728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan-KU



    "Satu-satunya saat ketika Tuhan kita meminta para rasul-rasul- Nya adalah saat malam menjelang penderitaan- Nya. Tetapi seperti yang sering diceritakan dalam sejarah gereja sejak saat itu iblis mulai dibangunkan tetapi para murid tertidur. Maka untuk keluar dari kesedihan dan kesepian yang mendalam Dia berkeluh kesah. "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan AKU?" (Matius 26:40). Bukan satu jam untuk permohonan tetapi satu jam untuk suatu persahabatan" (Uskup Agung Fulton J.Sheen)

    Apa yang dimaksud dengan Ekaristi Kudus, Sakramen Mahakudus?
    Ekaristi Kudus, Sakramen Maha Kudus adalah Yesus sendiri yang memberikan tubuh dan darah-Nya Sakramen Maha Kudus pada Kamis Suci Malam yang pertama. Setiap misa yang diadakan oleh gereja Katolik, roti dan anggur melalui perkataan Yesus dan penyertaan Roh Kudus diubah menjadi Tubuh dan Darah Kristus (Katekismus gereja Katolik, # 1333). Ekaristi Kudus (Sakramen Maha Kudus) adalah tubuh dan darah Yesus. Setelah perjamuan terakhir, Yesus pergi bersama murid-murid- Nya ke Taman Getsemani. Disanalah Yesus bertanya pada mereka "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?" (Matius 26:40). Ajakan yang sama inilah yang diberikan Yesus pada kita sekarang ini. Paus Yohanes Paulus II menulis di dalam keheningan di depan Sakramen Maha Kudus, Kristus benar-benar hadir seutuhnya. Tuhan yang kita temukan, yang kita sembah dan dengan siapa kita dapat berelasi (surat kepada Uskup dari Liege, 1996). Melalui adorasi kepada Sakramen Maha Kudus, kita menyatakn cinta kita dan persahabatan kita kepada Yesus.

    Bagaimana satu jam penyembahan kepada Sakramen Maha Kudus membuat perubahan ?
    Yesus berkata bahwa iman dapat memindahkan gunung (Markus 11:23). Paus Yohanes Paulus II mengatakan "Kedekatan pada Kristus dalam keheningan dan kontemplasi tidaklah menjauhkan kita dari keadaan kita saat ini, tetapi sebaliknya membuat kita menjadi penuh perhatian dan terbuka pada sukacita manusiawi dan mengalami kelegaan serta memperluas hati kita pada skala dunia. Melalui penyembahan, orang-orang Kristen secara diam-diam memberikan perubahan dunia yang radikal dan menebarkan Injil. Setiap orang yang berdoa padaJuruselamat menarik seluruh dunia bersama dia dan meninggikannya pada Allah (surat kepada Uskup Liege,1996). Ketika pembawa pesan Kerahiman Ilahi, St. Maria Faustina berdoa di depan Yesus dalam Ekaristi Kudus, DIA memberikan penglihatan. Setiap kali orang yang masuk Kapel dan mengunjungi Yesus yang tampak dalam monstran, dia melihat sinar-sinar Keilahian dari KASIH dan KerahimanNya memancar keluar dan mengelilingi seluruh dunia dan setiap orang yang ada di dalam dunia ini dengan rahmat dan berkat-berkat. Yesus mengatakan pada St. Faustina "Aku ingin penyembahan/ adorasi dilakukan dengan tujuan tunuk memperoleh pengampunan bagi dunia (BCH,1070)

    Keuntungan apa yang kita dapatkan dari jam suci penyembahan/ adorasi Ekaristi ?
    Setiap orang yang menyediakan waktu beradorasi kepada Yesus dalam Sakramen Ekaristi Kudus, mengembangkan relasi pribadi dengan Yesus dan bertumbuh di dalam Kasih dan kekudusan. Saat tenang bersama Tuhan dalam adorasi memampukan orang untuk mendengarkan dan mengenali suara-Nya seperti DIA berbicara kepada hati mereka. Banyak dari umat yang setia hadir dalam adorasi menceritakan berbagai mukjizat dan penyembuhan. Banyak warga gereja yang mengalami perubahan, mereka lebih sering pergi ke misa, melayani sesama, ada persatuan, pertobatan dan kembalinya banyak umat Katolik yang telah jatuh, juga panggilan imamat dan kehidupan rohani meningkat. Umat bekerja sama mengatur Adorasi Abadi, membantu membangun Komunitas yang beriman.

