728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    7 Ide Kontes Facebook untuk Bisnis Kecil

    Sebelumnya kami telah membagi bagaimana seorang owner online store melakukan kontes Facebook di sini. Berikut ini adalah contoh variasi dari Facebook contest lainnya.

    Facebook contest menjadi salah satu strategi marketing yang sangat ampun untuk bisnis dengan segala ukuran. Anda mungkin mendengar kisah kesuksesan brand besar di Facebook tetapi tentu saja dengan budget yang luar biasa besar juga. Mereka sering menggabungkan antara landing page, iklan TV, blog berbayar dan iklan dari artis.

    Lalu bagaimana dengan bisnis kecil yang tidak mempunyai budget besar? Dibawah ini list yang bisa membantu bisnis kecil untuk tetap bisa mengadakan kompetisi dan mendapatkan kesuksesan di Facebook

    1. Kaitkan kompetisi Anda dengan event yang sedang berlangsung


    Perusahaan baju PLNDR memanfaatkan moment NCAA (Kompetisi olahraga antar kampus). Di saat tim basket kampus yang saling berlawanan di NCAA, PLNDR juga membuat peserta mengumpulkan desain T-shirt mereka dan membiarkan mereka “bertarung” di dalam Facebook. Desainer dengan like terbanyak akan dilanjutkan ke tahap selanjutnya. Hasil dari kompetisi tersebut, Facebook page PLNDR meningkat 800 persen seperti yang Anda bisa lihat di chart ini.

    TimetoPlayMag.com menghubungkan kompetisi mereka dengan sebuah liburan virtual perburuan telur paskah. Mereka menyembunyikan 5 telur paskah di website mereka setiap hari, dengan total 15 hari. Orang pertama yang bisa menemukan telur dan mengklik itu akan memenangkan kartu hadiah sebesar 20$ dari Toys”R”Us. Semua clue dan petunjuk untuk menemukan telur akan dipost di Facebook – cara yang efektif untuk mengarahkan orang ke situs Anda.

    2. Mengadakan kompetisi foto


    Selama musim panas, perusahaan pizza Fresh Brothers mengadakan kontes menggunakan maskot mereka the Slice(potongan besar pizza). Mereka memberitahu fans mereka dimana dan kapan Slice akan hadir di event, dan jika mereka mengambil gambar bersamanya dan memasukkannya ke Facebook, mereka akan mendapatkan hadiah. Freshbrothers banyak melakukan contest, salah satunya adalah kontes tebak-tebakan pemenang kompetisi basket lokal.

    Situs wine Snooth.com membuat landing page Facebook pada fan pagenya menggunakan aplikasi Wildfire. Panduan Facebook mengatakan brand harus menggunakan aplikasi untuk mengadakan kontes. Untuk mempromosikan salah satu brand wine Australia, mereka meminta orang untuk mensubmit gambar yang menunjukkan kebanggaan mereka terhadap Australia. Fans banyak yang memasukkan foto mereka menikmati wine dan menggunakan resep Australia dari situs mereka. Orang memilih foto, membuat gerakan, dan hasilnya traffic terus bertambah bahkan setelah kompetisi berakhir.

    3. Mengadakan game tebak – tebakan simpel untuk fans Anda

    Perusahaan PR Sammis & Ochoa menjalankan promosi untuk 2 restoran di Texas. Kontes diadakan setiap Jumat jam 4 sore. Kontes yang rutin pada jam yang sama memberikan mereka kesempatan untuk bersiap – siap dan memberitahukan kepada orang lain. “Ketika kita mulai terlambat, kita akan mendengar keluhan dari orang-orang yang menunggu,” kata CEO Mario Ochoa.

    Contoh game tebak-tebakan simple yang dilakukan :

    -          Tebak-tebakan kata yang diacak dari suatu lokasi terkenal
    -          Tebak Gambar
    -          Tebak seberapa banyak stroberi dari kue yang ada di foto
    -          Menanyakan pertanyaan mingguan secara random dan memilih satu orang untuk mendapatkan hadiah.

    4. Menanyakan fans untuk membagikan tips terbaik mereka

    Hiatus Spa menjalankan kontes “Be Green and Be Good; Earth Month 2011”. Mereka meminta fans mereka untuk membagikan tips bagaimana menggunakan sumber daya yang sedikit, kontes dilakukan melalui website. Tips yang paling banyak like dan comment bisa memenangkan 3 Hiatus Spa servis. “Hal terbaik dari ini adalah orang merasa sangat senang dan orang bisa membagikan informasi yang berguna kepada orang lain,” kata Jordan Harbinger yang menjalankan kontes tersebut.

    5. Kumpulkan quote dari fans Anda

    Ini hal simpel yang bisa diaplikasikan pada bisnis apapun. Laura Ann Allahverdi adalah seorang trainer personal pengembangan diri yang meminta fans mereka untuk mengumpulkan quote mereka. Orang yang mendapatkan paling banyak like di quote mereka akan mendapatkan sesi gratis dengan Laura. Dia suka ketika orang mengisi wall dia dengan post inspirasional dan fans mendapatkan teman mereka yang terlibat dalam kontes, dengan cara ini Laura juga meningkatkan popularitasnya pada jaringan baru.

    6. Memberikan nama game selebriti lokal


    Maia Yogurt mengatakan salah satu kontes yang paling sukses adalah game yang menggunakan artis lokal. Mereka memasukkan gambar artis lokal. Mereka memilih seorang pemilik toko grosir yang populer. Jadi kontes itu membantu mengumpulkan orang untuk mengontak dan meminta fans facebook mereka menebak siapa orang tersebut untuk mendapatkan baju Maia Yogurt secara gratis.

    7. Memberikan hadiah untuk like di Facebook

    Sekali lagi, Anda harus berhati – hati untuk melakukan ini sesuai dengan panduan Facebook, tetapi terdapat banyak cara untuk memberikan hadiah kepada orang yang telah menjadi fans.

    Snack and Munch mengirimkan kotak makanan ringan kepada pekerja kantor yang lapar dan mahasiswa lalu mereka akan memakannya. Untuk mengikuti kontes mereka, mereka meminta orang untuk like page mereka. Mereka memilih pemenang mingguan yang mendapatkan 24 kotak gratis. Dalam prosesnya, mereka memberikan banyak feedback yang sangat bermanfaat untuk produk mereka.

    Perusahaan mendapatkan banyak saran dan masukan  mengenai ekspektasi konsumen: “Anda harus sabar karena kesuksesan tidak datang hanya dalam semalam, itu membutuhkan waktu dan ketekunan, ketekunan adalah kunci, Anda harus tetap berjalan dan tidak berhenti.”
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: 7 Ide Kontes Facebook untuk Bisnis Kecil Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top