728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Tawarkan Rekan Kerja Anda Harapan dan Alasan Untuk Percaya

    Hartanya Ratusan Triliun, Ini 9 Tips Sukses Pendiri Nike

    Jakarta - Phil Knight sukses membangun perusahaan sepatu Nike yang menjadi salah satu yang terbesar di dunia. Kekayaan bersihnya mencapai US$ 21,6 miliar di 2015 dan US$ 26,4 miliar (Rp 351 triliun) di 2017 ini. Knight menjadi salah satu orang terkaya di dunia dari jerih payahnya sendiri.

    Phil Knight baru-baru ini mengumumkan jawabannya dalam buku terlarisnya "Shoe Dog A Memoir oleh Creator of Nike." Inilah beberapa tips paling penting untuk sukses yang dia bagikan dalam bukunya :

    1. Gunakan usia 20-an untuk belajar dan mengeksplorasi
    Setelah lulus dari perguruan tinggi dan sekolah pascasarjana, dan menghabiskan satu tahun di Angkatan Laut, Phil Knight berusia 24 tahun memutuskan dia ingin melakukan perjalanan keliling dunia. Dia meminta uang kepada orang tuanya pada awal tahun 60an.

    Pada bulan-bulan berikutnya, Knight melanjutkan perjalanan dunianya dan mengunjungi Jepang, Hong Kong, Vietnam, Filipina, India, Kenya, Mesir, Turki, Jerman, Prancis, Inggris, dan beberapa negara lainnya. Banyak pelajaran sejarah, budaya, dan ekonomi yang dia pelajari dalam perjalanannya, dia akan mengingatnya seumur hidup.

    2. Percaya pada apa yang Anda lakukan
    Pekerjaan pertama Knight (di Hawaii) adalah menjual ensiklopedi. Yang kedua adalah menjual sekuritas. Dia sangat buruk pada pekerjaan pertama itu, dan biasa-biasa saja di urutan kedua. Terpikir olehnya bahwa sebagai seorang introvert, mungkin dia tidak cocok menjadi salesman. Tapi ketika dia terus menjual sepatu, sangat mengejutkan dia ternyata menjadi penjual utama hampir sejak hari pertama.

    Mengapa? Karena kali ini dia percaya dengan apa yang dia lakukan. Ketika Knight berada di perguruan tinggi di University of Oregon, dia adalah atlet trek di tim perguruan tinggi. Dia berlari karena dia pandai dalam hal itu, dia menyukainya, dan dia ingin menang. Itu membuatnya menjadi salesman sepatu yang kredibel di jalan. Ini adalah produk yang dia percaya, dan itu adalah olahraga yang dia percaya.

    3. Lakukan saja
    Saat berkeliling dunia, Knight memiliki "gagasan gila" untuk menyiapkan distribusi Amerika untuk perusahaan pakaian Jepang. Pada usia pertengahan 20-an, tanpa uang tunai, tidak ada perusahaan, dan tidak ada kesuksesan sebagai salesman, Knight tetap naik kereta api dari Tokyo ke Kobe, dan mengatur pertemuan dengan para eksekutif dari Onitsuka, perusahaan Jepang yang dikenal dengan sepatu Tiger-nya.

    Ketika ditanya apakah dia mewakili perusahaan, dia bilang iya (meski sebenarnya dia tidak punya perusahaan). Beberapa tahun kemudian, dia kembali membuat rekannya percaya bahwa dia memiliki sebuah kantor di pantai timur, padahal sebenarnya dia tidak melakukannya dan dia juga berjanji untuk membeli sejumlah sepatu yang tidak mampu dia belanjakan sebelumnya.

    Namun, di masing-masing kasus, dia menindaklanjuti kata-katanya. Dia mendirikan perusahaan (Blue Ribbon, yang kemudian merekrut Nike), dia mendirikan kantor East Coast (In Wellesley, Massachusetts)

    4. Temukan mitra terpercaya di tempat kerja dan dalam kehidupan pribadi Anda
    Sejak awal, Knight membangun perusahaannya dengan bantuan beberapa karyawan setia, mantan atlet dari perguruan tinggi atau tim yang bersaing, mantan pelatihnya, beberapa akuntan dan pengacara tepercaya dan sebagainya. Dia mempercayai mereka.

    Dan sebaliknya. Orang tua dari salah satu karyawan pertamanya bahkan memberinya tabungan terakhir mereka, saat perusahaannya membutuhkan uang tunai. Mereka melakukannya karena "Jika Anda tidak dapat mempercayai perusahaan yang menjadi hak anak Anda, siapa yang dapat Anda percayai?"

