728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Perjalanan Ajaib Sebuah Buku Lama

    Cerita Baru Buku Lama
    'Perjalanan Ajaib' Sebuah Buku Bekas

    Jakarta - Usai menemui penyair yang buku kumpulan puisinya akan diterbitkan, editor itu mampir ke sebuah kios buku bekas. Ketika sedang melihat-lihat buku di rak, tiba-tiba ia menemukan Pangeran Kecil karya Antoine de Saint-Exupe;ry. Ingatannya langsung melayang ke masa silam. Ia ingat, waktu kecil dulu sudah berpuluh kali membacanya. Tapi, yang kemudian bikin ia tambah kaget, buku yang dipegangnya itu ternyata tak lain buku miliknya ketika kecil dulu. Ada jejak goresan-goresan tangannya, dan ada namanya di buku itu.

    Ketika sang penjual menanyakan apakah dia akan membelinya, ia menjawab tidak. "Kalau terlalu mahal harganya bisa saya turunkan," kata si penjual.

    "Bukan begitu, jika aku membeli buku ini berarti aku menjadi tujuan terakhir buku ini, tapi jika tetap di sini buku ini akan melalui banyak orang lagi, dan perjalannnya akan semakin panjang," kata yang editor cantik itu.

    Tercenung oleh perkataan pengunjung tokonya, sang penjual buku pun jadi berpikir kembali tentang perjalanan yang dialami buku-buku yang menjadi dagangannya. Beberapa buku itu adalah hasil barter, beberapa lainnya dari kelarga yang mau pindah. Ada juga dari kolektor yang mengambil dari keluarga lain. Dari mana pun asalnya, mereka pasti telah melalui beberapa tangan dalam perjalannnya. Buku-buku itu berasal dari orang-orang kaya dan miskin, ibu rumah tangga dan pelajar; mereka telah dibaca di atas sofa nyaman, atau di bawah keteduhan pohon rindang, menyentuh hati orang-orang dan memberi harapan bagi yang lain. Berapa banyak tangan telah membolak-balik lembarannya, dan masih akan berapa tangan lagi setelahnya....

    Di zaman digital sekarang ini, perjalanan sebuah buku bekas bisa jauh lebih dahsyat lagi daripada yang bisa dibayangkan oleh penjual buku, juga sang editor dalam kisah Perjalanan Ajaib dan Kisah-kisah Nyata Menyentuh Lainnya: Chicken Soup for the Soul Graphic Novel yang digambar oleh Kim Donghwa (terjemahan Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, cetakan pertama April 2008). Mari kita bandingkan dengan kisah di bawah ini:

    Pada 1988 seorang pendaki gunung Inggris bernama Joe Simpson menulis buku berjudul Touching the Void, sebuah cerita menegangkan tentang situasi antara hidup dan mati di Pegunungan Andes di Peru. Walaupun resensi buku ini bagus, penjualannya sedang-sedang saja, dan dalam waktu singkat dilupakan orang. Sepuluh tahun kemudian sesuatu yang aneh terjadi ketika seorang pendaki lain bernama John Krakauer merilis buku tragedi pendakian gunung serupa, berjudul Into Thin Air yang sukses besar. Apa sesuatu yang aneh itu? 'Touching the Void' ikut terdongkrak dan mulai terjual lagi, dicari orang lagi.

    Toko-toko kemudian memajang lagi Touching the Void bersebalahan dengan Into Thin Air, dan penjualannya pun terus menanjak. Sebuah penerbit bahkan kemudian meluncurkan cetak ulang versi murahnya, yang bertahan 16 minggu di daftar buku laris New York Times. Pada pertengahan 2004, penjualan Touching the Void telah mengalahkan Into Thin Air, lebih dari dua kali lipat! Apa yang terjadi? Benarkah munculnya Into Thin Air telah memancing dan memanggil kembali Touching the Void? Jawabannya bukan pada buku itu sendiri, tapi cara penjualannya yang telah berubah. Ya, penjualan online!

