728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Melihat Lebih Dalam Berkat Intuisi

    Setiap orang memiliki "alarm" yang lebih canggih dari teknologi terkini. Ia berada dalam diri kita, namun kita hampir tidak pernah menengoknya.

    Pernahkah Anda merasa si kecil sedang membutuhkan Anda, tanpa tahu persis alasannya kecuali karena timbul rasa tidak enak dalam hati? Atau mungkin Anda pernah melakukan tindakan "hanya" berdasarkan keyakinan yang mendadak muncul? Itu semua merupakan hasil dari intuisi, atau orang sering menyebutnya firasat. Dengan intuisi kita dapat melihat sesuatu yang bahkan kita tidak pernah memikirkannya sedikit pun.

    Menurut Osho, guru spiritual dari India dalam bukunya Intuition, Knowing Beyond Logic, intuisi merupakan wilayah yang sangat perempuan atau feminin. Itu sebabnya perempuan, khususnya kaum ibu lebih banyak yang memiliki ketajaman intuisi ketimbang pria. Mengapa? Sebab perempuan lebih banyak menggunakan perasaannya dan tidak terlalu mengandalkan pikirannya.

    Lalu, bagaimana agar kita makin peka terhadap intuisi?

    Perhatikan tanda fisik
    Menurut Dr.Marcia Emery, Ph.D, penulis buku Dr.Maria Emery's Intuition Workbook, sebenarnya tubuh kita aktif memberi tanda dan informasi. Misal, jantung yang berdegub lebih kencang, sakit perut, atau napas yang pendek-pendek, bisa jadi pertanda bahwa keputusan yang Anda ambil salah.

    Meditasi
    Intuisi membuka pintunya melalui meditasi. Paling tidak sekali dalam sehari lepaskan diri Anda dari belitan teknologi. Matikan semua alat-alat komunikasi dan informasi, lalu duduk dan dengarkan pikiran Anda. "Anda harus menjernihkan diri dari hal-hal yang mengganggu karena pikiran intuisi kita akan terbagi bila Anda menggunakan pikiran analitik," kata Emery. Dengarkan suara hati Anda, beri tempat bagi perasaan yang memang tidak masuk akal itu.

    Bukan karena takut
    "Intuisi bukan sesuatu yang timbul karena rasa takut," kata Emery. Bila Anda dilanda panik, maka "perasaan" Anda mungkin bukan firasat. "Telaah kembali, seberapa sering saya merasakan perasaan ini namun tak terjadi apa-apa?" katanya. Intuisi juga tidak sama dengan perasaan sentimentil yang sebetulnya tidak punya makna apa pun.

    Otak kanan
    Menurut Osho, jika ingin memfungsikan intuisi, mulailah dengan lebih banyak memanfaatkan otak kanan, menghargai feminitas, lebih banyak memberikan cinta, kepasrahan, percaya, dan lebih dekat dengan sesama.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Melihat Lebih Dalam Berkat Intuisi Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top