728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Megibung Di Bulan Ramadhan

    Warga Lintas Agama di Denpasar Buka Puasa Bersama dengan Cara "Megibung"

    Warga Lintas Agama di Denpasar Buka Puasa Bersama Dengan Cara Megibung di kediaman salah satu tokoh Bali

    DENPASAR - Warga lintas agama yang tergabung dalam Gerakan Anti Radikalisme (Grak) di Denpasar menggelar acara buka puasa bersama pada Minggu (11/6/2017).

    Acara buka puasa bersama ini juga mengundang puluhan anak yatim piatu Muslim dari Denpasar dan Tabanan.

    Bertempat di kediaman penggagas GRAK, Nyoman Gde Sudiantara, acara dikemas menarik. Buka puasa dengan Megibung. Makan bersama Megibung adalah tradisi makan bersama sesuai tradisi Bali.

    Megibung merupakan tradisi makan bersama di atas satu wadah. Tradisi ini berkembang di masyarakat Karangasem yang kemudian menyebar ke seluruh Bali.

    Dalam tradisi ini, semua peserta berbaur tanpa membedakan kelompok atau kelas sosial. Dalam buka bersama kali ini, seluruh hidangan baik nasi, sayur dan lauk diletakkan di atas wadah daun pisang.

    Seluruh peserta duduk berhadap-hadapan sambil menikmati menu yang disiapkan. Suasana akrab tanpa memandang perbedaan kental terasa.

    Nyoman Gede Sudiantara mengatakan, walau berkeyakinan Hindu, dirinya bersama elemen masyarakat lain membuka diri untuk bersama-sama dalam semangat persaudaraan dengan warga muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa.

    Karena itu dia bersama elemen GRAK menggelar acara buka puasa bersama di kediamannya.

    Warga Bali, menurutnya, telah terbiasa hidup dalam suasana rukun dari generasi ke generasi. Perbedaan bukanlah sesuatu yang perlu dibesar-besarkan, apalagi menjadi sumber konflik.

    Tapi sebaliknya perbedaan adalah kekuatan yang bisa digerakkan untuk kemajuan bersama.

    " Buka puasa bersama lintas kelompok ini menunjukan warga Bali menghargai keberagaman dan ingin mengambil bagian dalam nuansa puasa saudara-saudara Muslim," ujar Sudiantara.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Megibung Di Bulan Ramadhan Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top