728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Sosok 20 Orang Terkaya RI dan Hartanya

    20. Djoko Susanto

    Djoko Susanto, anak ke-6 dari 10 bersaudara ini ternyata tak lulus SMA/SLTA. Pada umur 17  tahun, Ia mulai mengelola warung-warung makanan. Dia juga menjajakan rokok dan membuka beberapa warung kelontongan lagi. Kesuksesannya membuka beberapa jaringan warung ini menarik perhatian taipan pengusaha rokok Putera Sampoerna.
    Keduanya akhirnya bekerja sama membuka beberapa toko dan supermarket. Ketika Putera Sampoerna menjual bisnis rokoknya ke Phillip Morris, Djoko fokus mengembangkan bisnis ritelnya. Adalah Alfamart yang kini menjamur di daerah sekitar tempat tinggal anda semua.

    Djoko berada di peringkat 20 orang terkaya se-Indonesia. Djoko memiliki harta kekayaan hingga US$ 1,4 miliar atau mencapai Rp 13,3 triliun.

    19. Murdaya Poo

    Murdaya Poo memulai karirnya menjual koran. Hampir seperempat abad kemudian, Central Cipta Murdaya perusahaan miliknya mampu 'eksis' di bidang IT, kayu hingga consumer goods dan mesin. Pemilik Jakarta Convention Centre (JCC) ini meraup banyak keuntungan dari 100 even per tahun yang diadakan di JCC tersebut. Murdaya Poo yang seorang vegetarian ini gemar bermain golf. Namun, belakangan ini sang istri, Siti Hartati Murdaya tengah berjuang di persidangan terkait kasus suap Bupati Buol.

    Murdaya Poo berada di peringkat 19 dari 40 orang terkaya se-Indonesia. Murdaya Poo memiliki kekayaan US$ 1,5 miliar atau Rp 14,25 triliun.

    18. Kartini Muljadi

    Kartini Muljadi dan keluarganya menjual hampir seperlima sahamnya di produsen obat Tempo Scan yang dijalankan sang Anak, Handojo pada bulan Mei sebesar US$ 218 juta. Wanita terkaya se-Indonesia ini juga merupakan seorang pengacara di kantornya sendiri, Kartini Muljadi dan Rekan. Kartini gemar membaca buku-buku agama dan profesional pada waktu luangnya.

    Kartini berada di peringkat 18 dengan kekayaan hingga US$ 1,51 miliar atau Rp 14,34 triliun.

    17. Theodore Rachmat

    Theodore dinilai ahli dalam pengurusan sebuah perusahaan. Perusahaan seperti produsen kelapa sawit, Triputra Agro Persada dan produsen karet Kirana Megatara mampu dikembangkan dengan baik oleh Theodore Rachmat. Memang salah satu holding perusahaannya, Adaro Energy tengah anjlok. Dia adalah sepupu dari Edwin Soeryadjaya.

    Theodore Rachmat berada dalam urutan ke 17 dalam jajaran 40 orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaannya mencapai US$ 1,6 miliar atau Rp 15,2 triliun.

    16. Achmad Hamami dan Keluarga

    Achmad Hamami merupakan seorang mantan pilot pesawat jet. Ia sempat menjadi kolonel termuda di jajaran militer Indonesia. Ia mengambil pensiun dini karena keadaan politik yang cukup bergejolak kala itu akibat maraknya korupsi.
    Dengan sedikit tabungan, ia mulai membuka tempat kursus/les bagi siswa-siswa. Seorang teman keluarga membantu Achmad mendapatkan investasi besar dari Caterpillar untuk mengembangkannya di Indonesia. Jadilah Caterpillar Indonesia yang menjelma menjadi Trakindo Utama. Ia juga mengambil perusahaan jasa energi PT ABM Investama.

    Achmad Hamami berada pada peringkat 16 dari jajaran 40 orang terkaya se-Indonesia. Ia memiliki kekayaan hingga US$ 1,7 miliar atau Rp 16,1 triliun.

    15. Martua Sitorus

    Martua Sitorus merupakan Chief Operating Officer perusahaan kelapa sawit terbesar Wilmar International. Wilmar sendiri baru saja mengumumkan kerjasama dengan perusahaan AS, Kellogg untuk menjual makanan di China. Sitorus yang berdagang udang waktu muda mendirikan Wilmar dengan keponakan orang terkaya di Malaysia, Kuok Khoon Hong. Mereka berdua juga membeli Aviva Tower di London tahun lalu.

