Ketika Minoritas Memimpin

Ketika Minoritas Memimpin Desa Rogomulyo

Kemenangan Pendeta Timotius Trimin sebagai kepala sebuah desa di Jawa Tengah membalikkan asumsi yang mengatakan, minoritas tak mungkin terpilih menjadi pemimpin di Indonesia.

Di Desa Rogomulyo, Kecamatan Kaliwungu, Kabupaten Semarang, Trimin adalah seorang pendatang dan minoritas. Dia pindah ke desa ini (yang mayoritas penduduknya beragama Islam) pada 1994, sesuai penugasan melayani jemaat di Gereja Kristen Jawa Susukan.

Tetapi pada 16 Desember 2012, segala identitas itu ternyata tak menghalangi Trimin memenangi pemilihan kepala desa Rogomulyo. Dia meraup 1559 suara, sementara lawannya — yang disimbolkan dengan sebuah kotak kosong sebab tak ada orang lain yang mencalonkan diri — mendapat 424. Jumlah pemilih terdaftar ada 2600.

Mendekat ke rakyat
Desa Rogomulyo terdiri dari enam dusun, yakni Rogomulyo, Suruhan, Gegunung, Gumuk, Jangkrikan, dan Genting. Desa ini dikenal sebagai desa miskin, antara lain karena sulitnya pasokan air. Penduduk banyak bertani di lahan kering, sehingga hasilnya tidak begitu menguntungkan.

Dalam masa kepemimpinan kepala desa terdahulu, Suryadi (menjabat 10 tahun) dan Salip Suhadi (menjabat 14 tahun) tidak banyak perkembangan berarti yang terwujud di Rogomulyo. Desa ini tertinggal dibandingkan desa lain.

Di desa miskin seperti ini, pemilihan kepala desa rentan disusupi politik uang. Pihak yang berusaha menjegal Trimin (antara lain seorang sesepuh desa dan mantan kepala desa) menyebarkan uang Rp20-30 ribu kepada warga — agar memilih kotak kosong sebagi simbol lawan Trimin.

Tantangan bagi Trimin (yang masih mesti berjuang menepis kampanye negatif soal perbedaan agama) pun bertambah. Tetapi dia berhasil menyiasati tantangan dengan baik.

Dia meraup hasil dari bertahun-tahun mendekat ke rakyat.

Walau sibuk sebagai pendeta, Trimin aktif dalam kegiatan lain. Selama hampir 10 tahun, dia aktif terlibat di Musyawarah Perencanaan Pembangunan — sebuah forum publik di desa yang terdiri dari pemerintah dan masyarakat.

Trimin juga menjadi sekretaris LKMD dan aktif dalam kelompok belajar masyarakat. Pengabdiannya bagi desa dan kedekatannya dengan masyarakat ini menjadi modal penting meraih dukungan.

Sejak 16 hari sebelum pemilihan, Trimin merekrut dua orang dari setiap dusun untuk menjadi koordinator perolehan suara. Sehari sebelum pemilihan, dia membuat 12 pos yang tersebar di enam dusun guna mengurangi kecurangan.

“Semua aman, memang ada yang sempat hendak menyebarkan amplop tetapi bisa diamankan warga sendiri,” kata Trimin, yang mengeluarkan Rp600 ribu per pos untuk konsumsi.

Dua program penting
“Saya tahu ada yang tidak suka dengan saya, tapi semua saya gandeng dan ajak bicara. Saya tidak menggunakan gereja demi dukungan, bahkan ada jemaat saya yang tidak mendukung. Ini demi pendidikan politik warga; memilih saya karena memang saya mampu, bukan yang lainnya,” kata Trimin.

Total biaya yang dikeluarkan Trimin untuk pendaftaran hingga kampanye adalah Rp43 juta. Dia merogoh kocek pribadi Rp15 juta, mendapat bantuan Rp5 juta dari Pemda, Rp4,5 juta dari kas desa, dan sisanya dari masyarakat.

Setelah terpilih, Trimin segera mengerjakan dua program penting. Pertama, membangun balai desa dengan uang kas desa dan hasil tanah bengkok (tanah garapan milik desa) seluas 600 hektare.

Kedua, melakukan sertifikasi tanah (225 bidang tanah sudah selesai sejauh ini). Ke depannya, Trimin ingin membangun ekonomi masyarakat dan pendidikan yang baik, salah satunya membangun jaringan internet di desa.

Apa yang terjadi di Rogomulyo menunjukkan, keberagaman di masyarakat Indonesia bisa terwujud. Kesadaran dan pendidikan warga menjadi kunci penting agar umat beragama, dan keragaman budaya, bisa hidup dalam satu wilayah dengan aman dan tenteram.

Menjual Sisir Di Biara Shaolin

Sebuah perusahaan membuat test terhadap tiga calon staf penjualnya.

Tesnya unik,
yaitu menjual sisir di komplek Biara Shaolin. Tentu saja, ini cukup unik karena para biksu ϑi sana semuanya gundul dan tak butuh sisir.

Kesulitan ini juga yang membuat calon pertama hanya mampu menjual satu sisir. Itupun karena belas kasihan seorang biksu yang iba melihatnya.

Tapi, tidak ϑengαn calon kedua.
Ia berhasil menjual sepuluh sisir, ia tidak menawarkan kepada para biksu, tetapi kpd para turis yang ada ϑi komplek itu, mengingat angin ϑi sana memang besar sehingga sering membuat rambut jadi awut-awutan.

Lalu bagaimana dgn calon ketiga?
Ia berhasil menjual 500 sisir !
Caranya?
Ia menemui kepala biara. Ia lalu meyakinkan jika sisir ini bisa jadi souvenir bagus untuk komplek biara tsb.

Kepala biara bisa membubuhkan tanda tangan ϑi atas sisir² tsb ϑαn menjadikannya souvenir para turis. Sang kepala biara pun setuju.

Apa yang sering orang anggap sebagai penghambat terbesar karier mereka ?

Bukankah banyak orang sering kali menyalahkan keadaan?
Ini yg membuat calon pertama gagal.

Sementara calon kedua, sudah berani berpikir ϑi luar kotak. Namun ia masih terpaku pada fungsi sisir yang hanya sbg alat merapikan rambut.

Tapi calon ketiga bukan hanya berani berpikir bahwa sisir bukan hanya alat merapikan rambut, melainkan bisa menjadi souvenir.

Kita tidak bisa mengatur situasi seperti yang kita kehendaki. Tapi, kita bisa mengerahkan segenap kekuatan kita untuk mencari solusi.

"Segenap kekuatan" bukan hanya terbatas otot atau semangat, tapi juga pikiran, ilmu, ϑαn kerja keras.

Pendek kata, kreativitas otak ϑαn upaya fisik. Itulah potensi dalam diri kita yang dapat dipergunakan...

Mulai sekarang ayo kita belajar gmn jadi penjual sisir yg ke 3.

Tdk ada yg namanya hambatan tapi bgmn kita harus berpikir.

Potong Dahan Kenyamanan -nya !

Suatu hari seorang Raja mendapat hadiah 2 ekor anak elang. Raja senang sekali & selalu memamerkan elangnya.

Lalu dia berpikir, akan bagus sekali jika elang ini dilatih untuk terbang tinggi. Tentu akan lebih indah lagi. Ia memanggil pelatih burung yang tersohor di negerinya untuk melatih 2 elang ini.

Setelah beberapa bulan, pelatih burung ini melapor kepada Raja. Seekor elang telah terbang tinggi & melayang2 di angkasa. Namun seekor lagi tidak beranjak dari pohonnya sejak hari pertama ia tiba.

