728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Pemain Bintang Pun Memulai Karirnya Dari Bawah

    Dari Beckham Sampai Kane: Jadi Pemain Pinjaman Sebelum Jadi Bintang

    David Becham, Harry Kane, John Terry

    Jakarta - Bursa transfer musim panas di Premier League menjelang; akan ada yang pergi, ada pula yang datang. Sebagian ditepikan sementara alias dipinjamkan -- tak perlu kecil hati karena David Beckham dan Frank Lampard sebelum nge-top pun pernah jadi pemain pinjaman.

    Urusan pinjam-meminjam pemain bukanlah hal asing dalam sepakbola, secara khusus berkaitan dengan rombongan pemain muda. Klub-klub top Inggris yang memiliki akademi mapan acapkali tak memiliki peluang untuk memberik pemain muda potensialnya kesempatan tampil di tim utama karena ketatnya persaingan di Premier League. Meminjamkan ke klub lain pun jadi opsi.

    Dengan peminjaman tersebut si pemain muda bukan cuma dapat kesempatan tampil, melainkan juga merasakan atmosfer kompetitif -- baik secara internal dengan rekan satu tim maupun eksternal dengan pemain tim lain -- yang sebelumnya tidak ia hadapi di akademi.

    Dalam sejarahnya, pemain-pemain top Premier League dalam beberapa waktu terakhir pun sempat melewati masa peminjaman ini. Sebut saja di antaranya Beckham yang mantan megabintang tim nasional Inggris dan Harry Kane yang merupakan andalan lini depan The Three Lions saat ini . Berikut daftar selengkapnya, seperti dilansir Daily Mail:

    1. David Beckham - Preston North End 1995

    Beckham remaja, yang ketika itu digaji 400 poundsterling per pekan, dipinjamkan Manchester United ke Preston. Sir Alex Ferguson ingin ia merasakan sepakbola di tim utama pada divisi ketiga.

    Saat itu Beckham disebut merasa risau bahwa keputusan Ferguson merupakan sebuah indikasi bahwa dirinya tak cukup bagus untuk dapat tempat di United.

    Akan tetapi, pada prosesnya di Preston inilah Beckham bisa mengasah kemampuannya mengeksekusi bola-bola mati. Gary Peters yang menangani Preston saat itu menyambut hangat Beckham dan memberinya kepercayaan mengambil seluruh tendangan bebas dan sepak pojok.

    Cuma sekitar sebulan Beckham menjalani masa peminjaman, dengan memberikan penampilan mengesankan setelah mencetak dua gol dalam lima penampilan termasuk gol yang lahir dari sebuah sepak pojok.

    2. John Terry - Nottingham Forest 2000

    Di akhir musim 1999-2000, Terry yang berusia 19 tahun sempat dipinjamkan Chelsea ke Nottingham Forest di divisi dua. Saat itu ia main enam kali dan tidak terkalahkan di enam pertandingan tersebut.

    Masa peminjaman itu sendiri berusaha dimaksimalkan sepenuhnya oleh Terry. Sosok yang mengawali kariernya di akademi West Ham United sebelum digaet Chelsea di tahun 1995 itu pun melakukannya dengan komitmen tinggi.

    Pada satu ketika Terry pun disebut rela-rela saja bergumul dengan salju dalam sebuah sesi latihan Forest. Semangat dan totalitasnya itu membantu Terry mengokohkan posisi sebagai starter di Chelsea satu musim kemudian.

    3. Frank Lampard – Swansea City 1995-96

    Seperti Beckham dan Terry, Lampard pada masanya adalah salah satu megabintang di Premier League dan juga tulang punggung tim nasional Inggris.

    Tapi sebelum nge-top bersama Chelsea, pesepakbola yang juga pernah berseragam Manchester City dan New York City FC itu pun pernah menjalani masa peminjaman. Itu terjadi di pertengahan 1990-an ketika ia masih bermain di West Ham United.

    Lampard belum pernah memainkan satu partai pun untuk tim utama West Ham ketika klub itu merasa perlu meminjamkannya, yang saat itu berumur 17 tahun, ke Swansea City.

