728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Ritual Cappuccino ala Orang Italia

    Menyeruput Cappuccino, Ritual Orang Italia di Pagi Hari

    Menyeruput kopi dipagi hari memang sudah menjadi ritual banyak orang. Apalagi kini, kopi dinikmat karena keunikan citarasanya. Espresso, latte atau cappuccino umum dipilih di pagi hari.

    Agar tidak ngantuk dan ibadah lancar, zaman dulu kalangan sufi di Timur Tengah selalu mengonsumsi kopi di malam hari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein yang dapat menstimulasi jantung dan juga pangkal syaraf.

    Kemudian seiring berkembangnya waktu, kafein digunakan untuk menikmati rasa dan aroma kopi yang nikmat.

    "Untuk pilihan minum kopi dipagi hari sebenarnya tergantung selera dan kebiasaan. Akan tetapi ada juga yang minum kopi untuk sarapan, seperti Italia," tutur Irvan Helmi, Co Founder Anomali Coffee kepada Detikfood.

    Masyarakat Italia memiliki kebiasaan tidak meminum atau memesan cappuccino di atas jam 10 pagi. Sebelum bekerja atau ke sekolah banyak orang yang mengonsumsi cappuccino di restauran, kafe hingga warung kaki lima. Cappuccino biasa dinikmati dengan kue manis ataupun roti kecil sebagai pelengkap sarapan, meskipun sangat jarang.

    Cappuccino dibuat dengan campuran lebih banyak susu daripada kopi sehingga tinggi kalori. Hal ini menjadi alasan kenapa mengonsumsi cappuccino yang terbaik adalah di pagi hari. Karena susu memiliki laktosa (gula) dan tubuh menyerap laktosa dan lemak susu dengan cepat, sehingga energi karbohidrat segera tersedia sebelum kafein menstimulasi organ tubuh tertentu.

    Kalau di Indonesia sajian minum kopi yang di minum dipagi hari beragam. Mulai dari espresso, caappuccino hingga latte. Biasanya disajikan hangat untuk di pagi hari.

    Kandungan gizi dari minuman espresso atau kopi lainnya, tergantung dari apa yang ditambahkan ke dalamnya. Mengonsumsi kopi hitam 1 hingga 2 cangkir per hari dapat membantu tubuh tetap segar sebelum memulai aktivitas.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Ritual Cappuccino ala Orang Italia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top