728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Membuat Anak Menghargai Barang yang Dimiliki

    Ajari Anak Menghargai Barang yang Dimiliki? Bisa, Begini Caranya

    Jakarta, Meski usianya masih tergolong muda, bukan berarti anak-anak tak bisa diajari menghargai tiap benda yang diberi padanya. Dengan begitu, mereka bisa lebih menyayangi tiap benda yang dimiliki.

    Seperti diungkapkan psikolog anak dari Tiga Generasi, Anastasia Satriyo MPsi, Psikolog memang penting bagi orang tua untuk mengajari anak menghargai setiap benda yang diberi pada mereka. Caranya, bisa dimulai dari kebiasaan sehari-hari.

    Wanita yang akrab disapa Anas ini mengatakan, Ayah dan Ibu bisa mengajari anak bahwa makanan yang tersedia di meja makan merupakan hasil kerja keras orang tuanya. Dengan begitu, anak tak akan membuang-buang makanan.

    "Terus ketika anak sering ikut orang tua ambil duit di ATM, dia bisa aja mikir duit itu tinggal ambil di ATM. Nah, untuk itu sesekali orang tua perlu mengajak anak ke tempat kerja," tutur Anas dalam perbincangan dengan detikHealth baru-baru ini.

    Dengan mengajak anak ke tempat ayah ibunya bekerja, mereka punya pengalaman dan mengetahui bagaimana pekerjaan ayah dan ibunya. Sehingga, anak bisa lebih menghargai ketika ia dibelikan sesuatu.

    Saat anak minta dibelikan sesuatu, tak perlu juga orang tua langsung menuruti kemauan mereka. Boleh saja, orang tua mengatakan pada anak bahwa ayah dan ibunya perlu menabung lebih dulu. Nah, ketika anak nanti dibelikan benda yang ia mau, diharapkan anak bisa menyayangi benda itu.

    "Jadi message bahwa mendapat sesuatu itu ada usahanya penting ditanamkan ke anak. Sehingga, anak bisa sayang sama barangnya dan lebih menghargai apa yang diberi orang tuanya," lanjut Anas.

    Atau dengan kata lain, anak diajari bahwa segala sesuatu memiliki 'cerita' yakni untuk mendapatkannya harus ada usaha lebih dulu. Wanita yang juga praktik di Klinik Petak Pintar, Mampang ini mengatakan anak sudah bisa diajak menghargai segala sesuatu yang ia dapat sejak usia tiga atau empat tahun.

    Bahkan, mereka sudah bisa dilatih untuk bersyukur lho. Contohnya saja, ketika anak berkeliling melihat kondisi orang lain yang kurang mampu, orang tua bisa mengajarkan pada anak untuk mensyukuri apa yang sudah mereka miliki selama ini.

    "Jadi kalau anak minta sesuatu, orang tua juga bisa membuat budget, ada batasannya. Sehingga, anak juga belajar bahwa segala sesuatu yang dia mau, nggak semuanya bisa terpenuhi," pungkas pemilik akun twitter @anasbubu ini.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Membuat Anak Menghargai Barang yang Dimiliki Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top