728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Misteri Pesawat Hantu

    5 Kecelakaan 'Pesawat Hantu' yang Merenggut Korban Jiwa

    Salah satu teori yang muncul dalam tragedi jatuhnya Malaysia Airlines MH370 adalah dekompresi, yakni hilangnya tekanan di kabin pesawat yang membuat para penumpang dan kru pingsan. Pesawat pun terbang tanpa kendali atau disebut 'pesawat hantu' hingga titik jatuh.

    Dilansir New York Magz, sedikitnya ada lima peristiwa kecelakaan pesawat hantu yang pernah tercatat. Semua jatuh dan menimbulkan korban jiwa.

    Berikut lima insiden tersebut:

    1. Helios Airways 522

    Kisah 'pesawat hantu' ini terjadi pada tahun 2005. Kala itu, pesawat Helios Airways yang mengangkut 121 orang menabrak gunung di luar wilayah Athena, Yunani. Semua orang tewas.

    Peristiwa terjadi ketika pesawat Boeing 737 itu mengalami masalah dengan tekanan pesawat. Ada kebocoran yang terdeteksi, sehingga mereka mengubah sistem ke manual. Namun ternyata, sistem itu tak sempat dikembalikan ke auto.

    Tekanan langsung drop setelah 13 menit kebocoran. Alarm sempat bunyi, namun pilot sudah terlalu lemas. Pesawat pun terbang tanpa kendali. Meski sempat diintersep oleh F-16 dan ada seorang kru yang mengambil alih kemudi, namun semua sudah terlambat. Pesawat itu jatuh di gunung dan semua penumpang tewas.

    2. Jet Milik Payne Stewart

    Dua orang kru dan empat penumpang yang berada di pesawat milik pemain golf Payne Stewart tewas dalam kecelakaan 'pesawat hantu' di Aberdeen, Dakota Selatan, AS. Pesawat jet itu berangkat dari Florida hendak ke Dallas.

    Sekitar 14 menit setelah lepas landas, pesawat mengalami gangguan dan pilot melaporkannya ke menara pengawas. Pesawat tempur pun dikirim ke udara untuk mengecek masalahnya. Mereka melihat suasana dalam pesawat jet sudah gelap dan seperti diselimuti es. Tak lama kemudian, pesawat jet itu jatuh.

    Penyelidik insiden ini menyebut, ada masalah tekanan di kabin pesawat. Namun tak dijelaskan secara rinci apa pemicunya.

    3. Pesawat Tambang Australia

    Pada September 2000, pesawat carter twin-propeller meninggalkan Perth, Australia, menuju lokasi pertambangan yang jaraknya 400 mil. Namun baru terbang 30 menit, pesawat itu tiba-tiba naik ke udara hingga terlalu tinggi.

    Menara pengawas setempat sempat menanyakan hal ini kepada pilot, namun dijawab dengan suara pelan lalu perlahan menghilang. Beberapa menit kemudian, mikrofon mati. Pesawat mengudara tanpa kendali selama hampir lima jam di langit Australia.

    Para penumpang di dalamnya tak sadarkan diri karena berkurangnya tekanan di kabin. Pesawat baru jatuh di lokasi yang berjarak 1.900 mil dari tempat semula berangkat.

    4. Kecelakaan Bo Rein

    Pelatih football di Amerika Serikat, Bo Rein, mengalami kecelakaan 'pesawat hantu' di Samudera Atlantik. Kala itu dia menaiki pesawat Cessna.

    Pesawat tersebut melewati jalur Samudera Atlantik karena menghindari badai. Pesawat lalu terbang di ketinggian 23 ribu kaki. Namun di titik itu, pesawat hilang kontak dengan menara pengawas dan terdeteksi terbang meninggi hingga 41 ribu kaki.

    Beberapa ribu mil kemudian, pesawat itu jatuh di lepas pantai Virginia. Pesawat hancur berkeping-keping, para penyidik berkesimpulan, pesawat itu jatuh karena pilot pingsan setelah terjadi dekompresi di pesawat.

    5. Jatuh di Teluk Meksiko

    Dokter Peter Hertzak meninggalkan Slidell, Lousiana, AS, pada pukul 06.43 pagi di bulan April 2012. Dia hendak menuju Sarasota, Florida, namun tak pernah tiba.

    Pesawat Cessna yang ditumpanginya ternyata berputar-putar di teluk Meksiko setelah komunikasi radio terputus. Dua pesawat jet F-15 yang terbang ke lokasi pesawat tersebut melihat pilot sudah tak memberi reaksi apa pun. Es juga terlihat membeku di jendela pesawat.

    Setelah 2 jam berputar-putar, pesawat akhirnya jatuh di laut dan tenggelam. Hertzak dipastikan tewas meski jasadnya tak pernah ditemukan. Ada juga spekulasi Hertzak bunuh diri karena dia baru saja dilarang praktik.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Misteri Pesawat Hantu Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top