728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Ratusan Juta Dari Bisnis Kacang Mete

    Melongok Bisnis Kacang Mete Beromzet Rp 200 Juta/ Bulan di Kendari

    Kendari -Jalan-jalan di Kota Kendari belum sempurna rasanya kalau tidak bawa pulang oleh-oleh kacang mete. Di ibukota Provinsi Sulawesi Tenggara ini sangat mudah mencari toko yang menjual kacang Mete yang sudah digoreng.

    Seperti di jalan poros By-Pass Bunga Kumala, Kendari Barat, terdapat Toko Mubaraq Lombe, yang menjual kacang mete goreng berbagai rasa, seperti manis, asin dan pedas. Setiap bulannya, sekitar 25 pekerja UD. Mubaraq Lombe mengolah hingga 2 ton mete, dari biji mete yang telah dipisahkan dari cangkangnya.

    Harga mete gelondongan senilai Rp 20.000/ kilogram (kg). Jika sudah dipisah dari cangkangnya harganya menjadi rata-rata Rp 95.000/kg dan setelah digoreng harganya naik menjadi Rp 137.000/kg.

    Mete ini didatangkan oleh pemilik Mubaraq Lombe, Laode Mane dari kampung halamannya di Lombe, Kecamatan Gu, Kabupaten. Buton Tengah, Sulawesi Tenggara. Usaha pengolahan kacang mete ini dirintis Laode sejak tahun 1986 saat masih menjadi mahasiswa di jurusan Agrobisnis, Universitas Haluoleo, Kendari.

    Manajer UD. Mubaraq Lombe, Muhaimin pada detikcom yang ditemui di tokonya, menyebutkan setiap bulan omzetnya Rp 200 juta. Omzetnya melonjak di bulan Puasa, bisa mencapai Rp 500 juta.

    Menurut Muhaimin, kacang mete ini lebih menguntungkan jika diolah menjadi makanan khas, dibandingkan dengan mengekspor mete gelondongan ke beberapa negara seperti India, Malaysia dan Filipina.

    "Suplai Mete nasional sekitar 37% dari Sulawesi Tenggara, terbesar di Indonesia, dibandingkan diekspor lebih menguntungkan untuk pasar dalam negeri jadi makanan oleh-oleh," ujar Muhaimin.

    Muhaimin berharap, buah jambu mete bisa menjadi bahan olahan baru lagi seperti menjadi kripik atau sirup. Saat ini buah Jambu Mete setelah dipisahkan dari cangkang metenya langsung dibuang begitu saja.

    "Buah jambu mete ini mengandung Vitamin C yang lebih tinggi dari jeruk, kami berharap binaan dari pemerintah untuk bahan olahan baru dari jambu mete ini," pungkas mantan Guru SD ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Ratusan Juta Dari Bisnis Kacang Mete Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top