728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Butuh Tekanan Agar Termotivasi Jadi Entrepreneur

    Rugi karena LDR, Christian Sugiono Termotivasi Jadi Entrepreneur

    Jakarta - Selain aktor dan model, Christian Sugiono juga dikenal sebagai seorang entrepreneur atau wirausahawan. Tapi siapa yang menyangka jika lika-liku percintaan lah yang memotivasi Tian, begitu panggilan akrabnya, untuk berwirausaha.

    Hadir di Creativepreneur Corner 2017 di The Hall, Senayan City, sebagai pembicara, Tian berbagi kisah sukses serta cerita awal mulanya berbisnis.

    Semuanya berawal saat pria 35 tahun itu merantau ke Jerman untuk kuliah pada pertengahan 1990an silam. Diceritakan Tian, kebetulan cerita cintanya dengan aktris Titi Kamal, yang kini telah menjadi istrinya, juga baru dimulai ketika itu. "Baru lima bulan pacaran, kami terpaksa LDR (long distance relationship/hubungan jarak jauh -red) karena Titi di Jakarta, saya di Jerman" kenang Tian.

    Menjalin hubungan jarak jauh ternyata dirasa Tian berat di ongkos. Zaman itu, satu-satunya cara untuk berhubungan adalah melalui surat atau telepon yang biayanya sangat mahal karena media sosial atau layanan pesan singkat belum eksis. Mau bertukar kabar lewat surat elektronik pun harus pergi ke warnet karena akses internet masih terbatas.

    Meski berasal dari keluarga yang bercukupan, Tian hanya diupahi sekian ribu euro untuk bertahan hidup selama sembilan bulan. Setelah itu, ia harus bekerja demi menyambung hidup. "Tapi karena uangnya sering dipakai untuk LDR, biaya hidup yang tadinya cukup untuk sembilan bulan, habis dalam waktu tiga bulan," ungkap ayah satu anak itu.

    Alhasil, ia pun terpaksa bekerja paruh waktu agar bisa bertahan hidup di negeri orang. Pekerjaan pertamanya adalah mengepak buku di sebuah perusahaan konsultan dengan upah 6 euro per jam. Ia bekerja 10 jam per hari, dari Senin sampai Sabtu. "Sedari kecil saya memang diajarkan orangtua untuk tidak bergantung pada orang lain," kata Tian.

    Pengalaman tersebut rupanya turut membangun jiwa kewirausahaannya. Memutuskan untuk berhenti kulia setelah tujuh tahun, Tian kembali ke Tanah Air dan mulai merintis bisnis berbasis media online.

    Bersama temannya, ia membangun sebuah media hiburan daring yang memuat video dan cerita-cerita berbau humor. Idenya bermula dari kebiasaan Tian bertukar cerita ringan dan lucu dengan sesama pelajar di Jerman. "Saya cukup bangga dengan bisnis tersebut karena sudah mendapat profit di tahun kedua. Menjelang tahun ketiga, cash flow-nya juga positif," kata Tian yang lalu mengekspansi bisnisnya ke situs biro jodoh.

    Selain Tian, Creativepreneur Corner 2017 turut menampilkan sejumlah pengusaha dan wirausahawan inspiratif yang datang dari segala bidang. Mereka di antaranya Belva Devara (pendiri Ruang Guru), M. Alfatih Timur (pendiri Kita Bisa), Albert (co-founder Travel Loka), dan Tulus (penyanyi sekaligus co-founder TulusCompany).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Butuh Tekanan Agar Termotivasi Jadi Entrepreneur Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top