728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Negara Yang Pernah Jadi Milik Indonesia

    Negara yang Dahulu Pernah Jadi Bagian Indonesia

    JAKARTA – Indonesia merupakan negara yang memiliki sejarah panjang, khususnya sebelum Proklamasi 17 Agustus 1945. Indonesia sendiri sangat disegani negara-negara tetangga karena memiliki wilayah yang luas.

    Berikut ini kita tampilkan negara-negara yang pernah menjadi bagian dari Indonesia.

    1. Timor Leste

    Krisis politik yang panjang dan desakan dari Pemerintah Australia menyebabkan Presiden Soeharto memutuskan untuk menyerang Timor Timur pada 1975 dan memasukkan wilayah ini menjadi provinsi ke-27.

    Namun, integrasi wilayah Timor Timur tidak mendapat dukungan dari dunia. Pada 1999, Presiden BJ Habibie memutuskan untuk melakukan referendum dan dimenangkan oleh kelompok pro-kemerdekaan. Hal itu menyebabkan negeri ini lepas dan mengubah namanya menjadi Timor Leste.


    2. Brunei Darussalam

    Catatan dari China dan Arab menyebutkan pada abad IX wilayah Brunei Darussalam dikuasai oleh Kerajaan Sriwijaya dan meluaskan pengaruhnya ke Kalimantan Utara. Namun, Kerajaan Majapahit bersama Patih Gajah Mada berhasil menguasai Brunei Darussalam terkait ambisinya untuk melaksanakan Sumpah Palapa.

    3. Malaysia

    Malaysia terletak di posisi strategis sehingga diperebutkan banyak kerajaan di masa lampau. Sriwijaya merupakan kerajaan nasional pertama yang ingin mengusai wilayah ini pada abad VIII. Selain itu, Kerajaan Majapahit juga pernah menguasai wilayah ini atas perintah dari Patih Gajah Mada. Setelah Indonesia merdeka, Presiden Soekarno juga ingin menyatukan Malaysia ke wilayahnya dan pernah membentuk Dwikora untuk mewujudkan impian tersebut.

    4. Singapura

    Singapura pada masa lampau bernama Temasek. Dahulu wilayah ini tidak terlalu mendapat banyak perhatian karena tidak memiliki kekayaan alam yang banyak. Namun, Buku Negarakertagama karangan Mpu Prapanca menjelaskan jika Temasek merupakan wilayah kekuasaan Majapahit dan menempatkan Adityawarman sebagai panglima militer di waktu itu.

    5. Kamboja

    Pada abad VII, Kerajaan Sriwijaya melakukan invasi militer ke wilayah yang sekarang bernama Kamboja. Bukti itu diperkuat dengan ditemukan prasasti di Tepi Sungai Mekong.

    6. Filipina

    Adalah Kerajaan Majapahit yang menyatakan wilayah Mindanau, Filipina, pernah menguasai wilayah ini. Patih Gajah Mada bertekad menjadikan Mindanau wilayahnya karena terikat Sumpah Palapa yang ingin menyatukan wilayah Nusantara kala itu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Negara Yang Pernah Jadi Milik Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top