728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Resep Bir Ribuan Tahun

    Mahasiswa Ini Buat Bir Kuno China dari Resep Berumur 5000 Tahun

    Bir rupanya sudah dibuat di China sejak ribuan tahun lalu. Mahasiswa di Stanford membuat kembali bir kuno ini dari resep berumur 5000 tahun.

    Tak sembarang dibuat, produksi bir berada di bawah arahan Professor Li Liu dari bidang Chinese Archaeology di Universitas Stanford. Adapun pembuatan bir merupakan bagian dari tugas akhir mata kuliah Archaeology of Food: Production, Consumption, and Ritual.

    Resep yang dipakai adalah resep temuan Liu dan kandidat doktoral Jiajing Wang tahun lalu. Saat itu keduanya memeriksa residu bir kuno di wadah tembikar yang ditemukan di area timur laut China.

    Para mahasiswa Liu kemudian menggunakan gandum, millet, atau biji barley saat meracik bir bernama Neolitik ini. Mereka juga bereksperimen dengan akar sayuran.

    "Kami melakukan dua percobaan utama dengan teknik pembuatan bir tradisional," ujar Madeleine Ota, mahasiswa Stanford seperti dikutip dari The Kitchn (21/2). "Salah satu bahannya berupa akar ubi kayu yang sudah tumbuh ribuan tahun di Amerika Selatan. Juga berbagai jenis gandum dan biji-bijian," tambahnya.

    Langkah pertama adalah proses malting dimana biji-bijian ditutupi air hingga tumbuh berkecambah selama seminggu. Kemudian biji ditiriskan, dikeringkan, dan dihancurkan di lab dalam proses yang disebut milling atau penggilingan.

    Selanjutnya ditambahkan air kembali dan dihangatkan dalam suhu 65C selama 1 jam menggunakan metode bernama mashing. Ramuan lalu didiamkan 2 minggu untuk fermentasi di ruangan bersuhu kamar.

    Saat dicicip, keseluruhan bir Neolitik kabarnya bercita rasa asam dengan variasi rasa berbeda antar bahan. Menurut Ota, bir dari gandum merah menghasilkan rasa sari buah apel mirip jeruk dengan aroma buah. Sementara bir dari akar ubi kayu aromanya mirip keju.

    Tampilan akhir bir kuno ini sebenarnya mirip bir modern, hanya saja konsistensinya seperti bubur. Menurut Liu, bahan fermentasi tidak disaring kembali oleh masyarakat di zaman itu dan mereka meminum bir dengan sedotan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Resep Bir Ribuan Tahun Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top