Raja Belgia, Philippe bersama para tokoh dunia seperti Pangeran William, Raja Spanyol Felipe VI, Presiden Perancis Francois Hollande dan Presiden Jerman Joachim Gauck dikabarkan hadir dalam peringatan ini bersama lebih dari perwakilan 80 negara di dunia.

Liege merupakan kota pertama yang diserang Jerman pada awal Agustus 1914. Pasukan Belgia memberikan perlawanan sengit terhadap pasukan Jerman, sehingga rencana Jerman untuk memenangkan perang dengan cepat, gagal.

Invasi Jerman ke Belgia itu kemudian menyeret Inggris ke dalam perang yang kemudian berlangsung sekitar empat tahun itu.

Akibatnya 10 juta tentara tewas dan 20 juta lainnya terluka. Jutaan warga sipil juga tewas, sejumlah negara runtuh dan peta dunia berubah.

Pohon Pengabul Keinginan

Percaya Tak Percaya, Pohon di Hong Kong Ini Bisa Mengabulkan Doa

Hong Kong - Ada satu kepercayaan masyarakat Hong Kong yang bikin traveler penasaran. Di Lam Tsuen, terdapat dua pohon yang konon diyakini bisa mengabulkan permohonan bagi siapa saja yang berdoa di sana. Percaya tak percaya...

Pohon tersebut dikenal dengan nama Lam Tsuen Wishing Trees. Lokasinya berada di dekat Kuil Tin Hau di kawasan Lam Tsuen, Tai Po. Usut punya usut, dua pohon yang sebenarnya adalah pohon beringin itu berumur 200 tahun!

Dilongok dari situs Discover Hong Kong, kedua pohon beringin di Lam Tsuen selalu ramai oleh pengunjung, baik masyarakat setempat atau turis yang datang. Apalagi saat perayaan Hari Imlek, di sekitar pohonnya bak lautan manusia.

Mereka yang berdoa di depan pohonnya, pertama berdoa di dalam hati agar permohonannya dikabulkan. Setelah itu, mereka menulis permohonannya di suatu kertas yang disebut Bao Die dan menggantungnya di buah jeruk atau pemberat lainnya. Lalu, mereka melemparkannya agar tersangkut ke dahan atau ranting pohon.

Konon, kalau kertasnya tidak jatuh maka permohonannya bakal dikabulkan. Sebaliknya, kalau kertasnya jatuh maka permohonannya dianggap masih ditolak. Pohon beringin yang lebih besar biasanya jadi tempat untuk memohon prestasi di bidang akademik, kekayaan dan kesehatan. Sedangkan pohon beringin yang lebih kecil sebagai tempat berdoa untuk kehamilan dan pernikahan.

Mengapa pohon beringin di Lam Tsuen dipercaya bisa mengabulkan doa? Masyarakat setempat percaya, Kuil Tin Hau di dekat pohon tersebut adalah tempat memuja dewi laut yang dipercaya memberikan kehidupan pada para nelayan. Selain itu, 12 arwah lelaki yang menyelamatkan Lam Tsuen di masa peperangan pun bersemayam di sekitar kuil dan pohon beringin.

Itulah yang membuat masyarakat setempat percaya, jika berdoa di pohon beringin di sana konon akan dikabulkan. Hal tersebut sudah berlangsung sejak ratusan tahun silam dan masih diyakini hingga sekarang.

Meski begitu, pemerintah Hong Kong ingin melindungi pohon pengabul permohonan di Lam Tsuen agar tidak rusak. Caranya dengan membuat rak kayu di sekitar pohon sebagai tempat menuliskan doa dan menanam pohon beringin lainnya di sekitar Kuil Tin hau. Namun sampai saat ini, Anda masih bisa melihat orang-orang berdoa dengan cara melempar buah jeruk ke atas pohon beringin di sana. Sebuah tradisi yang tetap terjaga.

Festival Mistis di Jepang

Mengenal Nachi no Hi Matsuri, Festival Mistis di Jepang

Wakayama - Gerombolan orang dengan pakaian putih-putih memadati hutan di Jepang. Obor dengan api menyala-nyala mendominasi pemandangan. Semua tampak khusyuk berdoa. Inilah Nachi no Hi Matsuri, festival mistis di Jepang.

Jepang dikenal dengan berbagai festival yang menarik untuk dilihat. Mulai dari festival bunga hingga festival keramat yang sangat sakral.

Dari semua festival yang ada, Nachi no Hi Matsuri adalah salah satu yang paling ramai diikuti. Festival ini juga menjadi salah satu festival api terbesar di Jepang.