    Martua berada di peringkat 15 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 1,75 miliar atau Rp 16,62 triliun.

    14. Ciliandra Fangiono dan Keluarga

    Miliuner termuda dari 40 orang terkaya se-Indonesia ini memimpin perusahaan minyak sawit First Resources yang mengalami peningkatan pendapatan hingga 2 kali lipat pada tahun 2011 lalu. Perusahaan ini terus berkembang dangan menambahkan ekspansi tanamnya hingga 10%. Ciliandra membeli 100.000 hektar tanah di Kalimantan Timur senilai US$ 39 juta di Maret 2012 ini.

    Ciliandra berada pada peringkat ke-14 dari jajaran orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaannya mencapai US$ 1,79 miliar atau Rp 17,0 triliun.

    13. Tahir

    Tahir yang ayahnya memiliki usaha membuat becak sempat berhenti sekolah medis di Taiwan karena ayahnya tersebut sakit. Ia kemudian belajar berbisnis di Singapura, dan memulainya di bank Mayapada. Saat ini bank Mayapada menjadi salah satu bank swasta yang besar di Indonesia. Ia merupakan salah satu pemegang saham yang menerbitkan lisensi Forbes di Indonesia. Tahir telah menyumbangkan lebih dari US$ 50 juta untuk universitas di China, Indonesia, AS dan Singapura. Istrinya, Rosy  merupakan putri taipan dari Mochtar Riady.

    Tahir menduduki peringkat ke-12 dari 40 orang terkaya se-Indonesia. Harta kekayaan Tahir mencapai US$ 1,8 miliar atau Rp 17,1 triliun.

    12. Low Tuck Kwong

    Lahir di Singapura, Low Tuck Kwong kini berkebangsaan Indonesia telah pindah dan menetap pada 1972. Ia memiliki perusahaan Bayan Resources. Fokus di pertambangan membuat Low Tuck Kwong cukup berjaya.

    Low Tuck Kwong berada di peringkat 12 dari 40 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2 miliar atau Rp 19 triliun.

    11. Mochtar Riady dan Keluarga

    Pendiri Grup Lippo ini fokus di beberapa bidang usaha seperti properti, ritel, media dan rumah sakit. Mochtar Riady meneruskan usahanya ke anak-anaknya yakni James Riady dan Stephen Riady. Stephen sendiri kini tengah berjuang untuk membeli Singapore Fraser and Neave (F&N) sebuah perusahan minuman terbesar di Singapura.

    Mochtar Riady berada di peringkat ke-11 dari 40 orang terkaya se-Indonesia dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2,2 miliar atau Rp 20,9 triliun.

    10. Putera Sampoerna dan Keluarga
    Putera Sampoerna telah menjual sebagian kepemilikan saham perusahaan rokok keluarganya ke Philip Morris. Pada Maret 2012, anak Putera Sampoerna, Michael Sampoerna melaunching Bank Sahabat Sampoerna. Sampoerna juga memiliki perusahaan yang bergerak di bidang sawit dan real estate.

    Berada di peringkat ke-10, Putera Sampoerna memiliki kekayaan hingga US$ 2,3 miliar atau Rp 21,8 triliun.

    9. Boenjamin Setiawan
    Boenjamin Setiawan merupakan pendiri dari Kalbe Farma, perusahaan farmasi terbesar di Indonesia. Dr. Boen, panggilannya juga baru saja mengakusisisi Hale Internasional sebesar US$ 10 juta.

    Dr. Boen berada di peringkat ke-9 dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 2,35 miliar atau Rp 22,3 triliun.

    8. Peter Sondakh

    Peter Sondakh adalah pimpinan Rajawali Group, yang baru saja melakukan backdoor listing perusahaan batu baranya PT Golden Eagle Energy yang meningkatkan sahamnya sampai 400%. Ia juga baru saja listing 49% saham perusahaan taksi, Express.

    Peter Sondakh memiliki kekayaan hingga US$ 2,6 miliar atau mencapai Rp 24,7 triliun.

    7. Sukanto Tanoto

    Sukanto Tanoto adalah pemilik konglomerasi RGM (Raja Garuda Mas) dengan gurita bisnis mulai dari kertas hingga CPO. Ia baru saja meresmikan Tanoto Center fi Asian Family Business & Enterpreneurship Studies di Universitas Hong Kong.