    Ketika Into Thin Air pertama kali diluncurkan, beberapa pembaca menulis resensi di Amazon.com yang menunjukkan kemiripan dengan Touching the Void, sekaligus membuat perbandingan dengan menyebutkan bahwa buku tersebut sebenarnya lebih bagus. Orang-ornag yang membaca resensi itu tertarik untuk memasukkan buku tersebut ke keranjang belanja. Perilaku pembeli ini terbaca oleh Amazon yang kemudian memberikan rekomendasi, "pembaca yang membeli Into Thin Air juga membeli Touching the Void, dan menganjurkan pembelian buku tersebut sebagai satu paket.

    Orang menerima anjuran dan rekomendasi itu, merasa setuju, lalu menuliskan resensi-resensi yang lebih banyak lagi atau komentar mengenai buku-buku itu. Patut dicatat, ketika buku Kraukeur muncul, stok buku Simpson sudah hampir habis. Satu dasawarsa yang lalu pembaca Krauker tidak akan pernah tahu soal buku Simpson, dan kalau pun tahu akan sulit menemukannya. Namun, penjualan online mengubah situasi tersebut. Dengan memadukan ruang pajang yang tak terbatas dan informasi real-time tentang tren belanja, serta komentar masyarakat konsumen, maka terciptalah fenomena Touching the Void. Menurut Chris Anderson dalam buku The Long Tail, yang terjadi dalam hal ini adalah meningkatnya kebutuhan atas buku yang nyaris tak dipedulikan orang. Dan, itu terjadi 10 tahun yang lalu.

    Kini, perkembangannya sudah lebih gila. Ribuan bahkan jutaan buku lama yang sudah tertimbun waktu berhamburan kembali tak hanya lewat toko-toko "resmi" seperti Amazon, melainkan lewat blog, akun-akun Facebook pribadi, Twitter, Instagram, dan forum-forum diskusi. Jejaring-jejaring digital di internet telah mempertemukan para penjual buku dengan kolektor, atau orang-orang yang membutuhkannya. Para penjual buku itu sendiri sebenarnya adalah kolektor juga, yang melihat peluang. Mereka memiliki persediaan buku lebih dari satu untuk setiap judul, lalu menjualnya. Namun, tentu saja, tak sedikit pula yang telah menjadikan jualan buku secara online sebagai sumber mata pencaharian utama, bukan sekedar sampingan atau iseng-iseng berhadiah pengisi waktu luang.

    Berbagai kemungkinan itu berujung pada satu hal: bahwa daya hidup sebuah buku menjadi lebih panjang dari yang mungkin terjadi sebelumnya. Buku-buku bekas, yang mungkin pinggirannya sudah "gripis" atau sampulnya memudar, kini memiliki "ekor panjang" yang ajaib, yang telah memberinya nilai ekonomi lebih dari yang bisa diduga. Bahkan, berkat penjualan online, buku-buku lama itu kini memiliki nilai ekonomi yang kadang jauh lebih tinggi dibanding harga "asli"-nya ketika pertama kali diluncurkan dahulu. Buku-buku telah melampuai kemampuan fisiknya untuk bertahan, lahir kembali dalam sebuah pasar yang tak ada habisnya.

    Toko Buku itu Bernama Facebook

    Jakarta - Ariyanto (40) punya kesibukan baru yang cukup menyita waktu. Di sela rutinitasnya menjalankan tugas sebagai redaktur sebuah koran harian di Solo, kini ia harus wara-wiri ke gerai jasa pengiriman barang Wahana. Ia baru saja memulai bisnis baru: jualan buku dan majalah bekas via online.

    "Baru banget, masih tergolong yunior, baru mulai sekitar Lebaran kemarin," ujarnya saat ditemui di Starbucks Solo Paragon beberapa waktu lalu. Walaupun belum lama terjun, namun ia sudah punya banyak pengalaman seru yang bisa diceritakan.

    "Kemarin nemu buku rapot tahun 1970-an, aku posting, eh langsung ada yang beli," tuturnya. Buku rapot yang dimaksudkannya adalah buku laporan nilai evaluasi anak sekolah. Dari situ, ia pun belajar memahami bisnis yang tengah dirambahnya itu. Bahwa tak hanya buku atau majalah, namun berbagai dokumen cetak, sejauh itu datang dari masa lalu, ternyata kini tengah diburu.

