728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    1001 Kisah Belahan Bumi Selatan

    Bersepeda, Perempuan Ini Kumpulkan 1.001 Kisah Perubahan Iklim

    Devi Lockwood (23) bersepeda keliling belahan bumi selatan demi mengumpulkan 1.001 kisah dampak perubahan iklim.

    WELLINGTON – Aktivis lingkungan asal Amerika Serikat, Devi Lockwood (23), bersepeda mengelilingi belahan bumi bagian selatan demi mengumpulkan kisah-kisah dampak perubahan iklim yang orang-orang rasakan.

    Berbekal alat perekam suara dan sepeda yang ditempeli stiker-stiker cerah serta bendera kuning di belakangnya, Lockwood melakukan perjalanan kampanye peduli lingkungan tersebut selama satu tahun lebih.

    Menggunakan papan sederhana bertuliskan “Ceritakan kepadaku kisah kalian tentang air” atau “kisahkan kepadaku soal perubahan iklim”, ia menempuh perjalanan ke Fiji, Tuvalu, Australia, dan Selandia Baru. Dari sinilah perempuan tersebut menemukan ribuan kisah tentang air, alam liar, cuaca, dan yang lebih penting dari itu mampu membuat orang-orang berbagi sepenggal kisah kehidupan mereka dengannya.

    “Saya bertemu seorang perempuan di Quennsland yang menceritakan soal buaya di sana. Gara-gara perubahan iklim, kawanan buaya di sana bermigrasi hingga ke negara lain. Mereka banyak ditemukan semakin menjauh ke selatan dibandingkan sebelumnya,” tutur gadis asal Boston tersebut, dikutip dari Mashable.

    Di New South Wales, seorang petani menyampaikan kepada Lockwood kisah keluarganya yang bekerja di tanah garapan yang sama selama beberapa generasi. Namun kini, kondisi pertanian di tanah itu semakin sulit. Dulu banjir dan kering dapat dipetakan polanya, akibat pemanasan global, iklim semakin tidak menentu dan di luar prediksi.

    Mengambil kuliah Cerita Rakyat dan Mitologi di Harvard, Lockwood terkenal memang sering bersepeda untuk mencari inspirasi. Ketika membuat tesis, ia bahkan berkeliling sungai Mississipi guna mengumpulkan kisah-kisah menarik dan menulis puisi yang terinspirasi dari nyata orang-orang yang ia temui.

    “Saya senang sekali bepergian dengan sepeda. Banyak keajaiban terjadi ketika saya bepergian sendirian. Semakin jauh saya melangkah, semakin banyak kisah menarik yang saya dapatkan. Setiap orang memiliki kisahnya sendiri, berbeda dari satu tempat dengan tempat lainnya,” ujar Lockwood.

    Perjalanan mengumpulkan 1.001 kisah dampak perubahan iklim ini dimulai sejak 2014. Ia menyeberangi Fiji dan Tuvalu sebelum tiba di Selandia Baru. Dari Melbourne, Australia, Lockwood berkendara ke utara Queensland. Saat itu, dirinya hendak melakukan perjalanan laut ke Indonesia. Sayang, Lockwood salah naik kapal. Kapal yang ditumpanginya malah berbelok ke Sydney.

    Sejauh ini sudah 450 kisah yang berhasil ia kumpulkan. Sementara waktu, dia mengambil jeda dari perjalanannya untuk bersantai dan menulis.

    Lockwood berharap bisa segera menyelesaikan 551 kisah lagi, supaya tepat 1.001. Angka itu penting baginya, karena terdengar seperti kisah 1.001 malam Timur Tengah yang ajaib. Demi memenuhi jumlah kisah tersebut, ia selanjutnya berencana menggowes ke Asia Tenggara atau Amerika.

    “Bergantung ke mana sepeda ini dan saya bisa mendapatkan tumpangan (kapal),” kata dia.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: 1001 Kisah Belahan Bumi Selatan Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top