    Pada masa peminjamannya itu Swansea terdegradasi ke liga level empat seraya punya lima manajer berbeda dalam prosesnya. Lampard sendiri tampil 11 kali dan mencetak satu gol ke gawang Brighton, lewat aksi khasnya merangsek dari lini tengah.

    4. Rio Ferdinand - Bournemouth 1996-97

    Ferdinand merupakan satu lagi pemain yang punya pertalian dengan akademi West Ham, yang juga menjadi klub profesional pertamanya. Pada era itulah Ferdinand menjalani masa peminjaman.

    Saat itu Ferdinand sudah digadang-gadang sebagai bek muda bertalenta, tapi Bournemouth sudah sedemikian menempa dirinya. Ia tampil 10 kali untuk tim yang finis di posisi 16 divisi ketiga tersebut.

    Pada awal 1997, Ferdinand meninggalkan Bournemouth. Sebelum tahun berakhir mantan pemain Leeds United, Manchester United, dan Queens Park Rangers itu sudah menjalani debutnya untuk tim nasional Inggris lawan Kamerun.

    "Bournemouth adalah titik baliknya," ujar Ferdinand.

    5. Ashley Cole - Cystal Palace 2000

    Nama Cole mulai mencuat di Premier League bersama Arsenal. Tapi sebelum kondang, ia lebih dulu harus melewati masa peminjaman di Crystal Palace yang bermain satu divisi di bawah.

    Peminjaman itu konon merupakan cara Arsene Wenger menguji kelayakan Cole, yang pada prosesnya menjawab lewat penampilan impresif dalam 14 pertandingan di klub yang meminjam.

    Saat itu Palace disebut sedang krisis keuangan dan Cole membantu manajer Steve Coppell mencegah klub melorot ke divisi level ketiga. Pada periode ini pula Cole membuat gol pertamanya di tim senior, dalam kemenangan 2-1 atas Blackburn.

    6. Jermain Defoe - Bournemoth 2000-01

    Musim depan Defoe akan membela Bournemouth, klub yang dulu pernah menjadi tempatnya mengasah kemampuan menjebol gawang lawan. Hal itu terjadi pada tahun 2000, ketika Bournemouth masih merupakan sebuah klub kecil di divisi tiga.

    Defoe ketika itu dipinjamkan West Ham ketika usianya baru 18 tahun dan pada prosesnya mencetak 19 gol dalam 31 penampilan buat Bournemouth. Ia bahkan memulai masa peminjaman dengan rutin mencetak gol dalam 10 penampilan awal buat klub.

    Di antara rekan satu tim Defoe saat itu ada Eddie Howe, yang kini memanajeri The Cherries. Defoe disebutnya memberi Bournemouth faktor-X untuk meraih kemenangan-kemenangan.

    Howe tampaknya masih berpikir seperti itu sehingga memutuskan untuk menggaet Defoe, yang kini sudah berusia 34 tahun dan musim lalu mencetak 15 gol buat Sunderland sebelum klub itu terdegradasi.

    7. Harry Kane – Leyton Orient 2011, Milwall 2012, Norwich 2012-13, Leicester City 2013

    Saat ini Kane adalah andalan lini depan Tottenham Hotspur dan tim nasional Inggris. Ia adalah topskorer Premier League dua musim beruntun, menjadi pemain Inggris pertama yang mampu melakukannya semenjak Alan Shearer pada 1996 dan 1997.

    Akan tetapi, belum lama berlalu Kane justru harus melewati musim demi musim sebagai pemain pinjaman. Pada Januari 2011 ia menghabiskan separuh musim kedua bersama Leyton Orient di League One, dengan mencetak lima gol dalam 18 laga.

    Pada musim berikutnya, setelah tampil di beberapa partai Liga Europa buat Spurs, Kane kembali menghabiskan paruh kedua musim sebagai pemain pinjaman -- kali ini untuk Millwall di divisi Championship, dengan mencetak 10 gol.

    Kane setelah itu sempat menjalani masa peminjaman lain buat Norwich dan Leicester City, sebelum menjalani musim terobosan dengan The Lily Whites pada 2014–15.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Pemain Bintang Pun Memulai Karirnya Dari Bawah Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top