    "Buku-buku Pram(oedya Ananta Toer) sih sudah bukan cerita baru lagi ya dalam hal ini. Yang mengherankan, buku atlas pun dilahap," katanya seraya mengembuskan asap rokoknya. Solo baru saja diguyur hujan. Duduk di sisi luar, udara dingin sesekali terasa menyerbu. Lantai masih basah.

    Ariyanto memulai bisnis itu nyaris tanpa modal. Ia tak perlu repot-repot membuat website canggih yang dilengkapi dengan berbagai fitur transaksi jual-beli. Ia juga tak membuat blog. Ia hanya memanfaatkan akun Facebook-nya, Ariyanto Mahardika, yang bahkan hanya terhubung dengan 650 orang. Memang bukan jumlah yang fantastis, tak sampai angka ribuan, namun sejak awal ia tahu bahwa bisnis yang tengah dirintisnya itu tak melulu mengandalkan jumlah teman.

    "Kata kuncinya itu harus sabar," ujarnya. Sabar untuk apa? "Untuk menemukan orang yang tepat!" sahutnya.

    Aryanto hanya satu dari ratusan atau bahkan mungkin ribuan akun Facebook yang berjualan buku-buku lama. Mereka boleh dibilang merupakan generasi ketiga dari fenomena jualan buku online. Generasi pertama adalah website seperti kutukutubuku, inibuku, bukabuku, bukukita, bakulbuku, amartapura, homerianshop. Sedangkan generasi kedua adalah blog, sebut saja beberapa yang populer inibukubudi.wordpress, tsarindanbukulangka.blogspot, toko-bukubekas.blogspot.

    Generasi ketiga yang berjualan di Facebook pun tak semuanya secara terang-terangan menggunakan akun yang bisa langsung dikenali sebagai pedagang buku. Seperti: Toko Buku Multatuli, Toko Buku Barokah, Kiosbukubuku Velodrom, Toko Buku Multatuli, Juragan Buku Pandean Lamper, Toko Buku Kafka, Penggiat Buku, Buku Merdeka, Parkiran Buku, Trisna Buku Tok II, Kios Buku Jadul, Jual-beli Buku Baru-bekas, Katalog Buku, Buku Bekas Layak Pakai, Kiosbukubuku, Jagad Jualan Buku, Lumah BookWarung, Buku Merdeka, Bangau Buku, Jual Buku Sastra, Toko Buku Sisyphus, Mbah Dimas Jual Buku.

    Banyak di antara mereka, seperti Ariyanto, yang menggunakan namanya sendiri, sehingga bila belum berkenalan, orang tidak tahu bahwa akun tersebut jualan buku. Misalnya: Zakeus Singodrono Nugroho, Yohana Yasrin, Atha Rizq, Dodik Nugroho, Ribut Wijoto, Rien Milansi, Nurmahera, Budi Elang Semeru, Edmond Marcel. Atau, nama-nama lain seperti Lotus, Jejak Ratu Adil, Alaz Novel, Kitab Keabadian, Toko Lapangan Merah, Makaru Makara, Dilladoel Ventura.

    Sudah lama Facebook menjadi tempat berjualan, dan itulah salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh para pengguna jejaring tersebut. Namun, akun-akun penjual buku punya lingkaran sendiri yang guyup, tanpa ada yang merasa terganggu. Sebaliknya, mereka yang nge-add akun-akun penjual buku tersebut selalu menunggu-nunggu postingan terbaru berupa display buku-buku. Antara penjual dan pembeli (pelanggan) bahkan terjadi ikatan yang solid. Aryanto bercerita, ada salah satu pelanggannya dari Jakarta yang rutin meneleponnya, tak hanya untuk berbincang tentang buku dan arsip-arsip bersejarah, tapi juga ngobrol hal-hal lain.