Nachi no Hi Matsuri bisa turis lihat di Pegunungan Kumano, Prefektur Wakayama, Jepang. Dari JNTO, pegunungan ini masuk dalam daftar situs warisan dunia.

Lokasi utama Nachi no Hi Matsuri ada di Otaki Niagara atau air terjun Otaki. Bagi masyarakat Jepang, air terjun Otaki merupakan air terjun keramat. Air terjun ini juga dijadikan tempat ibadah dan dianggap sebagai dewa.

Selama festival, wisatawan bisa melihat adegan sakral yang bikin bulu kuduk berdiri. Betapa tidak, 12 obor raksasa dibawa peserta selama festival berlangsung. Tak ketinggalan ucapan mantra.

Pertama-tama, peserta festival akan membawa miniatur kuil yang digotong beramai-ramai. Sambil berteriak, mereka berjalan dan mengucapkan mantra-mantra.

Sementara itu, peserta lain akan berlari sambil memegang obor. Obor ini nantinya akan dibawa ke air terjun. Di sinilah ritual sesungguhnya dimulai.

Peserta akan berdoa untuk dewa air terjun. Berbagai doa dipanjatkan, seperti haraoan diberi kesehatan, dan kesehatan. Tak cuma peserta, turis pun bisa ikut berdoa di sana.

Tak Bisa Berhenti Bekerja Begitu Sudah Memulainya

Segala yang Maya, Operasi Plastik, Hingga Kencan Buta yang "Menggila" di Korea...

Korea Selatan menjadi tuan rumah Asian Games XVII, pada 19 September 2014 hingga 4 Oktober 2014. Untuk negara yang relatif kecil -menempati peringkat 109 di dunia di peringkat luas wilayah- sederet hal unik bisa ditemukan di sini.

Sederet hal unik itu mulai dari statusnya yang masih merupakan wilayah perang hingga industri musik "lokal" yang bisa mendunia. Keunikan juga muncul dari gaya hidup yang tak lagi mengandalkan riasan wajah tetapi sudah sampai tataran ekstrem berupa operasi plastik.

Seperti dikutip dari CNN, berikut ini sederetan hal unik yang "menggila" di Korea Selatan:

1. Budaya dalam jejaring maya

Membayangkan seperti apa rupa dunia dalam masa depan, sejenak tengoklah Korea Selatan. Di negeri ginseng, 97,7 persen orang-orang muda berusia antara 18 hingga 24 tahun memakai smartphone.

Korea Selatan mencatatkan penetrasi internet hingga 82,7 persen dan penggunaan smartphone mencapai 78,5 persen, per 2013. Telepon genggam di negara ini sebagian besar tak cuma menjadi alat komunikasi.

Di Korea Selatan, telepon genggam adalah alat bayar di toko, alat untuk menonton layanan TV kabel, dan alat untuk memindai kode QR (quick response code) di supermarket virtual pertama di dunia.

Supermarket virtual pertama Korea Selatan dibuka di stasiun setempat pada 2011. Di sana hanya dipajang gambar produk dengan kode QR untuk "dipotret" sebagai cara pembelian online.

Perusahaan otomotif Hyundai, sudah akan mulai memproduksi mobil yang dinyalakan dengan telepon genggam. Sedangkan perusahaan gadget Samsung sudah membuat telepon yang melengkung.

2. Segalanya di selembar plastik

Korea Selatan merupakan negara dengan pengguna tertinggi kartu kredit pada 2012, berdasarkan data dari Bank of Korea.

Bila Amerika Serikat mencatatkan 77,9 transaksi kartu kredit per orang pada 2011 dan Kanada 89,6 transaksi, maka Korea Selatan membukukan 129,7 transaksi per orang.

Di Korea Selatan, menolak melayani pembeli yang memakai kartu kredit sudah dianggap perbuatan ilegal. Berapa pun harga barang atau jasa, kartu kredit harus dilayani, termasuk untuk membayar taksi serendah apa pun ongkosnya.

3 Gila kerja

Data dari Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), Korea Selatan adalah negara dengan 98 persen populuasi menyelesaikan pendidikan menengah atas dan 63 persen lulusan sarjana.

Orang-orang ini juga adalah tipikal gila kerja, yang tak bisa berhenti bekerja begitu sudah memulainya. Data dari Kementerian Strategi dan Keuangan Korea Selatan, orang-orang Korea Selatan bekerja 44,6 jam sepekan pada 2012. Rata-rata pekerja di negara anggota OECD mencatatkan 32,8 jam kerja sepekan.

