728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Penjualan Apple Kocar Kacir di Negara Ini

    Menguak Biang Kekalahan Apple dari Oppo & Vivo

    Beijing - China telah lama menjadi sasaran vendor smartphone global, terutama tentu saja Apple dan Samsung. Tapi belakangan vendor lokal mulai menunjukkan taringnya dan membuat mereka kelabakan.

    Pasar China sekarang dipimpin Oppo dan Vivo di mana pada kuartal III 2016, mengapalkan sekitar 40 juta smartphone menurut data IDC. Kombinasi pasar mereka adalah 40%. Sedangkan Apple cuma 7% dan Samsung 5%. Padahal dulu dua brand global ini berkuasa.

    Apa rahasianya? Oppo dan Vivo memenangkan pertarungan untuk sementara, dengan giat menyasar daerah-daerah pelosok di China, bukan kota besar saja. Mereka juga memberi intensif besar pada para penjual ponselnya.

    "Oppo dan Vivo mau membagi keuntungan mereka. Maka hasilnya mereka mendapatkan jaringan penjualan yang aktif dan loyal di seluruh China. Mereka melakukan hal yang berbeda. Mereka mau melakukan marketing lokal," sebut Jin Di, analis di IDC.

    Apple sempat sangat berjaya di China, dengan penjualan tembus USD 59 miliar di tahun 2015. Sedangkan Samsung dulu adalah vendor nomor satu di sana. Namun kini, pertarungan sangat ketat.

    "Apple perlu melakukan terobosan untuk menarik pengguna smartphone di China yang semakin mature," sebut analis Counterpoint Research, Neil Shah yang dikutip detikINET dari Bloomberg.

    Oppo dan Vivo menjual ponsel cukup powerful, namun harganya jauh di bawah iPhone. Mereka juga berinvestasi sangat besar di bidang marketing dan menggeber penjualan offline dengan sangat serius.

    Apple yang hanya memiliki 40 toko di seluruh China, terutama di kota besar, ternyata tidak dapat mengimbangi untuk saat ini. Konsumen terutama di wilayah-wilayah miskin atau pinggiran, tidak dapat menjangkau harga iPhone. Dan mereka banyak berpaling ke Oppo serta Vivo.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Penjualan Apple Kocar Kacir di Negara Ini Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top