Raja pun memanggil semua ahli hewan & para tabib sakti untuk memeriksa elang kesayangannya ini. Namun tidak ada yang berhasil untuk "menyembuhkan" & membuat elang ini terbang.

Berbagai usaha telah dilakukan elang ini tidak kunjung bergerak dari dahannya.

Kemudian Raja mendapat ide untuk memanggil orang yang biasa "melihat" elang.

Kemudian ia bertemu dengan petani yang sangat mengenal akan sifat elang & Raja meminta bantuan petani itu.

Keesokan harinya ketika Raja mengunjungi elang ini, ia kaget melihat elang ini sudah terbang tinggi.

Dengan penuh penasaran Raja bertanya kepada petani, apa yang ia lakukan. Petani menjawab, "saya hanya memotong cabang pohon yang selama ini dihinggapinya saja / DAHAN yang membuatnya NYAMAN".

Sahabatku, kita dilahirkan untuk sukses, kita ditakdirkan untuk terbang tinggi. Namun, ada yang memegang erat ketakutannya. Tidak mau melepaskan ketakutannya & tidak beranjak dari posisinya.

Atau kadang kita terlalu memegang zona nyaman kita, hingga kita takut & tidak mau melepaskannya, takut gagal, takut kecewa, takut capek, takut malu, dll.

Lepaskan segala ketakutan itu, lepaskan zona nyaman  itu, kenali diri Anda & tumbuhkan kekuatan & rasa percaya diri Anda. Maka Anda akan "terbang tinggi".

Tanpa kita sadari, Allah juga sesekali "Memotong" DAHAN KENYAMANAN kita, supaya iman kita bertumbuh & naik ke level yang lebih tinggi.

Sering kita perlu mendengar masukan & kritik dari orang lain, jangan menutup diri, itulah gunanya komunitas

Jangan Pernah Mau Menikah !

Sembilan Alasan Terburuk untuk Menikah

Ketika dua orang jatuh cinta, pernikahan jelas menjadi jawabannya. Namun jangan bodohi diri kita sendiri, karena banyak juga orang menikah bukan karena cinta. Jika Anda siap menikah namun sadar bahwa Anda masih bingung terhadap perasaan cinta, pertimbangkan lagi keputusan untuk menikah.

Anda layak mendapatkan kebahagiaan dalam hidup. Jika ada sedikit keraguan di kepala Anda, itu bisa menjadi pertanda bahwa Anda belum siap menikah. Berikut sembilan alasan mengapa Anda harus menunda pernikahan saat ini juga!

1. Untuk menyenangkan orangtua

Memang, orangtua akan merasa bahagia saat mengetahui bahwa ada seseorang yang akan menjaga Anda. Tapi mereka sebenarnya hanya menginginkan cucu.

2. Untuk membuktikan memiliki orientasi seks yang normal

Entah Anda mencoba untuk membuktikan orientasi seksual kepada diri sendiri atau orang lain, pernikahan bukanlah jawabannya.

3. Membantu teman yang kesulitan

Apakah harus kami ingatkan bahwa menikah untuk tujuan mengelabui proses imigrasi adalah tindakan kriminal? Pengorbanan yang sia-sia.

4. Anda hamil

Mengetahui bahwa Anda hamil adalah hal yang menakutkan. Apalagi jika Anda hamil saat masih melajang, maka itu akan lebih menakutkan. Terburu-buru menikah sebelum Anda siap, bisa membuat pernikahan Anda berakhir tragis. Biasakan diri dengan peran sebagai ibu sebelum siap memikul tanggung jawab dalam pernikahan.

5. Sudah terlalu lama berpacaran

Anda mengencani seorang pria dan hubungannya berjalan lancar. Dia mencintai Anda dan semuanya baik-baik saja. Apakah Anda harus terikat dan menikah? Jika Anda belum siap maka jangan lakukan.

6. Melunasi utang

Anda memiliki banyak utang  dan tidak bisa melunasinya. Sebelum Anda menikah dengan pria yang memiliki banyak uang, pahamilah bahwa kebahagiaan pribadi tidak bisa dibeli dengan uang.

7. Karena semua orang juga menikah

Jadi, semua orang yang pernah Anda temui sudah menikah dan Anda masih melajang. Hindari perasaan tertekan dan jadilah diri sendiri. Cinta akan datang saat waktunya tiba.

8. Mewujudkan pernikahan impian

Daya tarik dari pernikahan mewah memang tidak terelakkan, namun apakah itu harga yang pantas dibayar untuk kehidupan tanpa cinta? Silahkan tanya Kim Kardashian.

9. Ingin memiliki anak

Ya, pepatah bijak berbunyi, “Awalnya cinta bersemi, lalu menikah, dan akhirnya ada bayi,” namun mungkin Anda bukan tipe gadis konvensional seperti itu.

Wanita Peminum Darah

Wow, Wanita Ini Minum Darah Manusia Setiap Bulan

Mahluk penghisap darah biasanya hanya ada di film-film saja. Tetapi seorang perempuan asal Amerika Serikat memiliki kebiasaan yang aneh. Ia senang sekali minum darah manusia seperti vampire.  Bahkan setiap bulannya ia bisa menghabiskan 2 liter darah manusia agar tubuhnya menjadi sehat dan kuat.

Wanita yang bernama Julia Caples ini telah meminum darah manusia dua liter untuk setiap bulannya dengan menyedot darah dari punggung seseorang yang bersedia darahnya di minum.

“Ketika saya minum darah, maka saya merasa lebih kuat dan sehat,” ungkap Caples seperti dilansir Huffington Post.

“Saya tahu secara ilmiah tidak ada gizi dalam darah, tapi mungkin ada beberapa hal yang belum kita ketahui dalam khasiat darah,” terang perempuan berusia 45 tahun ini.

Sementara itu, rasa haus akan darah manusia tersebut ia rasakan sejak dirinya masih berusia 15 tahun. Ketika ia melakukan ciuman pertama dengan kekasihnya, ia menyadari dirinya memiliki keinginan untuk menggigit pacaranya.

“Itu adalah naluri alami saya dan saya menyukai rasanya. Saya baru saja mendapat dorongan untuk melakukannya dan benar-benar tidak bisa menjelaskannya. Sejak saat itu ia tidak pernah menciumku lagi,” tambahnya.

“Saya bertemu dengan beberapa donor secara online, tapi saya benar-benar harus bertemu mereka secara pribadi terlebih dahulu. Dan mereka harus mendapatkan tes darah untuk memastikan bahwa mereka tidak membawa penyakit, seperti AIDS atau HIV,” jelasnya.

Perempuan penyuka ghotik ini mengatakan, ia merasa dirinya terlihat lebih muda, meski ahli medis tidak merekomendasikan hal ini karena banyak risiko penyakit yang dapat ditularkan melalui darah.

Gereja Setan Indonesia

Saat setan jadi Tuhan

53 tahun lalu Anton Szandor La Vey mendirikan Gereja Setan bahkan terang-terangan beroperasi di Negara Bagian San Francisco, Amerika Serikat. Tak sekedar mendirikan sekte tanpa tujuan, La Vey membuat kitab The Satanic Bible pada 1969 sebagai panduan mereka yang jadi pengikut sekte ini.

Para penyembah Setan ini sebenarnya diketahui selama bertahun-tahun, tapi tak seorang pun muncul dan mengakui secara terbuka jika mereka pengikut satanisme. Selain mengarang kitab wajib sekte itu, La Vey dikenal pendeta hitam juga menulis buku rumusan pandangan-pandangannya mengenai Gereja Setan. Judul buku-buku itu menakutkan: Kitab Suci Setan, Upacara Satanis, Penyihir Satanis, Buku Catatan Setan, dan Setan Berbicara, demikian dilansir weareantichrist.com (2003).