    Para pembeli yang loyal dan sudah menjadi pelanggan setia menghapali hari apa atau pada jam-jam berapa sebuah "lapak" --sebutan untuk akun penjual buku-- menggelar dagangannya alias mem-posting penawaran buku. Akun-akun itu sendiri biasanya memasang status yang berisi pengumuman bahwa, misalnya, satu jam lagi mereka akan mem-posting buku. Tidak semua jualan buku bekas atau langka, memang. Ada juga akun yang kerap menawarkan buku baru yang masih bersegel dan sedang beredar di toko buku.

    Tapi, yang paling diminati dan diburu memang buku-buku bekas yang sudah tidak ada di toko-toko buku. Sebuah buku langka yang di-posting tak jarang menjadi rebutan. Umumnya, akun-akun tersebut tidak berjualan dalam partai besar. Stok mereka terbatas, satu buku untuk satu judul. Menariknya lagi, sesama pelapak atau penjual buku juga kerap saling memesan.

    "Para penjual buku di Facebook itu kebanyakan memang sekaligus kolektor. Mereka tak akan menjual buku yang disayanginya kalau tak punya dobelannya, istilahnya begitu," kata Aryanto.

    Selain fakta bahwa para penjual itu sekaligus kolektor, di antara mereka kebanyakan juga membuka kios buku di kotanya. Akun bernama Lapak Buku Tualang misalnya, memiliki "kios fisik" yang bisa dikujungi di Dago Atas, Bandung. Para pemilik akun yang berasal dari Yogyakarta kebanyakan juga pedagang buku "beneran" yang rajin membuka lapak di berbagai acara pameran buku. Sebagian dari mereka adalah mantan pengelola penerbitan dan penulis buku. Akun bernama Toko Buku Pantura misalnya, adalah Afhtonul Afif penulis buku 'Identitas Tionghoa Muslim Indonesia, Pergulatan Mencari Jati Diri' (Penerbit Kepik, Depok, 2012).

    Selain di Bandung dan Jogja, akun-akun jualan buku di Facebook terkonsentrasi di kota-kota yang memiliki kampus seperti Surabaya, Malang, Solo, Jakarta, Semarang, Medan dan Aceh. Tapi, ada juga akun yang beralamat di kota kecil Batang, Jawa Tengah. Beberapa akun tampaknya sangat dihormati dan disegani karena telah memiliki semacam "brand" yang kuat, seperti Syech Prang (Aceh), Mijilnya Gieb (Jakarta), Andi Anang Firmansyah (Jakarta), Ikhsan Buku (Bogor), Kujang Press (Yogyakarta) dan Rio Jual Bukulamakuno (Solo).

    Sedangkan para pembeli datang dari berbagai kota di seluruh penjuru Indonesia, bahkan dari luar negeri. Selain tentu saja para kolektor dan pecinta buku secara umum, mereka biasanya dari kalangan dosen, peneliti, sejarawan, wartawan, aktivis dan mahasiswa. Ariyanto berkisah, ia memiliki pelanggan yang unik, seorang juragan batako yang merupakan kolektor garis keras buku-buku Pramoedya Ananta Toer. Tak hanya dari Jakarta dan Solo sendiri, pelanggan Ariyanto kini juga datang dari Australia dan Malaysia. Itu terjadi setelah ia memperluas jangkauan buku-bukunya dengan membuka "lapak" di situs jualan online besar OLX.com. Namun, "rumah" yang utama tetaplah Facebook.

    Lantas, bagaimana mekanisme jual-beli di Facebook? Sangat sederhana! Peminat tinggal membubuhkan "pesan" di kolom komentar di bawah foto buku yang di-posting. Pemilik akun akan segera merespons. Selanjutnya tukar-menukar nomer rekening dengan alamat pengiriman buku. Setelah uang ditransfer dan dikabarkan, penjual akan segera mengirimkan buku yang dipesan. Mudah, cepat, praktis! Silakan mencoba!

