728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Pelanggan Adalah Keluarga

    Rahasia Darman 'Si Pemangkas Rambut' Digandrungi Pejabat hingga Raja Yogya

    Yogyakarta - Sudarman (56) kini menjalani usaha pangkas rambut sendirian tanpa karyawan. Pilihan ini diambilnya karena para pelanggan yang datang hanya mau ditangani oleh Darman.

    Darman tak bisa menjelaskan apa yang membuat pelanggan-pelanggannya begitu fanatik padanya. Dia hanya menduga, sikapnya yang apa adanya membuat tamu nyaman.

    "Saya nggak membeda-bedakan. Apa raja, apa tukang becak, saya nggak mengkultuskan seseorang. Semua di mata Allah kan sama," tutur Darman kepada detikcom di kiosnya, Jalan Munggur, Yogyakarta.

    Sedangkan dari teknik memangkas rambut, Darman mengaku hanya berpegang pada 3 hal utama. Yakni jenis rambut, bentuk wajah, dan keinginan pelanggan.

    "Saya sisir dulu, terus akan ketahuan seperti apa bagusnya. Tapi kita tanya dulu apa inginnya tamu. Kalau menurut saya bagus kan belum tentu sama keinginan tamu," ujarnya sambil tersenyum.

    Darman tak memberikan layanan pijat leher pada pelanggannya. Jika ada yang meminta, dia akan menolak.

    "Bukan keahlian saya pijat memijat. Saya potong rambut saja. Daripada salah nanti," imbuh Darman.

    Darman begitu ramah, siapapun yang mampir ke kiosnya pasti tenggelam dalam obrolan ke sana ke mari. Baginya, menganggap pelanggan sebagai keluarga adalah penting.

    "Kalau potong rambut saja, tidak berkesan. Semuanya sudah seperti keluarga," tuturnya.

    Pelanggan Darman dari kalangan atas mulai dari Paduka Sri Paku Alam IX dan keluarganya, Mendikbud Anies Baswedan, Wakil Bupati Gunungkidul Immawan Wahyudi hingga Anggito Abimanyu. Namun pelanggan dari warga biasa juga tak segan datang karena tarifnya yang bisa terbilang murah Rp 10 ribu.

    "Tukang becak, tukang sampah juga ada kok," kata Darman.

    Pria yang sangat menyukai seni ini berkata, segala pekerjaan yang dilakukan dengan ikhlas dan bahagia, akan menghasilkan kebaikan.

    "Orang kerja apapun, harus cinta, disiplin, profesional, jujur, dan ramah," tuturnya.

    Sebelum menekuni profesi sebagai pemangkas rambut, Darman merupakan pengukir kayu. Meski sudah lama tak berkarya di bidang itu kesenangannya akan seni masih begitu besar. Bahkan model-model rambut ciptaannya dilukisnya sendiri dan dipasang di kiosnya.

    "Itu model-model taruna sampai jenderal saya lukis sendiri," kata Darman sambil menunjukkan lukisannya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Pelanggan Adalah Keluarga Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top