Meski sudah meninggal pada 1997, diperkirakan Gereja Setan memiliki sekitar 10 ribu anggota menyebar di Amerika Utara. Sekte ini memang banyak menerima tuntutan hukum, namun kegiatan dan upacaranya terus berjalan. Mereka setia pada setan.

Simbol patung Setan atau raja iblis pun dibuat bahkan ada yang disimpan di katedral, salah satunya Notre Dame, di Ibu Kota Paris, Prancis berwujud seperti wajah manusia-binatang bertanduk dua dengan posisi bertopang dagu dan ada sayap dipunggung. Sudah banyak pemandangan film laris dunia memasukkan patung ini sebagai latar belakang dan inspirasi. Mulai dari Batman, Spiderman, hingga Si Bongkok dari Notre Dame, dan ribuan film horor.

Organisasi ini menyebut dirinya organisasi pertama di muka bumi dan di sepanjang sejarah secara terbuka menyatakan mengabdi dan menerima fitrah sejati manusia yaitu binatang jasmaniah hidup di dalam kosmos, lalu dimotivasi oleh kekuatan kegelapan yang dipanggil setan.

Gereja setan cepat menyebar di pelbagai negara tak terkecuali Indonesia. Meski belum ada pihak bisa membuktikan terang-terangan, namun disinyalir sebuah bangunan di Jalan Pasteur, Kota Bandung, jadi sarana ibadah mereka. Belum lagi ada di Kota Manado, Semarang, Jakarta, dan sebagainya.

Menurut kesaksian Mandy (bukan nama sebenarnya), pernah menjadi pengikut gereja setan di Jakarta lantaran sang ibu ternyata abdi setia. Dia mengatakan sebuah mal besar di kawasan Ibu Kota ternyata menjadi sarang para penganut setan. Bahkan saban bulan ada ritual khusus. "Itu sebabnya mal ini selalu mencari tumbal. Percayalah akan ada suatu kejadian nyawa menghilang saban tahunnya karena memang harus demikian," ujar Mandy.

Bayi Titisan Setan The Omen Lahir di Dunia

Bayi titisan setan muncul di Kolombia

Bayi laki-laki tidak disebutkan namanya asal Kolombia ini dipercaya memiliki ilmu hitam dan jiwa berasal dari setan. Ini lantaran si bayi sudah dapat berjalan dan membuat api meski baru lahir.

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, perempuan bernama Ana Feria Santos melahirkan bayi itu bulan lalu. Dia mengatakan keceriaan berubah menjadi ketakutan saat mengetahui bayinya memiliki tanda-tanda tidak normal.

Sontak kejadian ini membuat seluruh tetangganya takut dan percaya bayi ini merupakan titisan setan. Ana mengatakan bayinya itu sudah dapat berdiri dan berjalan dengan kedua kakinya saat usianya baru menginjak empat minggu.

"Dia jalan layaknya orang dewasa. Terkadang dia berjalan-jalan di luar, tertawa seperti orang dewasa, bersembunyi di bawah tempat tidur, koper, mesin cuci atau lemari pendingin, dan menatap dengan pandangan menakutkan" ujar Ana kepada Stasiun Radio RCN.

Tetangganya dari Kota Lorica, dekat Pesisir Karibia, mengatakan bayi ini dapat membuat api sebab telah dirasuki oleh roh setan. Bukti ini diyakini lantaran banyak bekas api terbakar di pakaian dan tempat bekas bayi ini duduki.

Alhasil, kejadian ini membuat banyak tetangga main hakim sendiri dengan menimpuki rumahnya. Mereka takut bayi ini dapat membawa bencana.

Namun, Institut Kesejahteraan Keluarga Kolombia, Kepolisian Nasional Kolombia, dan Pihak Gerja Katolik menegaskan membantah klaim menyebut bayi ini memiliki ilmu hitam. Bantahan lain juga datang dari sekelompok tim terdiri dari ahli kejiwaan, pekerja sosial, ahli gizi, dan pengacara meniliti kasus ini. Sumber tidak disebutkan identitasnya menyebut bayi ini justru mengalami kekerasan dengan ditemukannya bekas luka bakar di telapak tangan kiri si bayi.

"Orang tua bayi ini telah diperingatkan sementara kasus ini masih belum bisa dijelaskan," ujar sumber itu.

Peristiwa ini mengingatkan orang akan film keluaran 1976, Damien the Omen. Film ini menceritakan seorang anak luar biasa dapat melakukan apa saja lantaran titisan setan.

Negara Kediaman Para Jutawan

Orang kaya semakin kaya, demikian dikatakan lembaga konsultan The Boston Consulting Group dalam laporan berjudul "Maintaining Momentum in a Complex World: Global Wealth 2013".

Laporan itu menunjukkan, kekayaan rumah tangga global meningkat sebesar 7,8 persen pada 2012, menjadi $135,5 triliun (sekitar Rp1,32 kuintiliun). Itu merupakan lonjakan besar dari 2011, ketika angka kekayaan global itu naik 3,6 persen pascakrisis keuangan.

Di balik kenaikan itu terdapat kebangkitan kuat di pasar ekuitas dunia, yang menyumbang lebih dari biasanya dalam peningkatan kekayaan pribadi dan melambungnya peningkatan tabungan. Pertumbuhan terbesar adalah di wilayah Asia-Pasifik (kecuali Jepang), di tempat itu kekayaan pribadi naik 13,8 persen pada 2012, menjadi $28 triliun (Rp 274,4 kuadriliun).

Setelah Asia, kekayaan di Amerika Latin tumbuh 10,5 persen, menjadi $3,9 triliun (Rp38,2 kuadriliun). Timur Tengah dan Afrika meroket 9,1 persen menjadi $4,8 triliun (Rp 47,04 kuadriliun). Pertumbuhan yang kurang spektakuler terjadi di Eropa Barat (5,2 persen, menjadi $35,8 triliun atau Rp 350,9 kuadriliun) dan Amerika Utara (7,8 persen, menjadi $43 triliun atau Rp 421,4 kuadriliun).

Berikut adalah 15 potret dari negara-negara bagi para jutawan, disusun berdasarkan rumah tangga dengan penghasilan $1 juta atau lebih dalam aset sebagai cerminan dari seluruh rumah tangga di negara tersebut.

15. Belanda
Populasi: 16,8 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 2,6 persen

Resesi terus berlangsung di Belanda. Penerimaan pajak turun hampir 9 persen pada 2012 dan defisit anggaran terus meningkat. Namun, ada banyak jutawan tahun lalu, dengan 191.000 rumah tangga jutawan, menurut The Boston Consulting Group.

Surplus perdagangan dan peran negara sebagai pusat transportasi Eropa membantu menjaga sebagian besar dari mereka tetap berjaya. Warga negara Belanda yang terkaya, menurut Bloomberg Billionaires Index, adalah pewaris perusahaan bir Charlene de Carvalho-Heineken, yang menyimpan kekayaan lebih dari $10 miliar (Rp 98,01 triliun).

14. Jepang
Populasi: 127,3 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 2,6 persen

Pada 2012, Jepang merupakan negara dengan perekonomian terbesar keempat di dunia, setelah Amerika Serikat, Cina dan India. Pemerintah baru negara itu berfokus pada "Abenomics," setelah Perdana Menteri Shinzo Abe merestrukturisasi ekonomi dan mengurangi utang pemerintah, yang melebihi 200 persen dari produk domestik bruto.