    Membajak Pram, Membangkitkan Kembali Aidit

    Jakarta - Kukira dalam 10 tahun terakhir banyak buku langka yang telah meroket harganya. Jika hendak membeli buku aku mungkin akan mencari Salman Rushdie atau Jack London atau Booth Tarkington ~ John Charles Gilkey, pencuri buku langka di Amerika dalam buku The Man Who Loved Books Too Much (terjemahan penerbit Alvabet, Jakarta, cetakan 1 April 2010).
        Anak muda itu mengambil sebuah buku dari tumpukan di sebuah kios di Pusat Buku dan Majalah Bekas Blok M Square, Jakarta Selatan. Buku bersampul lukisan wajah bertopi Pramoedya Ananta Toer itu menarik perhatiannya. "Ini berapa, Mas?" tanyanya ke penjual.

    Si penjual, pria yang berusia sepantaran, mengambil alih buku itu dari tangan calon pembelinya, dan menimbang-nimbang. Agak lama ia mengamati setiap sudut buku itu, sebelum akhirnya menyebutkan angka, "Tujupuluh ribu!"

    Calon pembeli itu kaget. "Mahal amat!" protesnya spontan, sungguh tak menyangka dengan harga yang disebutkan.

    "Buku-buku Pramoedya memang mahal, Mas!" balas penjaga kios.

    Calon pembeli itu tertawa kecil. Buku yang ada di tangannya itu sebenarnya bukan "buku Pramoedya", dalam arti buku atau novel karya sang penulis legendaris itu. Melainkan, sebuah pembahasan tentang karya-karya Pram, yang diangkat dari skrispi sarjana Eka Kurniawan yang kemudian diterbitkan dengan judul Pramoedya Ananta Toer dan Sastra Realisme Sosialis. Awalnya, buku itu diterbitkan oleh Jendela, Yogyakarta. Edisi yang tengah diperdebatkan harganya itu adalah versi terbitan Gramedia Pustaka Utama yang belakangan mengambil alih naskah itu setelah Penerbit Jendela tutup.

    Kejadian di sebuah kios buku pada suatu sore itu hanya sebuah gambaran kecil betapa nama tertentu menjadi bintang dalam bursa buku bekas. Pramoedya Ananta Toer sudah tidak perlu dibahas panjang lebar. Namanya harum di urutan pertama tanpa perdebatan. Permintaan terhadap buku-buku karya Pram, baik novel maupun non-fiksi memang tinggi. Dan, persediaan barang di pasar terbilang langka. Hal itu memicu munculnya produk bajakan di pasaran. Di bursa buku bekas yang terletak di lantai bawah tanah Blok M Square tersebut, buku bajakan Pram menghiasi hampir setiap lapak dan kios. Tak hanya tetralogi yang terkenal itu, tapi karya-karya lain yang "kurang populer" pun dibajak. Sebut saja Sang Pemula, Arok Dedes hingga Nyanyi Sunyi Seorang Bisu. Belakangan, novel Arus Balik yang merupakan salah satu masterpiece Pramoedya yang paling diburu kolektor dan pecinta buku juga beredar bajakannya, dengan cetakan yang terbilang bagus, dalam kemasan hardcover yang gagah.

    Buku-buku bajakan itu diperhalus dengan istilah POD (print on demand) atau cetak digital. Hal itu, konon, untuk menyiasati kelangkaan barang yang memang sudah tak bisa diatasi sementara permintaan pasar sangat tinggi. Buku-buku pram lainnya yang menjadi primadona "POD" adalah Cerita dari Jakarta dan Cerita dari Blora. Belakangan, tren "cetak digital" atas nama permintaan pasar itu merambah juga ke buku-buku lain. Kalau Anda ketemu karya-karya terjemahan Albert Camus ataupun Maxim Gorky keluaran penerbit-penerbit Jogja era 90-an, telitilah dengan detail, kemungkinan sangat besar itu versi "cetak ulang digital" alias bajakan dengan kualitas yang bagus. Buku sejarah karya Takashi Shiraishi Zaman Bergerak terjemahan penerbit Grafiti juga masuk dalam barisan ini; waspadalah.

    Dan, jangan salah, buku-buku KW tersebut juga dijual dengan harga yang relatif mahal. Bajakan Tetralogi Pulau Buru mungkin masih bisa dibawa pulang dengan harga Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu per buku. Tapi, untuk Cerita dari Blora atau Cerita dari Jakarta minimal Rp 60 ribu.

