728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Agen Pemain Bola Yang Paling Sukses Sedunia

    Klien Jorge Mendes: Dari yang Kelas Kakap Hingga yang Kelas Teri

    Madrid - Jorge Mendes dikenal sebagai agen untuk banyak pemain mahal. Kendati demikian, kliennya tidak hanya terbatas pada pemain-pemain tenar saja. Mereka yang namanya relatif belum dikenal juga masuk dalam daftar kliennya.

    Dari deretan kliennya yang masuk kelas kakap, tersebutlah nama-nama seperti Cristiano Ronaldo, James Rodriguez, Angel Di Maria, dan Diego Costa. Tapi, itu pun baru segelintir.

    Tidak heran jika Mendes mendapatkan label sebagai "agen super". Tiap kali bursa transfer pemain dibuka, sudah pasti dia bakal sibuk. Sudah sering dia menjadi broker dari perpindahan pemain di klub-klub besar Eropa. Perpindahan Di Maria dari Madrid ke Manchester United pada musim 2014/2015 --yang menjadikan Di Maria pemain termahal di Premier League-- juga merupakan andilnya.

    Tidak hanya pemain, Mendes juga dikabarkan membantu beberapa pemilik modal besar untuk mengakuisisi sebuah klub. Maka, jangan heran lagi ketika dia menikah, yang datang adalah bos-bos klub besar seperti Roman Abramovich ataupun Florentino Perez.

    Koneksi Mendes terbilang luas. Ia pernah bekerja sebagai DJ di sebuah kelab malam dan bahkan kini punya kelab malam sendiri. Koneksi yang luas inilah yang memudahkan pekerjaannya sebagai agen.

    Salah satu klien pertama Mendes adalah Nuno Espirito Santo, manajer Valencia saat ini. Dulu, sebelum menjadi "agen super", Mendes berhasil menjadi broker dari kepindahan Nuno ke FC Porto, klub impian Nuno. Atas landasan kepercayaan dan keberhasilan itulah keduanya berteman. Sampai kini, Mendes tetap menjadi agen Nuno.

    Kebetulan juga, Mendes merupakan agen dari Nicolas Otamendi. Sampai musim lalu, Otamendi masih berada di bawah arahan Nuno di Valencia. Kini, Otamendi telah menjadi pemain Manchester City.

    Lalu, siapa-siapa saja yang menjadi klien dari Mendes? Selain pemain-pemain seperti Ronaldo dan Di Maria, Mendes juga menjadi klien para pemain yang relatif tidak dikenal seperti gelandang Omonia Nikosia --klub asal Siprus--, Nuno Assis, dan bek APOEL Nikosia --klub Siprus juga--, Mario Sergio. Kebanyakan kliennya adalah pemain-pemain asal Portugal, sama seperti negara asalnya.

    Nilai keempat pemain yang disebut di atas jelas tidak sama. Seperti dilansir Transfermarkt, mereka punya market value (nilai di pasaran) yang berbeda. Sebagai contoh bandingkan market value Ronaldo yang sebesar 84 juta poundsterling dengan Nuno Assis yang "hanya" 175 ribu poundsterling.

    Namun, sekecil atau sebesar apa pun nilai di pasaran si pemain, Mendes akan berusaha mengurusi mereka dengan baik. Inilah yang kemudian membuatnya menjadi sosok yang dipercaya si pemain.

    "Jorge tidak pernah mengambil sepeser pun uang dari saya, meski kami sepakat bahwa dia akan mendapatkan bonus. Dia merobek cek di depan mata saya dan bilang, tidak akan pernah menguangkannya," kata Nuno.

    Khusus untuk bursa transfer musim panas 2015/2016, Mendes terlibat dalam transaksi yang jumlahnya mencapai 400 juta euro (sekitar Rp 8,5 triliun). Sejak mengawali kariernya sebagai agen, Mendes disebut telah menegosiasikan kontrak yang angkanya mencapai 1,068 miliar poundsterling (sekitar Rp 22 triliun)!

    Daftar Sebagian Klien Mendes (sumber: Transfermarkt)




    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Agen Pemain Bola Yang Paling Sukses Sedunia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top