728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Beli Biji Kopi Langsung Dari Sumbernya

    Mau Beli Kopi Langsung dari Petani? Begini Caranya

    Kedai Kopi Tuku di Jakarta

    Jakarta - Konsumsi kopi per kapita Indonesia terus mengalami peningkatan. Kondisi tersebut dipicu tren budaya minum kopi yang mulai digandrungi masyarakat, khususnya kalangan muda. Bisnis kedai atau kafe pun menggeliat, sehingga otomatis meningkatkan permitaan kopi lokal.

    Lantas, bagaimana jika ingin merintis usaha kedai kopi dengan mendapatkan langsung bahan baku dari petani langsung dengan harga lebih murah?

    Ketua Asosiasi Kopi Spesial Indonesia (AKSI), Syafrudin, mengungkapkan bagi pemula dengan pengalaman masih kurang sebenarnya cukup beresiko jika langsung mencari biji kopi (coffee bean) dari petani langsung.

    "Kadang ada petani atau pedagang pengumpul di daerah beberapa kurang fair. Atau pedagang mengaku petani. Petani kopi sendiri sekarang juga sangat selektif memilih pembelinya," kata Syafrudin saat berbincang dengan detikFinance.

    Dia mencontohkan, petani bisa saja mengaku biji kopi yang dijualnya berasal dari kotoran luwak liar yang harganya jauh lebih mahal. Padahal biji kopi tersebut berasal dari luwak yang dipelihara di kandang.

    "Kopi dari luwak kandang tapi pas dijual dibilangnya dari luwak liar. Atau bijinya dicampur. Sebenarnya akses membeli ke petani itu terbuka lebar, semakin banyak kedai-kedai kopi, permintaan ke petani semakin meningkat. Kalau sekarang kan sebagian besar diekspor," terang Syafrudin yang juga direktur di sebuah perusahaan eksportir kopi, PT Sabani Internasional.

    Sementara itu, Owner Kiwari Coffee Bandung, Irfan Rahadian Sudiyana, mengungkapkan dirinya mendapatkan bahan baku langsung dari kelompok tani di daerah Jawa Barat. Selain itu, dirinya juga memiliki kebun kopi sendiri di daerah perbukitan Manglayang, Bandung.

    "Kiwari sendiri dapat kopi dari petani kita sendiri untuk jenis kopi Manglayang Coffee, saya dulunya juga menyuplai kopi untuk beberapa kafe di Bandung. Tapi untuk jenis lain kita dapatkan dari petani-petani di Jawa Barat seperti kopi Malabar. Ada grup WA (Whatsapp) sehingga mudah komunikasi kalau mau beli kopi, sering berkumpul juga," ucapnya.

    Irfan mengatakan, kopi yang dibeli dari petani langsung masih berbentuk green bean yang belum melewati proses roasting (panggang). Sehingga jika benar-benar ingin mencari bahan baku ke petani, pemilik kedai kopi harus memiliki alat roaster.

    "Bentuknya masih green bean. Kalau saya sendiri punya roaster untuk kebutuhan sendiri. Kalau mau mudah, ya beli dari supplier, itu bentuknya sudah roasting bean. Biasanya beli dari petani antara 5-10 kg, kadang saya ambil sendiri, dikirim via pengiriman, atau ada petani yang datang sendiri," tuturnya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Beli Biji Kopi Langsung Dari Sumbernya Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top