Data terbaru yang dirilis pada 2014, seperti dikutip CNN, menyebutkan orang Seoul punya jam tidur paling sedikit dibandingkan penduduk kota besar lain di dunia. Bersama warga Tokyo, rata-rata warga kota ini hanya tidur kurang dari 6 jam semalam.

4 Gaya hidup dan kosmetika

Meski gila kerja, orang-orang Korea Selatan juga "kuat minum". Mereka yang menolak minum bersama, bisa dianggap tak sopan atau orang yang "garing" alias membosankan.

Dari sisi penampilan, orang Korea Selatan tak berhenti bereksperimen dengan bahan kosmetika maupun metoda untuk mempercantik diri. Eksperimen kosmetika itu menggunakan mulai dari lumpur vulkanik hingga pelembab tempe.

Dan, eksperimen soal perbaikan penampilan ini tak hanya milik kaum hawa. Lelaki Korea Selatan juga sama gemarnya melakukan perawatan diri, menggunakan riasan, hingga menjalani operasi plastik.

Korea Selatan tercatat sebagai pasar terbesar untuk kosmetika pria. Setiap tahun, seperti dikutip CNN dari Euromonitor, lelaki Korea Selatan menghabiskan seperempat total nilai belanja kosmetik pria di dunia. Nilaina sekitar 900 juta dollar AS, setara sekitar Rp 10,5 triliun.

Lalu, operasi plastik pun mencatatkan angka-angka fantastis di sini, mulai dari perbaikan rahang, dahi, hingga gigi. Tak ada dokter yang tak bisa melayani operasi plastik di Korea Selatan.

Operasi plastik bahkan sudah menjadi paket wisata medis yang ditawarkan ke Rusia, China, Jepang, bahkan Indonesia.

"Rata-rata, operasi plastik di Amerika Serikat butuh dana sekitar 10.000 dollar AS," kata ahli bedah plastik dari Seoul National University Hospital, Kwon Seung-taik. "Di Korea, Anda bisa mendapatkan layanan yang sama, dengan 2.000 dollar AS atau 3.000 dollar AS."

5. Kencan buta

Kencan buta adalah tren di Korea Selatan. "Kapan akan kencan buta?" menjadi pertanyaan yang akan kerap diajukan kepada para lajang di sana.

Ada 2.500-an perusahaan yang melayani jasa kencan buta di Korea Selatan, dengan 63,2 persen pangsa pasar digarap biro jodoh "Duo".

Survei "Duo" mendapati pasangan kencan buta yang memutuskan menikah butuh waktu 10,2 bulan pacaran sejak kencan buta perdana. Dalam waktu itu, rata-rata ada 62 kencan terjadi per pasangan.

Para lajang yang berusaha mencari calon pengantin mengaku rata-rata menjalani dua kali kencan buta sepekan.

Mengintip Selebritis Cara Mengembangkan Bisnisnya

Cara Pasangan Christian Sugiono-Titi Kamal Mengembangbiakkan Kekayaannya

JAKARTA - Christian Sugiono dan Titi Kamal adalah pasangan aktif dan potensial. Mereka adalah orang yang tak bisa diam tanpa melakukan aktivitas. Menjadi bintang sinetron atau film rupanya tak membuat mereka puas.

"Punya uang mau diapakan? Ya, kalau cuma taruh (tabung) di bank bisa kalah dengan inflasi. Lama-lama bisa habis," ucap Christian, saat ditemui di Mega Kuningan, Jakarta.

Makanya, Christian dan Titi kemudian memutuskan untuk terjun ke dunia bisnis dan investasi. Titi sudah menggeluti dunia bisnis sejak beberapa tahun silam.

Pasangan yang menikah pada Februari 2009 itu, punya usaha salon dan katering. Sementara ia juga investasikan uangnya dalam bidang properti: ada villa, tanah, dan apartement.

"Investasinya sengaja dipisah-pisah supaya dananya teralokasikan dengan baik," timpal Titi. Hasil atau keuntungan dari rangkaian bisnis dan investasinya, lanjut Christian, diputar lagi untuk membangun bisnis media online dan restoran.

Untuk mengelola bisnis dan investasinya, pasangan itu berkonsultasi dengan personal banker. Dari situ mereka belajar menghadirkan solusi pengelolaan keunagan yang cerdas dan konprehensif. Pasangan tersebut memang kepengin mapan di usia yang relatif muda dan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya.

Anjing Penjaga Makam Majikan

Anjing Setia Jaga Makam Majikan Hingga Kurus Kering

Tak salah jika anjing disebut sebagai sahabat manusia. Sebab mereka sangat setia mendampingi majikannya ke mana pun dalam kondisi apapun. Hal itu terjadi di India, pada Bhaskar Shri dan peliharaannya itu.
Anjing Setia Jaga Makam Majikan Hingga Kurus KeringAnjing Setia Jaga Makam Majikan Hingga Kurus Kering

Pemuda itu meninggal dalam kecelakaan mobil. Namun anjingnya yang bernama Tommy begitu setia menjaga kuburan sang majikan selama dua minggu penuh.

