728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Katedral Di Tengah - Tengah Lava

    Katedral Ini Selamat dari Kepungan Lava Gunung Berapi

    Foto Kathedral di San Juan Parangaricutiro yang diambil dengan drone.

    MICHOACAN – Seperti cerita sebuah masjid yang menjadi satu-satunya bangunan yang selamat dari terjangan gelombang tsunami Aceh pada 2004, sebuah katedral yang terletak di Desa San Juan Parangaricutiro, Michoacan, Meksiko menjadi satu-satunya bangunan yang bisa dikatakan utuh dari kepungan lava hasil ledakan gunung berapi Paricutin pada 1943.

    Gunung berapi Paricutin mulai muncul dari ladang jagung di Desa Paricutin pada 20 Februari 1943, menaikkan ketinggian tanah dan mengeluarkan uap sulfur. Selama berikutnya, lava panas terus mengalir, mengubur kota di sekitarnya dalam batuan lava, namun katedral itu selamat tanpa kerusakan yang berarti.

    “Pada petang, saat malam mulai turun, kami mendengar suara seperti gemuruh gelombang laut, dan kobaran api merah naik ke langit, menjulang setinggi sekira 800 meter atau lebih ke udara, semburat seperti bunga marigold emas, dan hujan seperti api buatan yang turun ke tanah,” demikian kesaksian dari Celedonio Gutierrez seorang warga desa yang dilaporkan oleh Museum Sejarah Alam, Washington yang dilansir Russia Today.

    Pada 1952, gunung itu akhirnya berhenti beraktivitas, setelah menrusak setidaknya tiga kota lainnya dan menyebabkan ratusan orang terpaksa mengungsi ke lokasi lain. Beberapa dari para pengungsi itu kemudian mendirikan desa yang kemudian dikenal dengan nama Nuevo San Juan Parangaricutiro.

    Katedral itu kini menjadi sebuah tempat religius sekaligus atraksi bagi para wisatawan, beberapa orang percaya berdirinya gereja itu tanpa terpengaruh lava merupakan kehendak Tuhan. Gunung berapi Paricutin yang memiliki tinggi sekira 2.800 meter disebut-sebut sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam, dan merupakan gunung berapi termuda di bumi belahan barat.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Katedral Di Tengah - Tengah Lava Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top