Semua itu melambungkan saham pada 2012 dan sampai 2013, meskipun saham mengalami perbaikan dengan merosotnya Tokyo Price Stock Index sebesar 11 persen antara 22-30 Mei. Namun, Indeks melonjak lebih dari 31 persen selama tahun ini saja, hingga 30 Mei. Sulitnya keadaan ekonomi memangsa korban jiwa: Jumlah rumah tangga jutawan merosot menjadi 1,46 juta pada tahun lalu, dari sebelumnya 1,58 juta pada 2011, menurut The Boston Consulting Group.

Orang terkaya di Jepang adalah Tadashi Yanai, pendiri retail pakaian Uniqlo, yang hartanya bernilai $19 miliar (Rp 186,2 triliun) menurut data yang dikumpulkan oleh Bloomberg.

13. Kanada
Populasi: 34,5 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 2,8 persen

Kanada merupakan negara asing pemasok energi terbesar Amerika Serikat, termasuk minyak, gas, uranium dan tenaga listrik. Saat krisis finansial melanda, bank Kanada berada di antara yang paling sedikit terkena dampak, ketika sistem perbankan keluar dari krisis, bank-bank Kanada masuk dalam jajaran yang terkuat di dunia. Negara ini memiliki 373.000 rumah tangga jutawan pada 2012.

Warga negara terkaya adalah David Thomson. Ia menguasai 55 persen saham di Thomson Reuters yang bernilai $25,3 miliar (Rp 247,9 triliun), menurut Bloomberg Billionaires Index.

12. Belgia
Populasi: 10,4 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 3,2 persen

Investor sering khawatir Belgia sangat rentan terhadap pengaruh krisis zona euro. Mereka memiliki alasan kuat: Utang publik sekitar 100 persen dari produk domestik bruto. Perekonomian juga tidak berjalan dengan begitu baik. Pada Mei, IMF mencatat Belgia hampir tidak mengalami pertumbuhan sama sekali pada 2013 dan bahwa negara tersebut perlu meningkatkan ekspor.

Pada 2012 ada 149.000 rumah tangga jutawan di sini. Warga Belgia yang terkaya adalah Albert Baron Frère, konglomerat yang memiliki beragam saham perusahaan mulai dari minyak sampai media.

11. Oman
Populasi: 3,1 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 3,3 persen

Kesultanan Oman memiliki 17.000 rumah tangga senilai lebih dari $1 juta pada 2012. Dengan menurunnya cadangan minyak, mungkin sulit bagi para jutawan untuk bergantung pada kekayaan mereka. Sejauh ini, surplus minyak memungkinkan pemerintah untuk menjaga pertumbuhan subsidi sosial dan dalam sektor pekerjaan publik, meskipun sultan mengatakan hal tersebut tidak berkelanjutan.

Raja Oman, Qaboos bin Said al Said, dan keluarganya diyakini orang terkaya di negara itu.

10. Israel
Populasi: 7,7 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 3,8 persen

Israel memiliki sekitar 84.000 rumah tangga jutawan pada 2012, dan ada perkembangan bisnis yang pesat di sini untuk menjaga mereka tetap berjaya, mulai dari perusahaan teknologi yang sedang berkembang sampai pengeksploitasi ladang gas alam. Israel juga merupakan eksportir berlian dan produk pertanian yang besar.

Ekonomi Israel terus menguat, meski banyak orang Israel meyakini bahwa biaya kebutuhan hidup harus turun dan mereka juga tidak senang dengan rencana kenaikan pajak.

Itu mungkin salah satu alasan Idan Ofer, yang dianggap sebagai orang terkaya di Israel (meskipun saudaranya, Eyal, diyakini sama kayanya) pindah ke Inggris, yang ramah pajak bagi orang asing yang kaya. Dua bersaudara itu mewarisi kekayaan ayah mereka.

9. Uni Emirat Arab
Populasi: 5,47 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 4,0 persen

Dari tujuh anggota negara Teluk, tidak ada negara emirat yang dilanda krisis keuangan global seberat Dubai, pusat keuangan dan transportasi Timur Tengah. Negara itu berada di ambang kehancuran pada 2009 karena tekanan besarnya terhadap pasar properti mewah yang meledak.

Negara ini mencatat 60.000 rumah tangga jutawan pada tahun lalu, menurut laporan terbaru The Boston Consulting Group. Di antara penduduk terkaya adalah anggota keluarga al Ghurair, yang memegang saham di perbankan, pusat perbelanjaan, dan manufaktur.

8. Taiwan
Populasi: 23,3 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 4 persen

Taiwan memiliki 312.000 rumah tangga jutawan pada 2012. Pulau tersebut, yang ekonominya sangat bergantung pada ekspor elektronik, mesin dan petrokimia, sebagian besar sudah pulih dari resesi meskipun PDB melonjak hanya 1,3 persen pada 2012. Warga Taiwan terkaya adalah Tsai Wan-Tsai, yang menguasai emiten Fubon Financial Holding sepenuhnya.

7. Bahrain
Populasi: 1,28 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 4,9 persen

Setelah kemunduran ekonomi selama dua tahun terakhir, ekonomi Bahrain mulai pulih. Meskipun masih ada ketegangan antara mayoritas Syiah Bahrain dan elite pemerintah Sunni yang lebih kaya, lomba balap Formula One kembali berlangsung pada tahun ini setelah sebelumnya batal pada 2011. Bahrain memiliki 11.000 rumah tangga jutawan pada 2012.

Penduduk terkaya di negara itu adalah keluarga kerajaan, dipimpin oleh Raja Hamad bin Isa al Khalifa.
 
6. Amerika Serikat

Populasi: 316,6 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 4,9 persen

AS mencatat jumlah terbesar rumah tangga jutawan pada 2012: 5,87 juta, naik dari sebelumnya 5,1 juta pada 2011. Pada Desember 2012, bank sentral Amerika Serikat mengumumkan bahwa mereka akan menopang perekonomian dengan membeli hipotek sebesar $85 miliar (sekitar Rp833,1 triliun) per bulan dan sekuritas Treasury untuk menekan suku bunga jangka panjang dan menjaga suku bunga jangka pendek mendekati nol. Orang Amerika (sekaligus dunia) terkaya adalah Bill Gates, pendiri Microsoft, dengan kekayaan sekitar $72,5 miliar (sekitar Rp710,6 triliun), naik dari $60 miliar (sekitar Rp588,1 triliun) pada Mei 2012.

5. Singapura
Populasi: 5,46 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 8,2 persen

Singapura menjadi kediaman 98.000 rumah tangga jutawan pada 2012, jumlah yang cukup besar untuk sebuah negara berpenduduk hanya 5 juta. Singapura, yang mungkin tidak terlalu berbeda dari AS, mungkin sedikit terobsesi dengan jutawan; di bandara Changi, promosi “Be a Changi Millionaire"  berlangsung setiap tahun sejak 2010.

Pergilah ke sana untuk berbelanja dan Anda mungkin memenangkan hadiah sebesar $1 juta (sekitar Rp7,8 miliar). Sebagian besar kekayaan yang dihasilkan di Singapura berasal dari peran negara itu sebagai salah satu pusat terbesar bagi perbankan luar negeri dan perkembangannya yang terus menonjol sebagai penghubung berteknologi tinggi.

4. Hongkong

Populasi: 7,2 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 9,4 persen

Mantan jajahan Inggris ini, bersama dengan Singapura, merupakan salah satu penghubung internasional di Asia Timur untuk urusan keuangan, perdagangan, properti mewah, dan transportasi. Pertumbuhan ekonomi Hongkong melambat menjadi kurang dari 2 persen pada 2012 setelah tumbuh 5 persen pada 2011. Inflasi naik 4,1 persen.

