10 Kata Paling Populer dalam Resume
Membuat resume atau daftar riwayat hidup (CV) yang ringkas serta menarik adalah sebuah keharusan jika Anda ingin segera mendapat panggilan kerja.
Hindari meniru resume milik orang lain karena setiap resume seharusnya dibuat spesifik sesuai dengan posisi yang akan dilamar. Menurut situs jaringan kerja LinkedIn, ada beberapa kata yang paling sering dipakai ketika seseorang membuat CV.
Pada tahun 2011 dan 2012, ada 10 kata yang paling populer untuk menggambarkan kepribadian seorang pencari kerja, yakni:
1. Bertanggung jawab
2. Strategis
3. Kreatif
4. Efektif
5. Sabar
6. Ahli
7. Aktif berorganisasi
8. Menggerakkan atau mendorong
9. Inovatif
10. Analitis
Menggunakan kata-kata yang populer seperti itu sebenarnya merupakan kerugian. "Jika terlihat sama seperti orang lain, Anda tak akan menonjol dalam persaingan," kata Nicole Williams, pakar karier dari LinkedIn.
Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengulik kamus untuk mencari padanan kata yang tidak "standar". William menyarankan agar Anda membuat perbedaan dengan membuat contoh konkret untuk menggambarkan Anda adalah orang yang "bertanggung jawab", atau "kreatif", "efektif", dan sebagainya.
Di situs LinkedIn, yang kini sering menjadi acuan para pencari kerja, kita juga bisa mengunggah foto atau video untuk menunjukkan hal tersebut.
Membuat resume atau daftar riwayat hidup (CV) yang ringkas serta menarik adalah sebuah keharusan jika Anda ingin segera mendapat panggilan kerja.
Hindari meniru resume milik orang lain karena setiap resume seharusnya dibuat spesifik sesuai dengan posisi yang akan dilamar. Menurut situs jaringan kerja LinkedIn, ada beberapa kata yang paling sering dipakai ketika seseorang membuat CV.
Pada tahun 2011 dan 2012, ada 10 kata yang paling populer untuk menggambarkan kepribadian seorang pencari kerja, yakni:
1. Bertanggung jawab
2. Strategis
3. Kreatif
4. Efektif
5. Sabar
6. Ahli
7. Aktif berorganisasi
8. Menggerakkan atau mendorong
9. Inovatif
10. Analitis
Menggunakan kata-kata yang populer seperti itu sebenarnya merupakan kerugian. "Jika terlihat sama seperti orang lain, Anda tak akan menonjol dalam persaingan," kata Nicole Williams, pakar karier dari LinkedIn.
Meski begitu, bukan berarti Anda harus mengulik kamus untuk mencari padanan kata yang tidak "standar". William menyarankan agar Anda membuat perbedaan dengan membuat contoh konkret untuk menggambarkan Anda adalah orang yang "bertanggung jawab", atau "kreatif", "efektif", dan sebagainya.
Di situs LinkedIn, yang kini sering menjadi acuan para pencari kerja, kita juga bisa mengunggah foto atau video untuk menunjukkan hal tersebut.
0 komentar:
Post a Comment