728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Nama asing di daftar wisuda

    Beberapa hari lalu saya diajak seorang teman menghadiri wisuda putranya dari Imperial College of Science, Technology and Medicine, sebuah perguruan tinggi yang prestisius di Inggris.
    Anak teman ini sudah saya kenal sejak dia kecil, sekarang dalam usia sekitar 22 tahun, dia boleh mencantumkan gelar master di belakang namanya.
    Karena begitu banyak mahasiswa yang wisuda, pihak universitas meminta hadirin agar tidak bertepuk tangan setiap nama wisudawan dipanggil ke panggung.
    Tapi, begitu nama dia dipanggil, sebagai luapan kegembiraan saya langsung bersorak sendiri.
    Setelah upacara selesai, si wisudawan mengatakan dia mendengar teriakan saya.
    Agak malu juga saya, karena saya jauh sekali di atas panggung, kalau dia sampai dengar suara saya, berarti di tenggorokan ini ada amplifier alami.
    Dalam sambutannya, Pak Rektor Imperial dengan bangga bercerita bahwa perguruan tinggi yang ia pimpin selalu masuk 10 besar universitas terbaik dunia... setara Harvard, Oxford, Cambridge... lulusannya bergaji besar dll dsb...pokoknya kecap nomor satulah.
    Rupanya dimana-mana, sang rektor selalu punya alsan untuk membanggakan perguruan tinggi yang ia pimpin.
    Di antara berbagai data yang menunjukkan kehebatan Imperial, ada dua angka yang menarik perhatian saya, 42 persen dosen Imperial berasal dari luar Inggris Raya, sedangkan 46 persen mahasiswanya berasal dari luar negeri.
    Bersaing
    Imperial bersaing dengan universitas-universitas terbaik di dunia, jadi mereka akan menerima mahasiswa dari empat penjuru dunia, asalkan dia cukup pandai dan bisa membayar biaya pendidikan.

    Banyak mahasiswa asing belajar di universitas Inggris
    Soal bayaran ini juga penting karena mahasiswa asing ditarik biaya kuliah yang lebih besar, dan Imperial seperti banyak perguruan tinggi di Inggris lainnya, tidak bisa mengandalkan dana pemerintah saja.
    Memang kalau didengar nama-nama yang diwisuda, banyak sekali nama asing, terutama nama-nama oriental dan India.
    Rasanya nama-nama eksotik lebih banyak daripada nama-nama tradisional Inggris seperrti Smith atau Jones.
    Nama-nama Melayu Malaysia saya lihat di sana sini, saya juga melihat dua nama Indonesia Pranoto dan Gunawan dalam daftar wisudawan.
    Terus terang saya terkagum-kagum mendengar banyaknya nama-nama Asia Timur yang dipanggil, terutama nama-nama Cina.
    Bayangan saya mereka pasti pintar, dan orang tua atau negara mereka bersedia membayar biaya pendidikan yang mahal, agar mereka bisa mengenyam pendidikan di salah satu perguruan tinggi terkemuka di dunia.
    Di Inggris sendiri para politisi dan pendidik sering mengeluh akan kurangnya minat siswa untuk belajar ilmu-ilmu seperti fisika, kimia dan biologi di perguruan tinggi.
    Mereka membandingkan keadaan ini dengan India dan Cina yang setiap tahun menghasilkan lulusan bebeberapa kali lipat lebih banyak dari Inggris.
    Kalau kemakmuran sebuah negara diukur dari tingkat pendidikan penduduknya, mestinya dua puluh tahun lagi Cina dan India akan semakin hebat lagi.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Nama asing di daftar wisuda Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top