    Harta kekayaannya mencapai  US$ 2,8 miliar atau mencapai Rp 26,6 triliun.

    6. Sri Prakash Lohia


    Sri Prakash Lohia melalui Indorama Ventures berhasil mengambil perusahaan kimia AS, Old World Industrie di Januari 2012 ini. Indorama terus berkembang dan menjadi perusahaan besar di Indonesia.

    Sri Prakash Lohia berada di peringkat 6 dengan harta kekayaan yang mencapai US$ 3 miliar dan Rp 28,5 triliun.

    5. Chairul Tanjung


    Chairul Tanjung, pemilik CT Corp ini memiliki kekayaan yang ditaksir sebesar US$ 3,4 miliar atau sekitar Rp 32,3 triliun pada tahun 2012. Kekayaan Chairul Tanjung melesat dibandingkan kekayaannya di tahun 2011 yang menurut Forbes sebesar US$ 2,1 miliar.

    Dengan tambahan kekayaan sekitar US$ 1,3 miliar dalam setahun, posisi Chairul Tanjung dalam daftar itu naik dari 11 di tahun 2011 menjadi posisi 5 pada tahun 2012. Menurut Forbes,
    pria berusia 50 tahun itu mendapatkan kekayaannya terbesar dari media holding yakni Trans TV dan Trans 7 serta kepemilikan di Bank Mega.

    4. Anthoni Salim

    Ayahnya, Liem Sioe Liong atau Om Liem, sang legenda pendiri Salim Group telah meninggal di usia 97 tahun pada Juni lalu di Singapura. Anthoni melanjutkan usaha ayahnya tersebut.
    Salim memiliki saham di Indofood.

    Kekayaan Anthoni Salim mencapai US$ 5,2 miliar atau Rp 49,4 triliun yang menempatkannya di posisi 4 orang terkaya se-Indonesia.

    3. Susilo Wonowidjojo


    Susilo Wonowidjojo bersama PT Gudang Garam berhasil meraup banyak keuntungan dari bisnis kepulan asap rokok ini. Susilo memiliki kekayaan hingga US$ 7,4 miliar atau Rp 70,3 triliun.

    2. Eka Tjipta Wijdaja

    Imigran China, Eka Tjipta Widjaja sempat menjual biskuit waktu muda. Kini melalui Golden Agri-Resources yang dikelola anaknya berhasil mengakuisisi beberapa lahan besar di Indonesia. Eka Tjipta Widjaja juga mendirikan Smartfren Telecom dan Sinar Mas Multiartha.

    Eka Tjipta Widjaja memiliki harta US$ 7,7 miliar atau Rp 73,15 triliun.

    1. R Budi & Michael Hartono


    Dua bersaudara pemilik Grup Djarum, yaitu Budi Hartono dan Michael Hartono konsisten  menjadi orang terkaya di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir ini. Keduanya selalu berada di urutan teratas di orang terkaya Indonesia versi Forbes.

    Saudara yang paling muda, Budi, sudah masuk jajaran orang terkaya Forbes sejak tahun 2005 lalu. Baru kemudian kakaknya menyusul tiga tahun kemudian, tepatnya pada tahun 2008.

    Jumlah kekayaan dua bersaudara yang nyaris tak pernah muncul di media ini berjumlah US$ 15 miliar atau sekitar Rp 142 triliun, naik dari tahun lalu US$ 14 miliar atau sekitar Rp 133 triliun.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    1 komentar:

    Justo Lafo said... 19 November 2018 at 23:27

    Nama saya Justo Lafo, saya memiliki empat orang anak yang sedang kuliah di universitas swasta, dan seorang lagi di SMA Swasta, saya sangat membutuhkan uluran tangan dari dermawan untuk membantu saya meringankan beban hidup saya, bagi para dermawan yang baik hati, kiranya berikanlah aku sedekah penghasilan anda agar aku dapat membiaya biaya sekolah ana-anak saya, tolong kirimkan uang kepada saya melalui Bank Mandiri, atas nama JUSTO LAFO No. rekening :601-00-0061604-8 IBAN : TL38 0050 6010 0006 1604 896, Swift code : BMRIIDJA, bagi yang mau membantu saya ucapkan terima kasih

    Item Reviewed: Sosok 20 Orang Terkaya RI dan Hartanya Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top