    Namun, di sela-sela produk bajakan tersebut, tak menutup kemungkinan pembeli bisa menemukan buku yang asli. Bila itu terjadi, jangan kaget, harganya pasti dibandrol tinggi sekali. Buku Percikan Revolusi Subuh yang bersampul hijau-angker itu pernah muncul dengan label harga Rp 300 ribu! Di beberapa akun jualan buku di Facebook, novel Arok-Dedes cetakan pertama tahun 1999 bisa laku minimal Rp 400 ribu. Keluarga Gerilya cetakan 1960-an ditawarkan dengan harga Rp 550 ribu dan langsung dipesan. Karya Pram lainnya, Tempoe Doeloe terbitan Hasta Mitra, 1982 juga memiliki pasaran harga yang sama, di kisaran Rp 500-an ribu. Sedangkan dua jilid Nyanyi Sunyi Seorang Bisu ditawarkan seharga Rp 700 ribu.

    Beda di pasar offline, beda pula situasinya di pasar online. Di lapak-lapak jualan buku di Facebook, produk bajakan nyaris tak punya tempat. Para pedagang maupun pembeli, yang pada dasarnya adalah sama-sama pecinta dan kolektor buku, sangat menghargai karya asli. Namun, memang ada sedikit pengecualian. Ada satu nama selain Pramoedya yang juga menjadi primadona lapak buku bekas, namun cukup bisa dimaklumi jika karya-karyanya beredar dalam versi bajakan. Nama tersebut adalah DN Aidit.

    Selama ini, masyarakat umum mungkin hanya mengenal nama tersebut dalam kaitan dengan kontroversi G30S. Padahal, sebagai ketua partai dan politikus, Aidit adalah seorang pemikir dan penulis yang produktif. Nah, buku-buku hasil buah pikiran Aidit tersebut kini menjadi buruan para kolektor dan pecinta buku. Dikarenakan buku-buku Aidit jauh lebih langka dibandingkan dengan karya-karya Pram, maka pembajakan terhadapnya seolah bisa diterima.

    Hal itu terbukti ketika sebuah akun pedagang buku bernama Bukuku Lawas yang beralamat di Solo mem-posting "buku" karya Aidit berjudul Menempuh Djalan Rakyat edisi tahun 1952. Ia memberi keterangan tambahan bahwa "buku" tersebut hanyalah versi "repro scan" tapi "persis aslinya". Cetakan supertipis yang berisi pidato Aidit tersebut ditawarkan dengan harga Rp 55 ribu per eksemplar, dan ia memiliki stok 22. Apa yang terjadi? Dalam waktu kurang dari seminggu buku tersebut sudah ludes dipesan.

    Kendati demikian, segala kemungkinan bisa terjadi di jagad penjualan buku online, dan kemunculan versi cetakan asli karya Aidit pun bukan "hil yang mustahal". Pada suatu kali sebuah akun menjual 'Pilihan Tulisan' Jilid 1, 2 dan 3 karya Aidit dengan tambahan keterangan "bukan fotocopy". Buku-buku itu dicetak pada tahun 1959, 1960 dan 1965 dalam kemasan hardcover oleh Jajasan Pembaruan, Jakarta. Total setebal 1500 halaman! Berapa harganya? Untuk buku-buku tertentu yang tergolong sangat langka, pemilik akun biasanya tak mencantumkan harga. Peminat dipersilakan mengontaknya dengan mengirim pesan pribadi atau SMS.

    Belakangan, buku Aidit yang berjudul Menggugat Peristiwa Madiun juga muncul di lapak Facebook, dan langsung diserbu peminat yang menanyakan harganya. Mengingat langkanya edisi asli buku ini, maka urusan harga dibicarakan secara bisik-bisik di luar kolom komentar.

