728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Pengusaha - Pengusaha Terkaya Taiwan

    5 Orang Terkaya di Taiwan Berharta Rp 499,1 T, Jual iPhone Hingga Snack

    Jakarta - Kompetisi bisnis antara China daratan dan Taiwan terus terjadi dengan ketat. Dari harta kekayaan, jumlah harta orang terkaya di Taiwan turun sepanjang tahun lalu.

    Dilansir dari Forbes, ada 23 miliuner yang hartanya turun sepanjang tahun lalu.

    Siapa saja orang terkaya di Taiwan sekarang? Simak daftar 5 terbesarnya seperti dikutip dari Forbes, yang total hartanya Rp 499,1 triliun.

    5. Keluarga Tsai

    Keluarga yang bergerak di usaha jasa keuangan ini menjadi orang terkaya nomor 5 di Taiwan dengan harta US$ 5,9 miliar, atau sekitar Rp 76,7 trilun.

    Perusahaan dipimpin oleh kakak tertua, yaitu Hong-tu. Tahun lalu, perusahaan yang mereka miliki, yaitu Cathay Financial Holding, sahamnya naik 20%. Ini karena kenaikan portofolio investasi di pasar saham.

    4. Terry Gou

    Hon Hai atau dikenal dengan nama Foxconn, merupakan perusahaan manufaktur produsen alat-alat teknologi, khususnya ponsel yang digemari masyarakat di dunia.

    Sebut saja iPhone atau iPad, yang diproduksi oleh perusahaan asal Taiwan ini.

    Pendiri Foxconn, yaitu Terry Gou, menjadi orang nomor 4 terkaya di Taiwan. Hartanya mencapai US$ 6,7 miliar, atau sekitar Rp 87 triliun.

    Gou menjadi pengusaha teknologi terkaya di Taiwan. Hartanya bertambah US$ 650 juta, atau sekitar Rp 8,4 triliun di tahun ini, berkat tingginya angka penjualan iPhone 6.

    Selain membuat produk Apple, Foxconn juga memasok produk untuk HP dan Sony.

    Foxconn awalnya didirikan Gou pada 1974, sebagai produsen komponen elektronik. Sejumlah perusahaan teknologi terkenal sudah bekerjasama dengan Foxconn hingga saat ini.

    3. Wei Bersaudara

    Kekayaan keluarga ini mencapai US$ 7,5 miliar, atau sekitar Rp 97,5 triliun. Namun kinerja perusahaan yang dikelola keluarga Wei tengah turun.

    Tingyi, perusahaan milik keluarga ini yang menjual mie instan dan makanan, turun penjualannya sepanjang kuartal I-2015 karena melemahnya perekonomian di China.

    Sepanjang kuartal I-2015, laba perusahaan turun 16%. Keluarga ini meliputi, Wei Ing-Chou, Wei Ying-Chiao, Wei Yin-Chun, dan Wei Yin-Heng.

    2. Tsai Eng-Meng

    Pria berumur 58 tahun ini merupakan orang terkaya nomor 2 di Taiwan, dengan harta US$ 8,2 miliar, atau sekitar Rp 107,9 triliun.

    Tsai merupakan pengusaha yang menjual makanan ringan atau snack. Perusahaannya bernama Want Want China, yang merupakan perusahaan snack terbesar di Taiwan.

    Sejak 2012 lalu, Tsai merupakan orang terkaya nomor 1. Namun karena tingginya harga susu dan melemahnya penjualan, membuat dia lengser ke posisi kedua di 2015 ini.

    Tsai juga memiliki usaha di sektor jasa keuangan, media, hotel, dan real estate.

    1. Daniel dan Richard Tsai

    Dua bersaudara, Daniel dan Richard merupakan pemimpin dari klan Tsai. Mereka memimpin perusahaan jasa keuangan besar, yaitu Fubon Financial, setelah ayah mereka, Tsai Wan-Tsai yang mendirikan perusahaan, meninggal pada Oktober 2014 lalu di usianya yang ke 85.

    Sejak diambil oleh dua bersaudara ini, saham Fubon naik 50%. Unit usaha asuransinya ikut berperan besar terhadap kenaikan Fubon.

    Keluarga Tsai juga menjadi investor di Taiwan Mobile, dan momo.com yang merupakan saluran TV belanja.

    Menurut Forbes, kekayaan dua bersaudara ini mencapai US$ 10 miliar atau sekitar Rp 130 triliun. Mereka menjadi orang terkaya nomor satu di Taiwan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Pengusaha - Pengusaha Terkaya Taiwan Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top