728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Liburan Sambil Belajar

    Mahasiswa Australia Belajar Bahasa Indonesia di Lombok

    Jakarta - Tujuan bagi mereka yang ingin belajar bahasa Indonesia tidak lagi di kota seperti Bali, atau Yogyakarta. Lombok di Nusa Tenggara Barat juga semakin menjadi pilihan.

    Saat ini sebanyak 65 mahasiswa dari 4 universitas yang tergabung kelompok dalam Regional Universities Indonesian Language Initiative (RUILI) Consortium belajar bahasa Indonesia dalam Indonesian in-Country Program di Kampus Mataram Lingua Franca Institute (MalFI) Lombok Nusa Tenggara Barat.

    Keempat universitas yang membentuk Konsorsium RUILI adalah Charles Darwin University (CDU) Darwin, University of Sunshine Coast (USC) Brisbane, University of New England (UNE) Armidale, dan University of Tasmania (UTas) Tasmania sejak tahun 2007.

    Menurut keterangan Issyatul Mardiah dari MalFi kepada wartawan ABC L. Sastra Wijaya, di bulan Januari - Februari setiap tahunnya, RUILI mengirimkan mahasiswa untuk belajar bahasa Indonesia selama 3 - 6 minggu di Lombok ditemani oleh Resident Director (RD) dan Assistant Resident Director (ARD) untuk masing-masing term yaitu selama 3 minggu.

    Program In-Country Bahasa Indonesia ini adalah program belajar bahasa asing di tempat dimana bahasa tersebut digunakan.

    "Belajar bahasa dengan Program in-Country cenderung memiliki tingkat keberhasilan yang lebih tinggi mengingat dukungan “lingkungan kaya bahasa” --- kemana pun pembelajar pergi dia akan dikelilingi dengan bahasa target." kata Mardiah.

    Selain itu, menurut Mardiah, program In-Country memungkinkan penerapan pendekatan pembelajaran in-vitro dan in-vivo.

    "Pada tahap in-vitro, mahasiswa belajar dan berlatih menggunakan bahasa di kelas dengan guru dan teman sekelas."

    "Pada tahap in-vivo, mahasiswa didorong untuk melakukan kegiatan secara mandiri untuk mengumpulkan informasi dari komunikasi langsung dengan masyarakat, media cetak dan media-non-cetak terkait dengan topik yang dipilih mahasiswa." kata Mardiah yang sebelumnya pernah menempuh pendidikan S2 di ANU Canberra tersebut.

    Pada tahun 2016 ini RUILI mengirim 65 mahasiswa belajar di Mataram Lingua Franca Institute (MaLFI) dari tanggal 4 - 22 Januari 2016 (term 1) dan tanggal 25 Januari - 12 Februari 2016 (term 2).

    Mahasiswa dikelompokan ke dalam 8 jenjang sesuai dengan tingkatan/semester pada universitas masing-masing, yaitu Level 1 untuk Pemula (Beginner) sampai Level 8 untuk tingkat mahir (Advanced).

    Perkuliahan dilaksanakan 4 jam dalam sehari di kelas, 5 hari dalam 1 minggu. Selain pembelajaran kelas mahasiswa juga melakukan kegiatan excursion yang terintegrasi dengan tema pelajaran dan excursion untuk rekreasi.

    Mahasiswa juga bisa mengikuti kegiatan ekstra kurikuler berupa tari dan Indonesia Movie Discussion. Untuk membatu mahasiswa dalam penyesuaian sosial dan akademik, MaLFI juga mengundang mahasiswa di perguruan tinggi di kota Mataram sebagai ‘buddies' dengan nama “Sobat Lingua” (Lingua's Friends).

    Dr. Zifirdaus Adnan, salah seorang Resident Director program ini dalam sambutan pembukaan dan orientasi berharap dengan tenaga berpengalaman dengan semangat kerja yang dimiliki MaLFI Lombok saat ini mampu memberikan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan sehingga kehadiran mereka di Lombok memberikan hasil maksimal.

    Sementara Executive Director MaLFI Silvana Sandi, M. Edu, menyampaikan staf MaLFI telah mempersiapkan program ini secara matang untuk memberikan pelayanan maksimal dan berharap mahasiswa bisa menikmati pembelajarannya sekaligus menikmati liburan di Lombok.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Liburan Sambil Belajar Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top