    Dari Gerilya Hingga Lelang Buku: Para Penjaga Ilmu di Era 'Cyberloak'

    Jakarta - Para pelanggan yang dia ingat dengan baik adalah individu aneh, para eksentrik berpakaian lusuh yang menghabiskan uangnya atas buku-buku dan katalog daripada baju dan makanan ~ Libri di Luca, Novel tentang Perkumpulan Rahasia Pecinta Buku, Mikkel Birkegaard (terjemahan Serambi, Jakarta, cetakan 1, Novemver 2009).

    "Jooosss...!" Rony Rudal terpekik girang. Lelang buku yang dibukannya berakhir dengan happy ending. Tjerita dari Blora karya Pramoedya Ananta Toer edisi cetakan 1964 yang dilelangnya ditutup dengan angka yang memuaskan: Rp 520 ribu.

    Rony Rudal? Lelang buku? Jangan tertawa dulu. Rony Rudal itu nama sebuah akun Facebook yang beralamat di Malang, salah satu dari ribuan akun jualan buku bekas yang populer di jagad maya. Dan, lelang buku adalah salah satu modus yang biasa ditawarkan oleh akun penjual buku untuk melepas koleksi yang dinilai langka ke pasaran.

    Rony menggelar acara lelang buku tersebut di akun Facebook-nya. Lelang dibuka pada Senin, 29 September pukul 19.45 WIB, dan berakhir keesokan lusanya, Rabu, 1 Oktober pukul 21.00 WIB. "Diawali dengan angka 150, berlaku kelipatan 10. Lewat dari pukul 21.00 penawaran tidak berlaku lagi," tulisnya mewanti-wanti.

    Dalam bulan yang sama, lelang juga digelar oleh akun bernama Mijilnya Gieb yang beralamat di Jakarta. Pada 25 September ia melelang buku Hoakiau di Indonesia, lagi-lagi karya Pramoedya. Bid dimulai dari Rp 20 ribu dengan minimal kenaikan selanjutnya Rp 10 ribu. Ketika ditutup pada 27 September pukul 22.00 WIB, buku terbitan Garba Budaya cetakan kedua tahun 1998 tersebut terjual dengan harga Rp 330 ribu.

    Menjual buku langka di Facebook memang gampang-gampang susah, demikian pula berlaku hal yang sama bagi peminat yang ingin mendapatkan sebuah buku tertentu. Di kalangan para pecinta buku ada ungkapan, buku ibarat jodoh, kalau belum takdirnya tak akan bertemu. Oleh karenanya, berbagai cara dan pendekatan dilakukan baik oleh para penjual maupun (calon) pembeli terhadap sebuah buku.

    Di forum-forum komunitas online seperti Kaskus, selain terjadi diskusi dan penawaran berbagai macam barang, bukan hal baru ketika ada orang yang mengumumkan tengah mencari sebuah buku. "Permisi agan-agan, ane lagi mencari buku lama judulnya Kekalahan Manusia Petani: Dimensi Manusia dalam Pembangunan Pertanian karangan Greg Soetomo...kalo ada yang punya di rumah atau mau dijual ane mau beli gan...SMS aja ke no ane ya gan," demikian pernah terbaca dari seorang user yang meninggalkan nomer teleponnya.

    Seorang pecinta buku dengan Facebook Rama Prambudhi Dikimara bahkan membuat album khusus di akunnya yang diberi nama Buku-Buku Yang Saya Cari. Di album itu, direktur Lembaga Kajian Pendidikan, Kebudayaan dan Politik Dewantara Institute tersebut memajang foto-foto buku yang tengah diburunya, dan berharap jika ada orang yang menjualnya mau menghubunginya. Tampak di album tersebut buku-buku langka bertema seputar sejarah komunisme di Indonesia, seperti PKI Korban Perang Dingin (Sejarah Peristiwa Madiun 1948). "Sampulnya merah putih dengan gambar palu arit dan nama-nama penulis Aidit dan Musso," tulisnya menambahkan keterangan untuk memperjelas.

    Lucunya, postingan di album itu justru segera menarik perhatian orang yang menyatakan berminat untuk memesannya. Hal itu menunjukkan bahwa minat terhadap buku langka di pasar Facebook sungguh tinggi. Rama punya istilah untuk proses perburuan buku di Facebook tersebut, yakni gerilya buku. Dan, dengan sendirinya dia pun menyebut dirinya sebagai gerilyawan buku. Hingga kini ia masih terus bergerilya untuk mencari buku-buku yang ingin dimilikinya.

