728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Konsorsium Kota Tua Jakarta

    Kota Tua Siap Jadi Pusat Kongkow Anak Muda Kreatif

    Jakarta - Traveler tampaknya akan makin tertarik wisata ke Kota Tua. Sejumlah gedung difungsikan sebagai pusat kreativitas buat anak muda.

    Revitalisasi Kota Tua Jakarta masih terus berjalan. Ada 12 gedung di Taman Fatahillah dan sekitarnya yang dipercantik, baik bagian luarnya maupun bagian dalamnya. Gedung-gedung itu pun terbuka untuk tempat berkumpulnya anak muda yang ingin berkreasi.

    "Kita rumuskan beberapa langkah, pusat komersial, pusat sosialisasi buat komunitas dan lain sebagainya," kata Nikolaus Lim, Retail & Business Development Director Konsorsium Kota Tua Jakarta dalam kunjungan ke kantor detikcom di Jakarta Selatan.

    Gedung-gedung di Kota Tua nantinya ada yang difungsikan untuk kafe, foodcourt, galeri seni, microcinema yang menampilkan karya anak bangsa seperti film pendek yang tidak tayang di bioskop kebanyakan, hingga coworking space yang didesain asyik buat mencari ide-ide segar bersama komunitas. Untuk kafe dan foodcourt, yang akan dijual di sana adalah produk lokal.

    "Di sana nanti banyak brand-brand lokal, Indonesian brand. Wisatawan yang datang kita ajak merasakan kopi lokal misalnya," ujar Niko.

    Kemudian disediakan gedung buat para entreprener muda Indonesia yang ingin memperkenalkan dan menjajakan produknya, baik itu fashion maupun kerajinan lainnya. Rencananya gedung Kerta Niaga yang akan digunakan untuk semacam marketplace ini.

    "Anak muda kreatif dikasih tempat untuk display product. Local handicraft, batik," ucapnya.

    Kemudian bagi penggemar musik jazz, ada festival jazz yang akan digelar setiap dua bulan sekali. Festival ini bakalan memeriahkan suasana Kota Tua dengan musik jazz yang mengalun indah.

    "Old Town Jazz Series rencana tiap dua bulanan," tuturnya.

    Buat yang ingin tahu lebih banyak tentang informasi destinasi wisata di Indonesia juga bisa mendapatkannya di Kota Tua. Nantinya di salah satu gedung akan dibuat Indonesia Tourism Center yang membahas 10 Destinasi Wisata Prioritas.

    Ini Tantangan Mengembangkan Kota Tua Jakarta

    Jakarta - Revitalisasi Kota Tua tak semudah membalikkan tangan. Ada berbagai tantangan yang harus dihadapi.

    Konsorsium Kota Tua Jakarta tengah giat membenahi kawasan Kota Tua di ibukota. Ada sekitar 12 gedung yang direnovasi dan akan digunakan untuk kafe, hostel, hotel, guest house, foodcourt, galeri seni serta masih banyak lagi.

    Pembenahan Kota Tua tentu bukan hal mudah. Sejumlah tantangan harus dihadapi sebelum nantinya ada relaunching Kota Tua dengan konsep baru, Kota Wisata dan Kota Kreatif pada Juni 2017.

    "Kebersihan, keamanan, parkir dan untuk penataan pelaku UMKM," kata Nikolaus Lim, Retail & Business Development Director Konsorsium Kota Tua Jakarta dalam kunjungan ke kantor detikcom di Jakarta Selatan.

    Untuk PKL selain direlokasi juga harus diberikan pembinaan. Sedangkan parkir yang menurut Niko juga masuk dalam ranah Pemprov DKI Jakarta, lahannya direlokasi ke Jalan Cengkeh. Dari parkiran yang agak jauh nantinya akan disediakan angkutan.

    "Dari Jalan Cengkeh naik tram ke tempat inti," ujar pria yang akrab disapa Niko ini.

    Dari Pemerintah Pusat maupun Pemprov DKI Jakarta pun ikut serta mendukung revitalisasi Kota Tua. Termasuk dalam hal infrastruktur, pengalihan arus saat dibutuhkan seperti ketika ada acar besar di Kota Tua dan promosi untuk menarik wisatawan.

    "Support pemprov infrastruktur, pengalihan arus. Pemerintah pusat, Kemenpar juga telah menentukan Kota Tua dan Kepulauan Seribu sebagai destinasi pariwisata prioritas. Orang bisa singgah ke Kota Tua dulu sebelum ke Kepulauan Seribu," jelasnya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Konsorsium Kota Tua Jakarta Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top