728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Puncak Kreativitas Manusia

    Pada Usia Berapa Manusia Jadi Paling Kreatif? Ini Jawabannya Sesuai Riset

    Jakarta - Kreativitas dibutuhkan dalam pengembangan karier seseorang. Kualitas tersebut bahkan menjadi kualifikasi utama di beberapa bidang dan profesi. Sayangnya, kreativitas bukan sesuatu yang mudah didapatkan. Diperlukan pengalaman dan pengetahuan yang luas untuk mendapat ide brilian nan inovatif. Jika Anda tidak merasa kreatif, tak perlu khawatir. Menurut riset, kreativitas seseorang akan memuncaknya di usia matang.

    Tidak banyak menemukan ide-ide cemerlang ternyata belum tentu sesuatu yang buruk bagi karier Anda. Mungkin saja otak Anda terlalu muda untuk menghasilkan kreativitas yang maksimal. Hal tersebut ditemukan oleh para peneliti Erasmus School of Economics Belanda. Menurut mereka, seseorang mencapai puncak kreativitas pada usia 42.

    Philip Hans Franses adalah ekonomis dan profesor yang memimpin penelitian. Selama kariernya, ia telah mempelajari pemikiran orang-orang paling kreatif di dunia. Philip pun melakukan riset mengenai puncak kreativitas orang yang dibagi menjadi tiga studi berbeda pada tahun 2013 dan 2016.

    Setela menganalisa para komposer musik klasik, penulis, dan pelukis ternama, diketahui jika rata-rata kreativitas mereka memuncak di usia 42. Menurut Philip, orang-orang yang mengandalkan ide segar sebagai lahan penghasilan mencapai puncak kreativitas setelah menjalani 63% hidup. Hasil temuan tersebut pun bertolakbelakang dengan opini yang selama ini berkembang bahwa orang-orang muda lah yang biasanya lebih kreatif.

    Kreativitas setiap orang sebenarnya personal dan tidak bisa disamakan karena tergantung pengalaman, wawasan, dan daya pikirnya. Namun penelitian ini bisa mematahkan stereotype jika masa depan hanya lah milik orang-orang muda karena mereka yang punya banyak ide cemerlang.

    Bagi Anda yang masih muda namun merasa belum menemukan kreativitas maksimal, jangan lah dulu putus asa. Perbanyak pengetahuan dan pengalaman agar kualitas tersebut bisa meningkat sebelum usia 42.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Puncak Kreativitas Manusia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top