    Istilah gerilyawan buku juga digunakan oleh Mijilnya Gieb, ketika menggambarkan dunia perburuan dan jual-beli buku bekas. "Peredaran buku di Jakarta itu sudah dimulai saat dini hari. Saat kita terlelap, para gerilyawan buku sudah berebutan jatah buku bagus di sebuah pojok lusuh utara Jakarta," ujarnya. Pojok lusuh utara Jakarta yang dimaksudkannya adalah Jatinegara.

    Dari "pojok lusuh" itulah harta karun bernama buku bekas, buku langka, dokumen-dokumen dan arsip bersejarah, naskah-naskah tua berdebu digali, diseleksi, dipilah-pilah untuk kemudian dipajang di dinding Facebook, ditawarkan dengan harga tertentu, atau dilelang, dan diserbu serta jadi rebutan banyak peminat. Mereka, baik para penjual maupun pembeli --yang pada dasarnya adalah sama-sama gerilyawan buku-- adalah para penjaga ilmu pengetahuan di era cyberloak, era pasar loak maya, meminjam istilah Putut Widjanarko dalam buku Elegi Gutenberg: Memposisikan Buku di Era Cyberspace (Mizan, Bandung, cetakan pertama, Mei 2000). Dalam istilah Rama, mereka adalah "manusia-manusia aneh di zaman yang serba instan".

    Apapun istilahnya, para pecinta dan kolektor buku, maupun siapa saja yang sewaktu-waktu membutuhkan rujukan untuk keperluan penelitian dan hal-hal akademis lainnya, patut berterima kasih kepada orang-orang seperti Mijilnya Gieb, Rony Rudal dan akun-akun penjual buku di Facebook yang jumlahnya barangkali ribuan. Jerih payah mereka telah memudahkan distribusi pengetahuan di masyarakat. Walaupun itu mungkin memang menjadi mata pencaharian, atau setidaknya apa yang mereka lakukan itu memiliki nilai ekonomi bagi dirinya, namun dampaknya jauh lebih besar daripada itu.

    Selain "pojok lusuh" yang digambarkan Mijil, menurut pemilik akun jualan di Facebook asal Solo, Ariyanto Mahardika, salah satu sumber penggalian "harta karun" buku (bekas) adalah pameran-pameran berskala besar yang biasanya penuh obral. Di Jakarta saja, dalam setahun ada empat kali pameran buku, begitu pun di Bandung dan kota-kota besar lainnya seperti Yogyakarta bahkan Solo. Pameran buku telah menjadi agenda rutin di berbagai kota, dan para pegadang buku akan berburu buku di arena itu untuk dijual kembali. Selain di berbagai pameran, mereka juga menyambangi pasar-pasar buku bekas seperti Palasari dan Jalan Kahuripan di Bandung, Shopping Center di Yogyakarta atau Alun-alun Utara di Solo.

    Gudang-gudang penerbit pun tak luput menjadi incaran para pedagang buku tersebut. Pendek kata, itu artinya mereka telah menjalankan peran dalam satu rantai panjang distribusi buku sebelum akhirnya sampai ke pengguna. Perjalanan buku memang jadi lebih panjang, tapi bayangkan, tidak semua orang berkesempatan pergi ke pameran atau apalagi menghabiskan waktu mengulik pasar-pasar loak. Bahkan di masa sekarang, ke toko buku pun menjadi kemewahn bagi orang sibuk. Maka pilihannya adalah penjualan online. Hal itu terbukti dari lakunya pula buku-buku baru yang sebenarnya masih beredar dan mudah dijumpai di toko buku. Para pedagang buku di Facebook, ya, para gerilyawan buku itu, telah menjadi jembatan antara penerbit, toko buku, dan eksibitor-eksibitor buku lainnya dengan masyarakat modern yang sebagian besar waktunya habis di depan internet.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Perjalanan Ajaib Sebuah Buku Lama Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top