728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Cara Pembagian Saham

    Cara Pembagian Saham : Mengenal Founder’s Equity Calculator

    Cara membagi saham startup

    Kontribusi saya hanya “ide” saja tetapi saya tidak terlibat dalam eksekusi, saya punya network yang bisa bantu kamu, tetapi network saya sebenarnya bisa dengan gampang kamu akses. Seharusnya share saya berapa ?

    Malam tadi ada rekan saya young entrepreneur menanyakan “kontribusi partner saya tidak sebesar saya, apakah seharusnya share dia nol saja ya? alias saya 100%” ??

    Ketika saya masih kuliah salah satu advice dari “random people” yang sering saya dapat adalah :

        “Kalau bisnis partneran sama temen, biasanya kalau mulai ada duitnya pasti ribut”

    Sebenarnya hal ini, ribut-ribut dan semacamnya tidak perlu terjadi jika di awal kita secara terang-terangan menyatakan :

    Kontribusi saya berapa / apa, kontribusi kamu gimana ?

    Sacrifice yang saya berikan untuk startup ini apa ? Kamu apa ?

    Value yang saya miliki apa saja ? value kamu apa saja ? Value milik saya bisa dengan gampang di build tidak ?

    Untuk entrepreneur baru, seringkali hal ini menjadi masalah karena belum bisa membedakan mana value yang “murah” dan mana value yang “mahal” : kadangkala “ide” di value terlalu tinggi, padahal kalau ide doang tidak ada eksekusi, passion dan perseverance-nya ya.. tidak bakal kejadian.

    Atau,  ”kenalan” / “network” di value terlalu tinggi padahal “cuma tau doang” dan belum punya kolaborasi kuat dengan industri yang relevan.

    Sehingga, misalnya ada 4 founder bersama-sama membangun usaha, keempatnya membagi rata sahamnya menjadi masing-masing 25% padahal belum tentu keempatnya memiliki kontribusi dan value yang seimbang.

    Adakah template untuk membantu entrepreneur ini menentukan “seharusnya saham saya berapa ?”

    Tidak ada template yang fix, penentuan saham lebih mirip art dan negotiation ketimbang science.

    Tetapi jika Anda membutuhkan panduan (yang bukan berupa template pasti), cobalah googling Founder’s equity calculator.

    Perlu diketahui bahwa “ide” , “kontribusi waktu”, “kontribusi dana”, “network” memiliki bobotnya masing-masing dan bobot ini (jika memang diperlukan) dibicarakan dan dihitung dalam meeting.

    “Founder’s pie calculator” membagi elemen pengambilan keputusan equity menjadi 1) Idea; 2) Business Plan Preparation; 3) Domain Expertise; 4) Commitment and Risk; 5) Responsibilities.

    Jika ingin yang lebih ringkas, ada beberapa founder’s equity calculator yang ringkas, salah satunya adalah foundrs.com. Ingat bahwa ini bukan template, sangat disarankan Anda saling terbuka tentang value apa yang diberikan oleh masing-masing founder sebagai bahan negosiasi. Perlu diketahui juga bahwa kalkulator equity yang ada di internet kadangkala perlu di adjust dengan logika Anda, karena beberapa dibuat spesifik untuk startup teknologi yang core bisnisnya di internet, sehingga bobot kontribusi coding dianggap cukup besar.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Cara Pembagian Saham Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top