728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Membalas Kebaikan Dengan Inspirasi

    Foto-foto Kedekatan Kakek dan Cucu Ini Jadi Viral


    Jakarta, Meski sang kakek hanya bertani, Ding Guoliang mengaku bisa hidup nyaman karena sang kakek begitu menyayanginya. Ia selalu mendapatkan makanan enak seperti apel dan permen.

    Pria yang lebih akrab disapa Jesse itu mengisahkan ia tumbuh bersama sang kakek, Ding Bingcai hingga berusia 10 tahun. "Waktu saya kecil, dia selalu menyimpan makanan-makanan enak untuk saya, telur, apel, permen, dan kakek suka bercerita tentang masa kecilnya," tutur Jesse.

    Ketika beranjak dewasa, ia pun berniat membalas kebaikan sang kakek dengan mengajak pria itu pindah ke Xiamen, tempatnya tinggal dan mencari nafkah sebagai seorang fotografer fesyen. Bahkan Jesse sudah punya studio sendiri.

    "Saya ingin memperlihatkan kepadanya apa pekerjaan saya. Dia tahu saya fotografer, tetapi dia kira saya bekerja di sebuah studio tua," kata Jesse kepada CNN.

    Setelah pindah, Jesse ingat jika sang kakek selalu ingin berkunjung ke ibukota Beijing. Siapa sangka dalam perjalanan itu muncul ide untuk memotret sang kakek.

    Sembari mengajak Bingcai jalan-jalan seperti ke Tiananmen Square, pria ini juga sengaja didandani dengan setelan dan baju-baju 'hipster' untuk kemudian dipotret dalam pose elegan. Di sejumlah foto, Jesse juga menggunakan baju dan berpose dengan gaya yang sama.

    Jesse mengatakan serial foto ini adalah tribut untuk kakeknya. Menurut Jesse, sang kakek yang kini berusia 85 tahun menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bertani dan tak pernah sekalipun memakai setelan.

    Pria berusia 30 tahun itu juga ingin foto-fotonya meningkatkan kesadaran masyarakat untuk merawat lansia. Bahkan kemudian dalam pemotretan, proses ini semakin mendekatkan keduanya.

    Jepretan Jesse pun menjadi viral di media sosial China serta mendapatkan respons positif. Dan jelang Tahun Baru Imlek, menurutnya serial fotonya menginspirasi banyak orang untuk pulang ke kampung halaman dan menghabiskan waktu dengan kakek nenek mereka.

    "Saya berharap lebih banyak orang yang mempedulikan kakek nenek mereka, bukan hanya memberi mereka makan, tetapi juga memberikan dukungan emosional yang mereka butuhkan," pesannya.

    Menurut catatan National Bureau of Statistics, jumlah lansia di Negeri Tirai Bambu mencapai 222 juta orang atau berkontribusi terhadap 16 persen populasi di sana. Diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah mengingat jumlah usia produktif di China berkurang.

    Sejumlah penelitian mengungkap pertambahan jumlah lansia juga akan menambah beban layanan kesehatan dan sosial. Akan tetapi hal ini dapat diantisipasi dengan dukungan yang kuat dari pasangan atau anak cucu.(
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Membalas Kebaikan Dengan Inspirasi Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top