Seperti diberitakan Oddity Central, anjing itu dilaporkan tak mau makan sepanjang waktu. Hanya menjaga makam di pinggiran Kota Chennai, tak peduli panasnya siang dan dinginnya malam selama 15 hari.

Bhaskar adalah seorang pekerja konstruksi yang sangat mencintai anjingnya. Ia telah mengadopsi Tommy lima tahun silam. Semenjak itu, keduanya tak terpisahkan. Selalu bersama ke mana pun.

Ketika Bhaskar meninggal, Tommy pun sangat sedih. Anjing itu bahkan menolak meninggalkan makam tuannya. Bahkan menangisinya hingga 2 pekan lebih.

Kondisi Tommy yang tak mau beranjak dari makam untuk mnecari makan, juga perasaan sedihnya. Membuat ia kurus kering. Bobot tubuhnya berkurang drastis.

Tommy akhirnya diselamatkan dua minggu kemudian oleh Dawn Williams, seorang petugas penyelamat hewan dari Blue Cross of India.

"Saya pertama kali melihat anjing cokelat duduk di kuburan yang masih segar selama satu malam. Ketika itu minggu pertama Agustus, tapi aku tak berpikir jauh tentang apa yang dilakukan si anjing," kata Dawn.

"Tapi pada tanggal 13 Agustus, ketika aku melintas kawasan itu lagi. Anjing itu masih duduk di tempat yang sama, dengan posisi yang sama pula. Sepertinya ia tidak pindah tempat selama beberapa minggu," beber Dawn.

"Aku bisa melihat bahwa ia berada dalam kondisi tertekan. Dia kelaparan dan aku yakin diahabis menangis. Aku memberinya air dan biskuit, tapi ia menolak untuk berpindah tempat. Kemudian, dengan rekanku, aku berjalan ke sekitar wilayah itu, meminta informasi jika penduduk setempat tahu si pemilik anjing," tutur Dawn.

Akhirnya ada penduduk setempat yang menjelaskan siapa Tommy. Anjing yang menjaga makam tuannya, dan tak seorang pun bisa membuatnya bergerak. Berkat informasi warga, Dawn pun berhasil melacak ibu mendiang Bhaskar, Shrimati Sundari, yang juga seorang pekerja konstruksi.

"Ketika Tommy melihatnya, ia melompat dan menjilatinya sebelum berdiam di kakinya. Itu tanda bahwa anjing itu mengenalnya," jelas Dawn.

Menurut Sundari, Bhaskar dan Tommy memiliki hubungan yang sangat istimewa dekat. Tapi sejak kematiannya pada 2 Agustus, anjing itu menghilang. Mereka mencari Tommy namun tak menemukannya, dan berfikir hewan telah menemukan rumah baru.

Namun ternyata Tommy pergi ke makam putra Sundari. "Aku benar-benar senang dia kembali. Aku akan menjadikannya teman setia, dan menjadikannya sebagai pengingat putraku," ungkap dia.

"Sedih melihat mereka pergi. Tapi aku senang mereka bisa bersatu kembali. Aku yakin Tommy akan membantu Sundari melewati kesedihannya, anjing menakjubkan soal emosi," ucap Dawn.

Kisah anjing setia ini bukan hanya sekali. Sebelumnya ada Hachiko, Leao dan Capito yang tetap di kuburan tuannya selama lebih dari lima tahun. Lalu anjing serigala yang berbaring di atas batu nisan nenek pemiliknya, terisak-isak menangisi kematiannya.

Tips Menghindari Penipuan Jual Beli Online

7 Tips sederhana hindari penipuan jual beli online

Berita baru yang tak kalah 'hotnya' dibandingkan dengan kasus Florence Sihombing atau juga beredarnya foto mesum seorang wanita berbaju PNS, adalah masalah penipuan jual-beli online.

Ketika ranah bisnis sudah mulai bergeser dengan memanfaatkan internet, maka setiap aktivitasnya menjadi semakin efisien. Hal-hal yang dulunya memerlukan waktu cukup lama, dapat dilakukan dengan cepat dan mudah. Bahkan pemanfaatan internet juga merambah pada aktivitas jual-beli online.