Meskipun begitu, Hongkong merupakan kediaman bagi miliarder dengan jumlah yang terbesar, serta 231.000 rumah tangga jutawan. Orang terkaya di Hongkong — dan di Asia — adalah Li Ka-Shing. Nilai kekayaannya hampir $28 miliar (sekitar Rp274,4 triliun) menurut Bloomberg Billionaires Index. Ia mengawasi diversifikasi konglomerat Hutchison Whampoa dan perusahaan properti mewah Cheung Kong Holding.

3.Kuwait
Populasi: 2,7 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 11,5 persen

Kuwait memiliki sekitar 7 persen cadangan minyak dunia, dan ekspor minyak mencapai sekitar 95 persen dari pendapatan ekspor. Pemerintah mengumumkan pada 2010 bahwa mereka akan menghabiskan $130 miliar (Rp1,27 kuadriliun) selama lima tahun ke depan untuk menggerakkan perekonomian agar tidak tergantung pada minyak.

Di saat yang bersamaan, negara itu juga telah menganggarkan peningkatan pendapatan sebesar 20 persen, yang menyebabkan pengeluaran yang lebih tinggi seperti kenaikan upah untuk karyawan sektor publik. Kuwait merupakan kediaman bagi 63.000 rumah tangga jutawan pada 2012. Orang terkaya di Kuwait di antaranya adalah keluarga Alghanim dan al Kharafi.

2. Swiss
Populasi: 8 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 11,6 persen

Krisis fiskal Eropa memengaruhi negara Alpine itu: Pertumbuhan PDB melambat menjadi 0,8 persen pada 2012, dari sebelumnya 1,9 persen pada 2011. Swiss juga menghadapi tekanan dari Uni Eropa dan Amerika Serikat untuk mereformasi undang-undang kerahasiaan perbankan, dan pemerintah Swiss sedang mempertimbangkan pemberlakuan pajak atas deposito bank yang dimiliki oleh orang asing.

Ada 395.000 rumah tangga jutawan di sini pada tahun lalu. Orang terkaya Swiss, dengan kekayaan senilai $14,6 miliar (Rp143,1 triliun), adalah miliarder kelahiran Italia Ernesto Bertarelli.

1. Qatar
Populasi: 2 juta
Persentase rumah tangga jutawan: 14,3 persen

Minyak dan gas menyumbang lebih dari 50 persen PDB dan memberikan Qatar pendapatan per kapita tertinggi di dunia, serta membuatnya menjadi negara dengan tingkat pengangguran terendah.

Qatar membuka bandara baru pada tahun ini, dengan kapasitas penumpang tahunan sebesar 24 juta, dan akan menjadi tuan rumah Piala Dunia FIFA 2022 — perhelatan yang akan membantu mempercepat proyek-proyek infrastruktur seperti sistem metro.

Ada 50.000 rumah tangga jutawan di sini pada 2012, menurut The Boston Consulting Group. Sheikh Hamad bin Khalifa al Thani, pemerintah Qatar, adalah penduduk terkaya.

Ada Setan Di Vatikan !!!

Setan Gentayangan di Vatikan

VATIKAN— Setan bersembunyi tepat di jantung Gereja Katolik Roma, kata kepala pengusir setan Vatikan. Pater Gabriele Amorth mengatakan, orang-orang yang kerasukan setan memuntahkan pecahan kaca dan potongan besi.

Dia menambahkan, serangan terhadap Paus Benediktus XVI pada malam Natal lalu oleh seorang perempuan yang mengalami ketidakstabilan mental dan skandal pelecehan seks yang menyelimuti Gereja Katolik di AS, Irlandia, Jerman, dan sejumlah negara lain merupakan bukti bahwa setan sedang mengadakan perang melawan Takhta Suci.

"Setan tinggal di Vatikan dan Anda dapat melihat akibatnya," kata Pater Amorth (85), yang telah menjadi kepala pengusir setan Takhta Suci selama 25 tahun. "Dia bisa saja tetap bersembunyi, atau berbicara dalam bahasa yang berbeda, atau bahkan tampak simpatik. Kadang dia membuat saya senang. Namun, saya seorang manusia yang bahagia dengan pekerjaan saya."

Meski masih ada "penolakan dan ketidakpercayaan" terhadap konsep pengusiran setan di antara sejumlah orang Katolik, Paus Benediktus XVI, menurut Pater Amorth, tidak memiliki keraguan semacam itu. "Bapa Suci percaya sepenuhnya pada praktik pengusiran setan. Dia mendorong dan memuji kerja kami," katanya sebagaimana dilansir Telegraph, Kamis.

Pengaruh jahat setan sangat jelas dalam hierarki Gereja Katolik, kata Pater Amorth, dengan adanya kardinal-kardinal yang tidak percaya kepada Yesus.

Dalam gambaran yang sangat jarang tentang dunia pengusiran setan, pastor asal Italia itu kepada harian La Republica mengatakan bahwa film tahun 1973, The Exorcist, memberikan satu lukisan yang secara substansial tepat tentang orang yang kerasukan setan. Orang yang kerasukan setan kadang-kadang harus dikendalikan oleh setengah lusin orang ketika setan dalam diri mereka diusir. Kata dia, mereka dapat berteriak, mengucapkan hujatan, dan meludahkan benda-benda tajam.

"Dari mulut mereka, apa pun dapat keluar, potongan-potongan besi sepanjang jari tangan, tapi bisa juga kelopak mawar," kata Pater Amorth, yang menyatakan telah melakukan 70.000 kali pengusiran setan. "Ketika orang yang kerasukan mulai mengiler dan butuh dibersihkan, saya juga melakukan hal itu. Melihat orang muntah tidak masalah bagi saya. Pengusir setan memiliki satu tugas penting, membebaskan manusia dari ketakutan akan setan."

Percobaan pembunuhan terhadap Paus Yohanes Paulus II oleh seorang pria Turki tahun 1981 dan pengungkapan baru-baru ini tentang "kekerasan dan paedofilia" yang dilakukan sejumlah pastor Katolik terhadap anak-anak yang berada dalam perlindungan mereka juga merupakan kerja setan, kata Pater Amorth, yang telah menulis sebuah buku tentang pekerjaannya, Memoirs of an Exorcist, yang baru saja diterbitkan. Pater Amorth, yang menjadi Presiden Asosiasi Pengusir Setan dan
berjuang sebagai partisan pada masa perang, sebelumnya telah menyatakan bahwa Hitler dan Stalin telah dirasuki setan. Dalam sebuah wawancara dengan Radio Vatikan tahun 2006, dia mengatakan, "Tentu saja setan ada dan dia tidak hanya merasuki satu orang, tetapi juga sekelompok orang dan seluruh populasi."

"Saya yakin bahwa orang-orang Nazi semuanya kerasukan. Yang harus Anda lakukan adalah berpikir tentang apa yang Hitler dan Stalin lakukan."

Dia juga mencela buku-buku Harry Potter yang dia nilai berbahaya karena buku-buku itu mencoba-coba kekuatan gaib dan gagal menarik batas yang tegas antara the Satanic art ilmu hitam dan kebajikan ilmu sihir putih (white magic).

Lowongan Kerja! Urgent! The Exorcist

Dicari, Pria Baik-baik untuk Usir Setan

WASHINGTON — Dicari, sejumlah pria baik-baik untuk mengusir setan. Kewalahan dengan permintaan untuk mengusir setan, para uskup Geraja Katolik Roma di AS menyelenggarakan sebuah lokakarya-pelatihan khusus di Baltimore, akhir pekan ini. Lokakarya itu bertujuan mengajarkan para imam mengenai ritus pengusiran roh jahat, lapor Katolik News Service seperti dikutip Reuters.

