728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Meski Ditembak Mati Tapi Perjuangannya Menginspirasi Dunia

    Tujuh Pemimpin Dunia yang Terinspirasi Mahatma Gandhi

    MOHANDAS Karamchand Gandhi dikenal sebagai bapak bangsa di India. Dua hari yang lalu, tepatnya pada 30 Januari merupakan hari peringatan ke-68 tahun kematian tokoh gerakan perdamaian dan pejuang kemerdekaan Negeri Bollywood.

    Pada saat itu, belum genap lima bulan merayakan kemerdekaan tanah airnya, pria yang diberi gelar Mahatma (jiwa agung) ditembak mati oleh seorang nasionalis Hindu Nathuram Godse, yang menyalahkan Gandhi atas pemisahan India dan Pakistan.

    Ketika pria kelahiran Porbandar itu meninggal, banyak orang menganggap cita-cita luhur dan jasanya segera akan dilupakan dunia. Namun hingga hampir tujuh dekade kepergiannya, ia masih dikenang dan gerakan damainya terus terpatri di benak orang banyak. Tidak hanya menjadi tokoh yang paling dihormati di Negeri Barata, kiprahnya juga melesat sampai ke dunia internasional. Bahkan menjadi inspirasi bagi para pemimpin dunia selanjutnya.

    Berikut adalah tujuh tokoh dunia yang terinspirasi oleh Mahatma Gandhi:

    1. Barrack Obama

    Presiden Amerika Serikat Barrack Obama adalah salah satu pemimpin dunia yang mengaku mencapai posisinya kini berkat Mahatma Gandhi.

    Dalam kunjungannya ke SMA Wakefield di AS, seorang siswa pernah menanyakan, jika ada yang ingin diajak makan malam bersama, siapa orang itu. Baik yang sudah meninggal ataupun masih hidup.

    “Baiklah, hidup atau mati, banyak orang yang ingin saya undang makan malam. Tetapi salah satu tokoh yang paling ingin saya undang adalah Gandhi. Sebab ia adalah pahlawan yang sebenar-benarnya bagi saya,” jawab Obama, sebagaimana dikutip dari India TV News.

    Pria kelahiran Hawaii ini melihat Mahatma Gandhi sebagai inspirasi dan memiliki potret pejuang perdamaian itu di kantornya.

    2. Aung San Suu Kyi

    Presiden perempuan terpilih Myanmar, yang pernah mendapatkan penghargaan nobel perdamaian dunia Aung San Suu Kyi mengaku banyak aspek dalam hidupnya dipengaruhi oleh rekam jejak Gandhi.

    Ia sering menceritakan ini dalam kuliah-kuliah umum. Sampai-sampai ia meminta murid-murid dan pengikutnya untuk mempelajari autobiografi dan karya-karya Sang Guru Agung.

    3. Nelson Mandela

    Presiden Afrika Selatan Nelson Mandela ternyata juga terinspirasi oleh Mahatma Gandhi. Dalam melawan pergerakan anti apartheid, ia selalu memilih negosiasi, memengaruhi orang-orangnya untuk tetap berkepala dingin menghadapi kekerasan yang dilakukan oleh kaum kulit putih di Afrika.

    “Gagasan Gandhi telah memainkan peran penting dalam transformasi Afrika Selatan dan dengan bantuan ajaran Gandhi, apartheid telah diatasi,” ujarnya.

    4. Martin Luther King Jr

    Senasib dengan sosok yang dikaguminya, Martin Luther King meninggal karena dibunuh seseorang yang tidak senang dengan gerakan perubahannya. Usianya masih 37 tahun kala itu, tetapi jasanya bagi kesetaraan ras di Amerika sangat besar.

    Mengenai Gandhi, ia pernah berkata, “Kristus memberi kita tujuan dan Mahatma Gandhi menunjukkan caranya.”

    Untuk itulah, selama memperjuangkan hak asasi kulit hitam di AS, ia melakukannya seperti Gandhi, yakni dengan jalan damai, tanpa angkat senjata. Meski ia juga mengizinkan orang-orang untuk memiliki senjata demi perlindungan diri.

    5. Dalai Lama

    Yang Mulia Dalai Lama, biksu dan pemimpin yang diasingkan dari orang-orang Tibet, selalu mengatakan ia adalah pengikut Mahatma Gandhi. Seperti Sang Guru spiritual, Dalai Lama adalah perwakilan dari gagasan perubahan politik sekunder untuk evolusi spiritual.

    "Saya memiliki kekaguman terbesar untuk Mahatma Gandhi. Dia adalah manusia yang besar dengan pemahaman yang mendalam tentang sifat manusia. Hidupnya telah menginspirasi saya," katanya.

    6. Ho Chi Minh

    Pendiri sekaligus revolusioner dan pemimpin Partai Komunis Vietnam adalah salah satu tokoh dunia yang juga mengagumi sosok sang Bapu (Bapak). Bukti kekagumannya ditunjukkan melalui sebuah pernyataan.

    “Saya dan yang lainnya mungkin adalah para pejuang revolusi, tetapi kami hanya murid-murid Mahatma Gandhi, secara langsung maupun tidak langsung, tidak kurang dan tidak lebih,” seru Ho.

    7. Steve Jobs

    Dikutip dari The Better India, ketika Steve Jobs memulai babak kedua di Apple pada 1997, ia berdiri di depan potret raksasa Mahatma Gandhi dan mengatakan kata-kata ini di hadapan para penonton lain.

    "Ini untuk orang-orang gila, orang-orang yang tak pernah merasa cocok dengan dunia ini, para pemberontak dan pembuat onar. Karena hanya orang-orang yang cukup gila, yang bisa berpikir untuk mengubah dunia, adalah orang-orang yang melakukan sesuatu (seperti Mahatma Gandhi).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Meski Ditembak Mati Tapi Perjuangannya Menginspirasi Dunia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top