Mulai dari orang biasa sampai dengan jajaran orang terkenal pernah menjadi korbannya. Bahkan Menteri Pemuda dan Olahraga Roy Suryo juga takluput menjadi korbannya. Sayangnya, tidak sedikit cerita dan kasus penipuan jual-beli online ini bermunculan dan seakan belum dapat terbendung hingga kini serta korban demi korban terus berjatuhan.

Oleh karenanya dibutuhkan kiat-kiat atau tips jitu untuk meminimalisir aksi penipuan jual-beli melalui internet ini. Berikut tips-tipsnya.

1. Meneliti track record dari sang penjual

Sebelum melakukan transaksi, satu hal yang patut dilakukan terlebih dahulu adalah mengetahui dan mengenal track record dari penjual. Hal tersebut dapat diketahui dengan atau dari rekomendasi orang-orang yang pernah bertransaksi dengan sang penjual atau bukti testimoni yang dikirimkan oleh para pembeli terdahulu.

2. Mencari informasi dari penjual

Walaupun tidak dapat dikatakan sebagai cara paling tepat, karena terkadang juga masih kebobolan dengan kecerdikan sang penipu, namun disarankan untuk meneliti informasi sang penjual terlebih dahulu sebelum melakukan transaksi.

Apabila sang penjual menggunakan Facebook, Twitter atau jejaring sosial, maka dapat menelitinya melalui informasi 'about' yang disediakan oleh pemilik website sosial media tersebut. Apabila sang penjual menggunakan blog atau website, maka akan lebih mudah lagi, karena bagi penjual asli, akan mencantumkan informasi tentang mereka di situs aatu blognya itu.

Selain mengetahui informasi tentang penjualnya, Anda juga perlu mengetahui barang yang dijual dengan cara mencocokkan barang tersebut menggunakan layanan pencarian gambar di Google.

3. Usahakan menggunakan layanan rekber atau melakukan COD

Tentunya bagi orang-orang yang sering berbelanja online akan mengenal dua istilah ini, rekber atau rekening bersama dan COD atau Cash on Demand atau Cash on Delivery.

Dengan menggunakan layanan rekber yang sudah disepakati atau digunakan banyak orang, maka Anda dapat meminimalisir penipuan karena sang pemegang rekening pastinya sudah mengantongi alamat dan informasi si penjual.

COD merupakan cara paling aman karena antara penjual dan pembeli dapat bertemu langsung. Sayangnya, hal ini mungkin akan menjadi kendala apabila kedua belah pihak terpaut jarak yang cukup jauh.

4. Waspadai barang yang dijual dengan harga terlalu murah

Memang ada kalanya sebuah barang dijual secara online dengan harga yang miring dan menggiurkan, terutama untuk barang-barang bekas layak pakai.

Namun dari iming-iming harga tersebut, Anda patut mewaspadainya karena boleh jadi barang tersebut kualitasnya sangat buruk dan foto barang itu terkadang tidak sesuai dengan aslinya.

Oleh karenanya, dibutuhkan pengetahuan khusus untuk mengetahuinya. Salah satu caranya adalah memeriksa harga pasaran untuk barang yang akan dibeli.

5. Mewaspadai dengan apa yang diminta penjual

Dalam hal ini, kebanyakan modus dari penjual abal-abal atau para penipu selalu menggunakan cara agar sang pembeli dapat mentransfer uang yang disepakati untuk pembelian suatu barang dengan segera dan cepat.

Walaupun ada peraturan tak tertulis dalam dunia jual-beli online, namun apabila ada tuntutan seperti itu, maka Anda harus waspada karena ada kalanya setelah uang ditransfer, si penipu akan langsung menghilang begitu saja.

6. Simpan informasi sang penjual

Disarankan juga untuk mengambil screenshot dari semua informasi sang penjual termasuk barang yang dijual. Selain itu, Anda juga perlu menyimpan nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening dari sang penjual untuk menghindari penipuan.

7. Menggunakan layanan mesin pencari Google

Cara satu ini boleh dikatakan sebagai cara yang efektif. Sebelum Anda melakukan transaksi, ada baiknya Anda memeriksa nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening sang penjual menggunakan Google.

Memang Google tidak akan memberitahukan siapa atau lokasi dari pemilik nomor telepon, PIN atau juga nomor rekening yang Anda tuliskan tersebut, namun dengan banyaknya kasus penipuan jual-beli online, tidak sedikit dari orang menuliskan dan menyebarkan informasi dari penipu juga secara online, baik di jejaring sosial atau juga di forum-forum.

Dari penyebarluasan informasi tersebut, maka Google akan memperlihatkan kata kunci atau query yang dituliskan. Dari semua yang didapatkan dan ditampilkan Google, Anda dapat memeriksa satu per satu.