Sebanyak 56 uskup dan 66 imam terdaftar untuk mengikuti lokakarya selama dua hari. Mereka berusaha untuk meningkatkan jumlah kelompok kecil pengusir setan yang hanya terdiri dari lima atau enam orang di gereja Amerika saat ini. "Kelompok kecil para imam inilah yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan permintaan dari semua wilayah AS," kata Uskup Thomas Paprocki dari Springfield, Illinois, sebagaimana dikutip.

"Mestinya, masing-masing keuskupan memiliki pengusir setan sendiri," tambahnya. Paprocki tidak mengatakan, mengapa ada peningkatan permintaan pengusiran setan, sesuatu yang menurutnya telah sangat jarang dilakukan.

Upacara pengusiran setan yang dianggap serius oleh Gereja Katholik sempat menjadi topik film horor Hollywood. Yang paling menonjol adalah film The Exorcist tahun 1973. Namun, hal itu justru dianggap banyak orang sebagai takhayul yang hanya memberi sensasi deg-degan pada suatu festival seperti Halloween.

Hukum Kanonik Gereja Katolik mengatur bahwa hanya imam terlatih yang dapat melakukan ritual pengusiran setan dan harus berdasarkan izin dari uskup mereka. Tanda-tanda seseorang mungkin telah kerasukan setan meliputi aktivitas menggaruk, memotong, dan menggigit kulit; menampilkan kekuatan yang hebat, serta bereaksi sangat kuat atau kasar terhadap air yang sudah diberkati.

Remaja 15 Tahun Jadi Pengusaha Sandal Jepit Sukses

Ia baru mendirikan bisnisnya dua tahun lalu, namun seorang remaja asal Houston Madison Robinson hingga kini belum pernah merasa kesulitan seperti layaknya wirausaha baru lainnya.

Setiap pembeli yang ia dekati selalu memesan merek sandalnya: Fish Flops for Kids.

Madison mendapat ide sandal bergambar makhluk laut dengan cahaya yang berkelap-kelip yang dioperasikan dengan baterai saat ia masih berusia 8 tahun, saat tinggal di pantai Galveston Island, Texas.

Ayah Madison, Dan, adalah seorang mantan bankir yang beralih profesi menjadi perancang T-shirt. Ia membantu Madison mengubah gambar rancangan yang telah ia buat menjadi produk jadi dan membuat sampel produk.

Lebih dari 30 toko memesan produk itu saat pertama kali ditampilkan di pameran perdagangan, sehingga Dan bekerja sama dengan sebuah pabrik di luar negeri dan mulai mendistribusikannya pada Mei 2011.

Diluncurkan dengan dana dari “teman dan keluarga”, usaha tersebut semakin menguntungkan, ujar Dan. Sandal tersebut kini dijual online, di berbagai retail butik dan di 60 toko Nordstorm di seluruh negeri dengan harga berkisar antara $20 (Rp195 ribu) sepasang.

Mereka juga akan segera merilis situs FlipFlopShops.com, dan para pembeli Macy’s di New York baru-baru ini meminta Madison merancang sebuah produk untuk wanita dewasa.

Lebih dari 60 ribu pasang sandal telah terjual pada 2012, sehingga berhasil mendatangkan pendapatan sebesar $1,2 juta (Rp11,7 miliar). Dan Robinson mengatakan bahwa putrinya, yang akan lulus dari kelas 9, telah menyisihkan cukup keuntungannya untuk biaya kuliahnya nanti.

Madison yang masih berusia 15 tahun  menggambar semua rancangan sandalnya dan memilih kombinasi warnanya secara digital, namun ia juga belajar bagaimana mengirim produk, menyimpan stok barang, menjelaskan harga yang ia patok, membawakan produknya di pameran dan meningkatkan penjualan.

Ia juga telah menguasai pemasaran via media sosial. Melalui akun Twitter @FishFlops ia berhasil membuat putri dari pembawa acara Entertainment Tonight, Nancy O’Dell memakai produk sandalnya, dan berhasil menarik perhatian tokoh kebugaran HSN Tony Little.

Tetapi untuk masuk ke Nordstrom, Madison menggunakan teknik penjualan kuno. "Saya menulis surat kepada pembeli," katanya kepada reporter Houston Fox.

Di Teen Choice Awards 2011, ia berhasil membuat para selebritas untuk menandatangani 300 pasang Fish Flops untuk para pasien di rumah sakit anak di Texas. Dan dengan menyumbang 10 ribu pasang Fish Flops untuk anak yatim piatu dan mendukung Texas Parks & Wildlife’s K-12 State Fish Art Contest, ia berhasil memiliki citra yang baik di media.

Fish Flops, menurut Madison, sangat kokoh dan dibuat tanpa membuat lubang di sol sehingga tali tidak mudah putus seperti halnya pada sandal jepit pada umumnya.

Pengalaman juga telah mengasah kemampuannya untuk berbicara di depan umum. Semua praktik yang ia lalui dengan tampil menjelaskan produknya di pameran industri dan membuat presentasi kepada para pembeli pusat perbelanjaan yang sulit ditaklukan, "membuatnya lebih mudah untuk tampil di kelas dan berbicara," ujarnya.

Madison menunggu untuk membelanjakan uang hasil keuntungannya. "Ayah saya tidak akan membiarkan saya menyentuh uang itu," katanya. "Ini untuk kuliah."

Gebrakan apa yang akan dilakukan pendiri Fish Flops selanjutnya? Setelah libur musim panas ia berharap untuk bisa mengambil kelas bisnis dan keuangan di kelas 10. Ia juga berencana untuk belajar bisnis di perguruan tinggi. “Nantinya, saya ingin melakukan sesuatu sendiri,” ujarnya.

Apakah anak jenius lebih baik keluar sekolah?

Mungkin benar para jenius teknologi tak butuh gelar sarjana. Toh Bill Gates, Steve Jobs, dan Mark Zuckerberg semuanya tak lulus kuliah.

Namun kini David Karp malah tak punya ijazah SMA. Karp, 26, mendirikan Tumblr, forum blogging online yang dijual ke Yahoo dengan harga $1,1 miliar (Rp10,7 triliun).

Kesuksesan Karp pun memunculkan pertanyaan: apakah kita bisa membiarkan anak jenius drop out dari sekolah?

Beberapa orang di Lembah Silikon mengatakan bahwa pendidikan tradisional tak bisa memenuhi kebutuhan anak-anak dengan talenta luar biasa. Sementara Vivek Wadhwa, pengajar di Stanford Law School yang mengajar dan memberi nasihat untuk perusahaan startup, mengatakan, keluar dari sekolah untuk mengejar mimpi itu sama halnya dengan membeli lotere. "Itulah peluang Anda. Seringnya, Anda akan jadi pengangguran. Untuk setiap kesuksesan, ada 100 ribu kegagalan."

Tapi bagaimana dengan anak-anak yang sangat pandai dalam pemrograman komputer sampai sekolah pun tak bisa mengajari apa yang seharusnya mereka ketahui? "Itulah gunanya magang; itulah gunanya kegiatan ekstrakurikuler," kata Wadhwa, yang sudah mendirikan dua perusahaan.

Karp, dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press pada Senin, berharap remaja-remaja lain tak menjadikan kesuksesannya sebagai alasan untuk keluar dari sekolah. "Itu bukan jalur yang akan saya rekomendasikan pada anak-anak di luar sana," kata dia. "Saya berada di posisi unik saat itu, mengetahui sepenuhnya apa yang ingin saya lakukan sementara pendidikan ilmu komputer di SMA di New York City tak terlalu baik."

Ibu Karp memberi dia pilihan untuk bersekolah di rumah pada usia 14 setelah menyelesaikan tahun pertamanya di Bronx High School of Science, sebuah sekolah negeri elite di New York City yang hanya menerima murid-murid dengan skor tinggi di ujian masuk nan sulit. Karp mengambil kelas-kelas bahasa Jepang dan punya tutor matematika sambil magang di perusahaan produksi animasi. Namun pada usia 16, dia sudah bekerja untuk sebuah situs dan siap menjadi entrepreneur teknologi.

