728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Mengajari Anak Menghargai Makanan

    Inilah 7 Cara Orang Prancis Ajarkan Konsumsi Makanan Sehat pada Anak

    Jakarta - Ada beberapa versi mengajarkan anak konsumsi makanan sehat. Gaya Amerika dan Prancis. Prancis lebih mengajarkan anak mengonsumsi makanan secukupnya dengan mengetahui proses pemasakan dan manfaat bahan makanan.

    Dengan cara ini akan terbangun rasa ingin tahu dan juga menambah pengetahuan makanan sehat dari anak. Anak sering diajak memasak bersama untuk membangun kreatifitas si kecil.

    1. Waktu makan

    Anak-anak Prancis mengonsumsi makanan berat 3 kali sehari dengan satu kali snack sore. Makanan utama ini terdiri dari makanan pokok lengkap dengan lauk dan juga sayuran. Sedangkan untuk snacknya dapat berupa buah atau saus apel yang diberikan saat si kecil di sekolah.

    2. Porsi kecil

    Untuk konsumsi makanan, anak-anak Prancis biasanya mengonsumsi makanan yang padat gizi dengan porsi kecil. Biasanya untuk pembukanya, anak-anak diberikan salad kacang-kacangan, sedangkan untuk hidangan utama adalah ayam panggang dan sayuran dengan tambahan keju.

    Untuk penutupnya bisa dengan buah seperti apel atau jeruk. Hal ini dapat membantu si kecil mengonsumsi makanan sehat dan kenyang lebih lama.

    3. Pilihan minuman

    Secara umum, Prancis juga tidak mengajarkan anak-anak untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori. Rata-rata para orangtua memberikan anak-anak air putih atau susu.

    4. Duduk

    Salah satu tata cara yang dikatakan bai adalah dengan menyantap makanan di meja makan tanpa TV atau yang lain. Sehingga inilah yang membuat masyarakat Prancis jarang mengonsumsi makanan sambil berjalan atau berbelanja.

    5. Makan lebih ringan malam hari

    Makan siang adalah waktu makan yang utama dengan mengonsumsi makanan cukup berat. Untuk makan malam biasanya menu yang dipilih lebih ringan seperti sup, salad, telur dadar hingga hidangan sederhana. Dengan makanan penutup yang rendah kalori seperti yogurt atau buah.

    6. Menebak rasa makanan

    Tak hanya menikmati rasa dari makanan yang disajikan. Banyak keluarga di Prancis juga sering berkumpul untuk membahas rasa dan bahan makanan yang digunakan dalam makanan. Anak-anak juga sering bergabung dalam perbincangan ini untuk belajar dari mana asal makanan dan apa saja manfaatnya.

    7. Ajak memasak

    Dengan sedikit latihan, si kecil juga dapat diajak untuk memasak bersama. Anak-anak suka membantu mencuci atau memasukkan sayuran ke dalam pasta atau panci atau membuat kue cokelat. Hal ini menjadi bagian dari proses mempertinggi penghargaan dan membangun kebiasaan yang baik bagi kehidupan.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mengajari Anak Menghargai Makanan Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top