728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Keajaiban Tuhan untuk Bumi Timur Indonesia

    Keajaiban Indonesia Timur
    Salju dan Es Abadi, Keajaiban Tuhan untuk Bumi Papua

    Puncak gunung tertinggi di Indonesia dengan salju dan es abadi.

    Timika - Indonesia juga punya salju dan es abadi. Ada di sekitar Puncak Carstensz, Papua. Keren banget!

    Puncak Carstensz merupakan puncak tertinggi di Indonesia, dengan ketinggian 4.884 mdpl dan berlokasi di Pegunungan Tengah, Papua. Traveler yang mendaki ke kawasan puncak ini dapat melihat salju bahkan es abadi yang langka di Indonesia.

    detikTravel mendaki Puncak Carstensz saat Ekspedisi Jurnalis ke Carstensz beberapa waktu lalu. Saat menuju Puncak Carstensz banyak ditemui tumpukan salju di bebatuan. Salju itu terus terlihat hingga tiba di puncak.

    Bicara soal salju, terdapat tiga puncak lagi di sekitar Puncak Carstensz yang punya panorama tersebut. Ketiganya adalah Puncak Sumantri, Puncak Jaya dan Puncak Carstensz Timur. Namun yang terlihat di puncak itu mungkin lebih tepat disebut es abadi karena berupa bongkahan es yang besar.

    Untuk mencapai Puncak Sumantri dan Puncak Jaya, traveler harus mendaki dulu hingga Basecamp Danau-danau di ketinggian 4.330 mdpl, kemudian berjalan kaki sekitar 2 jam melewati bebatuan yang curam. Lokasi kedua puncak itu memang berdekatan.

    Sedangkan Puncak Carstensz Timur lebih sulit dicapai dan lokasinya juga lebih jauh. Pendaki harus menggunakan krampon alias sepatu es untuk keamanan.

    Namun bongkahan es yang menutupi puncak itu lebih besar daripada puncak lainnya. Bahkan di punggungan puncaknya terdapat beberapa gua es yang cukup besar. Seperti bukan di Indonesia saja!

    Gua es itu bagian bawahnya tampak berwarna biru. Diperkirakan sudah ada sejak lama karena bentukannya solid. Gua tersebut ada yang lusa dan bisa dimasuki, ada pula yang sempit sehingga tak mudah dijelajahi.

    Jika datang ke sana, traveler bisa asyik foto-foto dan menikmati keindahan gua es yang tersaji. Namun tetap harus berhati-hati agar tidak terpeleset.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Keajaiban Tuhan untuk Bumi Timur Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top