Karp tak pernah mendapat ijazah SMA-nya. Ibu Karp mengatakan dia mengizinkan anaknya keluar sekolah karena sadar "(David) butuh waktunya dalam sehari untuk bisa membuat sesuatu."

Penny Mills dari Hudson, Mass., pun membiarkan anaknya, Thomas Sohmers, 17, keluar dari kelas 11 tahun ini. "Saya melihat apa yang dia kerjakan di sekolah banyak yang tak relevan dengan apa yang mau dia pelajari," katanya. "Dia selalu ingin belajar lebih banyak daripada yang diajarkan sekolah. Kadang-kadang bisa membuat frustrasi. Saya beruntung menemukan orang-orang yang bisa mengajarkan dia lebih banyak, tapi dia sudah jauh melewati apa yang bisa diberikan oleh sekolah."

Thomas sudah bekerja di sebuah lab riset di Massachusetts Institute of Technology yang bergengsi sejak usia 13. Ia turut mengembangkan proyek-proyek dari kacama augmented reality sampai sistem komunikasi laser. Dia baru saja memenangkan Thiel Fellowship yang memberi penghargaan $100 ribu (Rp973 juta) untuk 20 orang di bawah usia 20 supaya mereka tak perlu kuliah agar bisa berfokus pada penelitian atau mengejar mimpi mereka, baik itu proyek teknologi, bisnis, atau nirlaba. Namun ibu Thomas mengatakan dia tetap akan mengizinkan anaknya keluar sekolah meski tak menang penghargaan tersebut.

"Yang membuat saya khawatir adalah ada banyak Thomas-Thomas lain di luar sana dan kebutuhan mereka tak terpenuhi," kata Mills.

Menurut Thomas, dia sedih harus berpisah dengan teman-teman sebayanya, namun dia tak sabar dengan masa depan. Dan dia merasakan sebuah dilema akan tahun terakhirnya di sekolah. "Saya punya guru-guru yang luar biasa dan hebat yang benar-benar punya semangat mengajar, tapi kini sebagian besar yang ada di sekolah adalah mengajar untuk ikut ujian," kata dia. "Benar-benar sedih. Kami tak belajar hal-hal yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah -- kami hanya belajar menjawab pertanyaan ini yang akan muncul di ujian."

Susan Bartell, psikolog di Port Washington, New York yang bekerja untuk remaja serta keluarga mereka mengatakan bahwa dia sering bertemu orangtua yang yakin anak-anaknya jenius luar biasa. Namun dia mengingatkan bahwa "perkecualian yang sangat jarang terjadi, drop out berbuah kesuksesan." Dalam kasus Karp, "memang berhasil, tapi jauh lebih sering tak berhasil -- bahkan ketika seorang anak sangat jenius. Sekolah bukan hanya soal akademik, dan dalam beberapa kasus, bahkan anak paling pintar pun butuh bersosialisasi."

Tak semua pebisnis muda mengikuti rute Karp. Awal tahun ini, Nick D'Aloisio, remaja usia 17 tahun dari London yang aplikasi buatannya dibeli Yahoo senilai $30 juta (Rp292 miliar) memutuskan untuk tetap bersekolah.

Namun ada juga individu sukses lain yang tak punya ijazah SMA, dari rapper terkenal Jay-Z sampai miliarder Richard Branson.

Komunitas teknologi mungkin berbeda dari industri. Ijazah tak dilihat sebagai tanda pencapaian dan programmer lebih dinilai dari kemampuan mereka membuat kode. Anda adalah apa yang Anda buat.

Yang juga membedakan bidang mereka adalah pemrograman komputer tak diajarkan di tingkat SMA, dan bahkan ketika diajarkan pun murid yang paling berbakat akan merasa kurikulum itu tak relevan buat mereka atau malah lebih jago, kata Danielle Strachman, direktur program Thiel Fellowship. "Mereka ingin kebebasan belajar dalam waktu mereka sendiri."

Strachman juga menekankan bahwa, hanya karena seseorang keluar dari sekolah tak berarti mereka berhenti belajar. Program Thiel tak hanya menyediakan pendanaan, tapi juga komunitas rekan-rekan dan mentor untuk membantu penerima beasiswa mencapai mimpi mereka. Dan mereka selalu bisa kembali mengejar gelar atau ijazah saat program beasiswa selesai.

Tujuan ini pula yang ingin dikejar Karp meski dia sudah kaya raya. "Saya harap saya punya kesempatan untuk kembali ke sekolah," katanya, "dan belajar sesuatu yang benar-benar berbeda."

Cara Membuat Startup Menurut Bill Gross

Bill Gross adalah seorang “penemu” yang sangat dihormati di dunia internet dan teknologi, di Indonesia memang tidak banyak media yang pernah mengulasnya, tetapi track recordnya menciptakan 100 perusahaan, terlibat dalam 300 kali proses pendanaan dan 35 kali exit/IPO tidak bisa diabaikan.

Tahun 1973 pada saat krisis energy, Bill Gross keluar dari sekolah literatur Inggris untuk membuat sebuah mesin yang dianggap aneh oleh teman-temannya.  Teman-temannya berpikir bahwa dia membuat bong untuk menyedot ganja, tetapi yang dia buat adalah parabolic contentrator yang bisa mengubah solar power menjadi energy listrik.

Gross juga sering ke perpustakaan kampus untuk belajar bagaimana membuat bisnis mail-order dan bisnis perangkat solar energi matahari.

Dia menjual 10.000 rencana penemuan dengan harga $4 untuk 1 rencana. Gross adalah orang yang sangat mengidolakan Thomas Alva Edison. Mereka memiliki passion yang sama untuk membuat penemuan yang banyak dan menghasilkan uang dari penemuannya. Sebelum umur 30, Gross banyak membuat ide bisnis seperti software untuk akunting, software edukasi untuk anak, dan banyak lainnya. Banyak perusahaan-perusahaan tersebut laku dijual.

Hal yang terbaik yang dimiliki Gross adalah ide. Namun, seiring dengan banyaknya ide yang dimiliki dan sedikitnya waktu untuk membuatnya menjadi kenyataan membuat dia frustasi. Pada tahun 1996 dia membuat sebuah incubator “Idealab” tempat di mana idenya bisa di kembangkan dan di-maintain.

Majalah Forbes mengatakan bahwa Bill Gross adalah mad scientist dengan jiwa seorang entrepreneur, karena dia bisa melihat ide dan mewujudkannya dari nol untuk membuatnya menjadi sesuatu.

    Banyak sekali permasalahan yang membutuhkan jalan keluar. Carilah satu masalah dan coba pecahkan sesuai dengan passion Anda dan teruslah berkomitmen dengan itu.

Berikut adalah 10 hal yang Anda bisa pelajari dari perjalanan hidup seorang Bill Gross :

1.Selesaikan sebuah masalah. Ide Bill Gross datang dari keinginannya sendiri, di mana dia tidak bisa mendapatkan apa yang dia mau. Cobalah untuk memiliki passion dan keinginan untuk menyelesaikan masalah yang Anda hadapi. Mungkin saja Anda bisa mendapatkan profit dari itu.
   
