728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Perahu Botol Plastik Kreatif

    Cara Kreatif Atasi Sampah di Gua Pindul: Dibikin Jadi Perahu!

    Foto: Perahu botol plastik karya Subandi (Dokumen pribadi Subandi)

    Gunungkidul - Cara kreatif mengatasi sampah botol plastik dilakukan seorang pemandu wisata bernama Subandi di Gua Pindul, Yogya. Dia mengubah botol-botol ini jadi perahu!

    Sampah botol plastik selalu menjadi persoalan di kawasan wisata. Seorang pemandu wisata di obyek wisata Gua Pindul, Gunungkidul, berinisiatif untuk mengumpulkan dan merakitnya menjadi perahu wisata. Dia terobsesi, memanfaatkan perahu bikinannya sebagai salah satu ikon wisata di tempat dia bekerja.

    Subandi (44), seorang pemandu wisata di Gua Pindul, Gunungkidul, setiap hari menyaksikan para pengunjung yang membuang sampah botol plastik di sekitar lokasi wisata Gua Pindul, Gunungkidul. Kesadaran wisatawan terhadap pencemaran lingkungan memang masih rendah.

    Melihat tumpukan sampah, terutama botol bekas minuman berserakan di sekitar obyek wisata Gua Pindul, Subandi tergerak. Berbekal muka tebal karena ejekan masyarakat sekitar, dia kerap mengambil tumpukan botol bekas memakai karung.

    Setelah terkumpul, barulah botol-botol bekas tersebut dibawa pulang ke rumahnya di Dusun Gelaran II, Desa Bejiharjo, Karangmojo, Gunungkidul.

    "Saya mulai mengumpulkan botol bekas selama dua tahun ini. Saya lalu berpikir merangkainya menjadi perahu. Sekarang sudah ada dua perahu botol yang saya buat, salah satu perahu pengerjaanya baru sekitar 90 persen. Mengerjakannya seorang diri atau terkadang dibantu anggota keluarga," papar Subandi.

    Subandi punya obsesi tersendiri terhadap karyanya itu. Perahu botol bekas sepanjang sekitar lima meter itu hendak dijadikan salah satu spot foto di sekitaran obyek wisata Gua Pindul. Meski perahu tersebut kuat menampung sejumlah orang menyeberangi Sungai Oya, namun Subandi lebih memilih karyanya untuk dinikmati wisatawan buat berselfie ria.

    "Kalau melihat perkembangan sekarang kan yang dilirik wisatawan bukan hanya wisata alam, tapi juga wisata selfie. Makanya saya ingin perahu botol buatan saya bisa dijadikan tempat selfie. Rencananya nanti ditempatkan di tepi Sungai Oya, sekitar objek wisata Gua Pindul," ujarnya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Perahu Botol Plastik Kreatif Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top