728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Kaya Dari Koleksi Barang-Barang Kuno

    Kaya Berkat Koleksi Radio Kuno

    MALANG - Hobi Muhammad Cholil mengoleksi barang-barang kuno mampu mendatangkan uang. Berawal dari merawat radio kuno peninggalan neneknya dia akhirnya keranjingan mengoleksi perangkat elektronik pemutar musik dan radio kuno.

    Hasilnya, kini pemuda asal Malang, Jawa Timur tersebut menjadi jutawan. Sebanyak 118 unit radio dan pemutar musik kuno miliknya diburu kolektor dunia.

    Hobi Cholil memang tidak murah. Namun berkat keuletannya berburu barang kuno hingga ke pelosok negeri akhirnya dia mampu memiliki koleksi benda-benda tersebut. Barang yang didapatnya memang tak selamanya dalam kondisi bagus, namun dengan sentuhan tangannya semua berubah menjadi barang bernilai jual tinggi.

    Kini koleksi 118 unit radio kuno miliknya disimpan rapi di rumahnya di jalan Ir Rais, Kota Malang yang sudah berubah menjadi galeri barang antik bernama Bangho Antique Collection.

    Radio dan pemutar musik kuno dan antik yang paling diburu milik Cholil adalah keluaran tahun 1800 hingga tahun 1900-an. Di antaranya radio tabung, original FM AM merek Philips Bi Ampli tahun 1942 buatan Belanda. Kemudian Radio Philips BX 569A tahun 1938, dan radio Zenith tahun 1938 buatan Amerika.

    Selain radio antik, Cholil juga mengoleksi phonograph kuno merek Thomas Alfa Edison yang diproduksi di Amerika pada tahun 1827 dan phonograph merek Phate buatan Prancis yang diproduksi tahun 1885.

    Barang-barang antik ini didapatkan Cholil dengan harga murah. Paling mahal dia beli Rp16 juta. Kini barang-barang ini ditaksir kolektor mencapai harga Rp75 juta-an. Pelanggan Cholil tak hanya dari kalangan dalam negeri. Para pembeli dari Eropa juga sudah beberapa kali menyambangi galerinya dan membeli beberapa barang koleksi.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Kaya Dari Koleksi Barang-Barang Kuno Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top