2.Buatlah Team dengan Skill yang saling melengkapi. Dari 100 perusahaan yang dia buat, beberapa yang sukses  memiliki team yang solid dan saling melengkapi. Menurutnya ada 4 type skill yang saling melengkapi. The entrepreneur adalah orang yang berpikir jauh ke depan dan bisa menemukan sesuatu. The Producer membuat produk yang bisa dijual. The Administrator adalah orang yang mengorganisasikan sistem dan memastikan order dipenuhi dan tagihan dibayar. The Integrator adalah orang yang mengetahui ketiga type lainnya dan membantu mereka tetap seirama. Team yang seperti ini mungkin hanya memiliki ide yang biasa, tetapi bisa membuat hasil yang mengejutkan. Tanpa kehadiran salah satu dari team di atas maka perusahaan itu akan hancur atau stagnan.
   
3.Beranilah mengambil resiko. Banyak orang takut mengambil resiko, tetapi bisnis adalah resiko itu sendiri. Di amerika banyak perusahaan yang menghukum karywannya (baca : Memecat) jika salah mengambil kebijakan dan merugikan perusahaan. Di Idealab tidak begitu. Orang tersebut akan dipindahkan ke tempat lain, dan mungkin saja dia bisa memberikan profit yang banyak.
   
4.Lawan Arus. Jika Anda melawan arus tanpa memiliki keyakinan dan ide yang baik, mungkin itu sama dengan bunuh diri. Yang dimaksud di sini adalah jika Anda punya ide yang solid, itu bisa menjadi sesuatu yang bagus. Jika semua orang berpikir ide Anda buruk, pastinya mereka tidak akan menjadi kompetitor Anda. Di tahun 1998, Bill Gross membuat situs pembelian traffic online. Modal yang dikeluarkan sebesar $5million. Pada tahun-tahun awal Bill Gross tentu tidak tahu apakah idenya bisa untung atau tidak. Bahkan Wall Street Journal menyorot habis idenya. Kemudian ide tersebut berkembang menjadi goto.com dan berhasil menandatangani deal dengan microsoft, AOL, dan Yahoo. 5 tahun kemudian situs ini dimiliki oleh yahoo dan di-rebranding menjadi OVERTURE, dengan harga $1,6billion. Situs tersebut telah mengubah industri pay per click online, walaupun awalnya ide itu disorot banyak pihak. (Jika Anda tahu Google memiliki fitur Adwords, Overture adalah “adwords” nya Yahoo)
   
5.Stealth is overrated. Mungkin agak sulit untuk berbicara tentang ide Anda di depan orang lain, khawatir ide Anda diambil oleh orang lain, tetapi membicarakannya di depan orang adalah hal yang baik agar bisa mendapatkan feedback dari orang tersebut. Mungkin saja Anda bisa mempengaruhi orang lain dengan ide tersebut, dan mungkin saja Anda bisa merekrut orang-orang hebat yang mau bekerja untuk ide itu. Bill Gross dahulu tidak mengetahui bahwa pay per click sekarang ini memiliki pasar yang sangat besar (hampir $200billion) dan gagal untuk mematenkan payperclick. Namun, dia berhasil untuk mematenkan hal yang lebih kecil dan bisa dijual ke google seharga $350million. Harga yang besar untuk sebuah paten di bidang teknologi.

6.Lakukan test sebelum meng-invent sesuatu. Cobalah untuk melakukan test ide Anda pada pasar yang nyata. Ide Anda ada di perbatasan antara sukses dan tidak jika Anda tidak mencoba melempar ke market. Jangan menghabiskan sumber daya dan uang yang banyak sebelum ide Anda diterima pasar. Di tahun 1998 pada saat orang masih ragu untuk memasukkan data credit card di internet,  Bill Gross memiliki ide hebat dengan menjual mobil di internet.   Orang banyak yang mengatakan, dia gila karena membuat Carsdirect, situs pembelian mobil online. Namun, karena dia yakin, ide itu dijalankan. Keesokan harinya setelah situs itu live, 4 mobil terjual. Gross pun membeli mobil dari dealer dan mengirimkannya ke costumer yang membeli. Gross membuktikan bahwa ide gila itu bisa benar-benar berhasil jika sudah dilakukan test ke market yang real. Cobalah untuk melakukan tes ide Anda ke pasar, jika premis tersebut benar maka buatlah infrastruktur yang lebih besar untuk menunjang bisnis tersebut.
  
7. Jadilah 10x lebih baik dari kompetitor Anda. Costumer tidak ingin mengganti produk yang biasa mereka pakai dengan produk yang 10% lebih baik. Mereka akan pindah jika Anda bisa membuat yang “super” dari yang ada di pasaran. Maka dari itu dibutuhkan 10x lebih baik dari kompetitor Anda jika Anda ingin mengambil costumer dari kompetitor Anda. Sebelum Anda memulai bisnis coba pikirkan, apakah fundamental dari produk saya sudah berbeda dengan yang ada di luar sana ? atau apakah ide saya ini bisa di replika ? Anda bisa mengalahkan kompetitor Anda dengan paten, seperti Apple dengan iPad nya. Atau dengan cara mengalahkan mereka hingga mereka harus merubah ulang struktur mereka hingga mereka tidak bisa menyaingi Anda.
   
8.Tetaplah survive hingga Anda bisa mendapatkan market Anda. Jika Anda punya ide yang jauh melebihi masa Anda, Anda harus tetap survive hingga produk Anda bisa diterima pasar. Ini juga termasuk untuk menyimpan uang Anda, tumbuh secara perlahan dan mengorbankan beberapa hal yang kurang penting sampai produk yang Anda jual profitable. Gross memiliki pengalaman yang pahit mengenai hal ini. Pada tahun 1997, Etoys, situs mainan online, mendapatkan keuntungan $1 million di musim natal dan $35million 2 tahun kemudian. Etoys sangat diminati pada saat itu, dan memproyeksikan revenue $300 million pada natal tahun depan. Gross membuat warehouse untuk mempersiapkannya. Namun, proyeksi itu meleset setengahnya. Walaupun pemasukan tetap baik dibandingkan tahun sebelumnya, tetapi Gross telah membuat gudang yang terlalu besar sehingga ia kehabisan modal. Perusahaan kolaps bukan karena ada yang salah dalam rencana, tetapi lebih karena salah perhitungan dengan membuat gudang dan salah men-scale bisnis. Hal yang bisa dipelajari adalah, kesuksesan bukanlah tentang berapa banyak pekerja Anda atau berapa banyak budget marketing Anda, tetapi lebih ke penyekalaan bisnis yang benar sehingga market bisa menerima produk Anda lebih baik.
   
9.Jangan Perlakukan Investor Anda sebagai ATM. Pada masa muda Gross berpikir bahwa memberikan sebagian saham perusahaan kepada Investor adalah kesalahan besar. Namun, dia akhirnya sadar bahwa saham yang di share kepada para investor terbayar dengan koneksi dan pengalaman mereka. Mereka mengenalkan Gross dengan retail stores, selebriti dan perusahaan media yang tidak mungkin bisa ia dapatkan tanpa adanya koneksi dengan investor.
   
10.Sumbanglah sebagian keuntungan Anda. Keajaiban datang jika Anda memberikan karyawan Anda sebagian dari keuntungan Anda. Pada saat perusahaan untung maka mereka bisa menikmati sebagian dari keuntungan. Hal ini bisa meningkatkan performa perusahaan dan teamwork serta rasa memiliki. Di tahun 2010, pada saat idelab mendapatkan keuntungan yang besar, Gross memutuskan untuk membagikan sebagian keuntungan kepada karyawan. Dia mengumpulkan karyawan dan membagikan amplop yang berisi uang. Banyak dari mereka yang menangis haru. Dividen yang dibagikan memang cukup besar, mereka bisa membeli mobil baru, membiayai kuliah anak-anak mereka, dan memperbaiki kehidupan mereka. Hal ini membuat idealab menjadi keluarga kedua mereka. Anda tidak dapat meremehkan kekuatan berbagi.

Popular Posts