    Adorasi Ekaristi Abadi membangkitkan kembali Iman
    Apakah Adorasi Ekaristi terus menerus ( = abadi itu?)
    Adorasi Ekaristi Abadi adalah bila sebuah paroki menyediakan suatu ruangan kecil atau Kapel yang di buka selama 24 jam dalam 7 hari dengan pentahtaan tetap Yesus dalam Sakramen Maha Kudus. Adorasi Abadi adalah suatu pernyataan cinta pada Yesus yang sudah mencintai kita begitu besar, sehingga Dia rindu untuk tinggal dengan kita selalu dalam sakramen cinta ini

    Mengapa Adorasi Ekaristi Abadi diperlukan?
    Ketika kita membatasi jam-jam adorasi, kita membatasi kemampuan Kristus untuk umatNya. Hanya sedikit yang dapat menanggapi undangan Tuhan "Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan Aku?", bila kita hanya memiliki satu jam atau beberapa jam adorasi setiap minggu. Semakin banyak kita menyediakan waktu, semakin banyak umat berkesempatan untuk beradorasi. Bila Kapel di buka sepanjang hari, maka setiap umat mempunyai kesempatan untuk berpatisipasi. Pada tahun 1980, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi Le Sacre Coeur did Montmartre, Perancis, ditempat itu telah di adakan adorasi ekaristi abadi selama lebih dari 100 tahun. Dia menyatakan, "sampai saat ini Kristus yang hidup mencintai kita dan memberikan hatinya kepada kita sebagai sumber dari penyelamatan kita. Ekaristi Suci juga menjadi tujuan dari adorasi abadi-Kita memasuki gerakan kasih dan kemajuan apostolik." Melalui Adorasi Ekaristi Abadi kita mengumumkan pada jemaat dan Komunitas bahwa Yesus hadir ditempat ini, sungguh-sungguh hadir diantara kita hari ini.

    Mengapa pentahtaan Ekaristi itu diperlukan?
    Perbedaan antara melewatkan waktu bersama Yesus dalam Sakramen Maha Kudus yang ditahtakan di dalam monstran dari pada yang berada di dalam tabernakel adalah sama seperti perbedaan percakapan antara kawan akrab yang bertemu muka dengan muka dan bercakap-cakap dengan teman diluar pintu yang tertutup. Melihat Yesus yang ditampilkan dalam Ekaristi Suci lebih banyak memberi kesan intim dari pada hanya memandang pada jam yang telah ditentukan, karena mereka tahu bahwa Yesus tidak dapat ditinggalkan sendirian di dalam monstran. Alasan yang mendorong untuk melakukan hal ini adalah karena Roh Kudus yang memintanya. Selama perjamuan Ekaristi-Nya, Yesus menekankan secara jelas, "Sesunguhnya ini adalah keinginan Bapa-Ku di surga, bahwa setiap orang yang memandang anakNya dan percaya kepadaNya, akan mempunyai hidup kekal, Aku akan membangkitkannya pada akhir zaman" (Yohanes 6:40)

    Apakah ini adalah misi kaum awam/umat?
    Vatikan II menekankan betapa pentingnya keterlibatan umat dalam misi gereja. Adorasi Ekaristi Abadi di koordinasi oleh kaum awam dan di bantu oleh imam. Dengan membimbing umat kepada Yesus, maka kaum awam dilibatkan dalam pembaharuan dan penginjilan terus menerus.

    Apakah berbahaya mengadakan adorasi 24 jam ?
    Banyak imam yang telah menyaksikan bahwa sejak Adorasi Ekaristi Abadi mulai diadakan, tingkat kejahatan di dalam Komunitas mereka menurun drastis. "Persis di depan gereja kami terdapat daerah pelacuran dan penjualan narkoba. Ketika adorasi abadi sakramen Maha Kudus mulai dilakukan semua kegiatan tersebut berhenti. Ketika Tuhan di dalam Sakramen Maha Kudus di tahtakan di atas altar, kejahatan meninggalkan daerah itu. Saya yakin akan hal itu". (Rm. James Swenson, Gereja St. Bridget, Las Vegas, NV)
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Tidakkah kamu sanggup berjaga-jaga satu jam dengan-KU Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top