728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Mengubah Bisnis Jadi Hobi

    Membangun bisnis sendiri bisa berawal dari hobi yang Anda sukai. Bahkan bisnis yang datangnya dari hobi akan lebih mudah dijalani, karena sesuai dengan apa yang menjadi minat Anda.

    Jika Anda belum tahu bagaimana cara memulai bisnis dari hobi, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

    1. Ajarkan pada orang lain

    Cara termudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengajarkan hobi Anda kepada orang lain. Misalnya, Anda suka melukis, maka coba buka les privat di rumah untuk melukis. Hobi seperti bermain piano, karate, bahasa asing, memasak, dan menjahit, merupakan beberapa contoh hobi yang bisa dijadikan bisnis.

    2. Jual hasil kreasi Anda

    Apabila Anda memiliki hobi merajut atau menjahit, tapi tidak ingin mengajarkannya ke orang lain, maka juallah hasil kreasi Anda. Namun cara ini tentu memiliki berbagai permasalahan bisnis, seperti menentukan harga, memasarkan produk Anda, dan menemukan saluran yang tepat untuk menjualnya.

    3. Kembangkan hobi Anda

    Coba hubungkan hobi Anda dengan keahlian lainnya, yang akan mendukung hobi untuk dijadikan bisnis. Misalnya, Anda menyukai fotografi, tapi jangan berhenti di situ saja. Cobalah belajar mengedit foto, pasarkan hasil foto Anda secara online, dan tawari jasa foto untuk pernikahan atau ulang tahun. Intinya, kembangkan hobi dengan melihat celah pasar.

    4. Bikin diri Anda dikenal

    Jangan hanya diam saja atau hanya memasarkan bisnis Anda pada orang-orang terdekat. Untuk membuat nama Anda makin dikenal, buatlah akun Facebook, Twitter, dan jejaring sosial lainnya. Ciptakan blog atau website sendiri, kemudian pamerkan portofolio Anda di sana.

    5. Serius berbisnis

    Terakhir dan tak kalah penting, Anda harus serius dalam menjalankan bisnis tersebut. Anda akan membutuhkan kerja ekstra saat berbisnis, ketimbang saat melakukan hobi yang santai. Ketika Anda melihat kegiatan itu lebih dari sekadar hobi, Anda pun akan menemukan banyak kesempatan baru.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mengubah Bisnis Jadi Hobi Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top