728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Potensi Lain Harta Karun Kapal Karam

    Wow, Ambil Harta Karun di Babel Sehari Dapat Rp 11,2 M

    PANGKALPINANG - Potensi harta karun bawah laut tak hanya dari nilai benda itu jika dijual.

    Contohnya saja barang-barang yang diambil dari bangkai kapal Tang di Selat Gelasa.

    Meski hanya dipajang di sebuah museum di Singapura, barang-barang itu mampu mendatangkan uang sedikitnya Rp 11.250.000.000.

    Abriandika Pratama, putra Babel yang sedang menimba ilmu di Tokyo University of Marine Science and Technology, Tokyo, Jepang, menyebut nominal itu baru kalkulasi kasar saja.

    Dia menghitung pemasukan museum yang memajang barang-barang kapal Tang berdasarkan tiket masuk untuk wisatawan yang datang berkunjung.

    "Di Jepang, satu tiket termurah seharga 630 JPY, atau sekitar Rp 75 ribu, anggap saja ini adalah harga internasional, jika Rp 75 ribu dikali 150 ribu orang yang berkunjung ke museum di Singapura itu, maka nilai uangnya adalah Rp 11.250.000.000,00 dan ini bisa dipastikan belum pemasukan melalui penjualan souvenir dan lain-lainnya," kata Abriandika.

    Dia menyebut museum yang memajang barang-barang kapal Tang dibuka pada tahun 2013.

    Dalam sehari, museum itu dikunjungi 150 ribu orang.

    Pengunjung tertarik melihat barang-barang yang mempunyai nilai sejarah sangat tinggi itu.

    Bukan hanya karena usianya, tenggelamnya kapal Tang juga masih menjadi tanda tanya dan merupakan pintu pengetahuan.

    "Bayangkan saja barang-barang dari Kapal Tang hingga hari ini membuat negara kecil itu seolah-olah menjadi besar dengan memiliki bukti penting dari dua peradaban dunia. Bagaimana kalau Babel memiliki hal yang sama?" ujarnya.

    Ditambahkan Abriandika, sejumlah keramik peninggalan kapal Tang juga terpajang di museum yang ada di Tanjungpandan, Belitung.

    Namun menurutnya, barang-barang itu hanya sisa-sisa saja.

    "Jika berdasarkan undang-undang dan legalitas hukum baik secara intansi, lembaga, pihak swasta, dan juga individu tidak bisa sembarangan mengambil, mengangkat, dan menyimpan barang dari objek berharga tersebut. Secara pribadi saya tidak tertarik untuk memiliki objek-objek berharga ini, untuk apa? karena pertanggung jawabannya besar, kita bisa melihat itu dari sisi pengetahuan Agama. Saya juga tidak punya andil untuk menaruh kepedulian yang terlampau, harus ada respon dari pemerintah kita tersendiri, masyarakat dan pemuda seperti saya hanya wajib mendukung," kata Abriandika.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Potensi Lain Harta Karun Kapal Karam Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top