    Dia mulai berkencan dengan istrinya Penny sekitar usia 30, dan dampaknya sama mendalamnya. Dia bukan pacar, katanya, tapi pasangan. Awalnya, dia membantu Blue Ribbon sebagai akuntan pertama perusahaan. Kemudian, dia akan menjadi fondasi baginya dan keluarga Knight. Dari memoarnya, jelas dia melihat para karyawan awal, bisnis dan mitra kehidupan, yang penting dalam kesuksesannya nanti.

    5. Jangan sembrono
    Knight bekerja penuh waktu sebagai akuntan dan asisten profesor selama beberapa tahun. Kemudian bekerja pada malam hari dan akhir pekan dengan Blue Ribbon. Baru beberapa tahun kemudian, dia berhenti dari pekerjaannya untuk mendedikasikan seluruh waktunya ke perusahaannya.

    Alasan untuk melakukannya adalah sebagian karena dia tidak yakin perusahaannya akan berhasil, dan sebagian karena dia membutuhkan penghasilan yang stabil untuk membayar tagihan pribadinya. Tapi saat dia memutuskan untuk berbisnis dengan Blue Ribbon, ia tidak mungkin kembali. Dia bahkan sampai menggadaikan rumahnya sebagai jaminan pinjaman usaha.

    6. Pastikan Anda tahu apa yang Anda inginkan, dan katakan
    Selama bertahun-tahun, Knight belajar untuk menegosiasikan kesepakatan bisnis, termasuk kontrak pembiayaan, manufaktur, distribusi, dan kontrak kerja. Penting dalam hal ini, katanya, adalah untuk mengetahui pergi ke sebuah negosiasi apa yang Anda inginkan, dan mengatakannya di depan.

    Bagi salah satu mitra pembiayaan, misalnya, dia mengatakan bahwa dia tidak akan menerima perusahaan tersebut untuk mengambil ekuitas pita biru mereka hanya diperbolehkan memberikan pinjaman. Kepada salah satu pemasok awalnya, dia menjelaskan betapa pentingnya pengiriman tepat waktu. Menjadi jelas tentang tujuannya menghindari kesalahpahaman tentang mereka nanti.

    7. Selalu punya rencana B
    Salah satu pelajaran terpenting Knight adalah ketika dia mengetahui bahwa satu-satunya pemasok sepatu, Onitsuka, sedang berada di belakang punggungnya untuk memotongnya dan bekerja sama dengan distributor AS lainnya. Begitu dia tahu, dia mulai mengerjakan sebuah rencana B untuk menghasilkan lini sepatu miliknya sendiri.

    Ketika sekitar satu tahun kemudian pemasoknya benar-benar memotongnya, "Nike" sudah ada di toko. Itu adalah sepatu dengan masalah kualitas sejak awal, tapi setidaknya dia memilikinya. Ini memungkinkan dia dan 30 pegawainya untuk terjun ke tanah, dan melanjutkan operasi dan penjualan Blue Ribbon.

    8. Jauhkan kendali bisnis Anda sendiri
    Pada beberapa kesempatan, Knight dengan sengaja mengendalikan perusahaannya sendiri, menolak pembelian dari pemasok Jepangnya, dan menolak memberikan beberapa (tapi tidak semua) dari karyawan awalnya sebagai saham di ekuitas perusahaan. Mungkin kedengarannya sulit, tapi sebagai pendiri, dia menganggap perlu menyimpan saham pengendali di perusahaannya.

    Baru setelah lebih dari satu dasawarsa berada dalam bisnis, Knight akhirnya sampai pada gagasan tentang IPO, untuk menjual sejumlah besar saham ke publik. Tapi sekali lagi, dia melakukannya dengan persyaratannya sendiri. Pemegang saham publik hanya akan mengakses apa yang disebut "B" - saham, yang memberikan dividen, tapi tidak memberikan hak suara yang sama kepada para pemegang saham baru. Sebagai pemegang saham mayoritas "A", dia sekali lagi mengendalikan perusahaan itu sendiri.

    9. Tawarkan rekan kerja Anda harapan dan alasan untuk percaya
    Untuk mengangkat semangat karyawannya, Knight menawarkan sebuah kisah tentang harapan, optimisme, dan rasa percaya diri. Bukan sepatu Onitsuka yang membuat kesuksesan kami, katanya pada mereka. Itu adalah kerja keras Anda. Jika ada, perpisahan berarti Blue Ribbon akhirnya bisa melakukan berbagai hal dengan caranya sendiri, dengan pengiriman waktu yang lebih baik dan produk yang sepenuhnya disesuaikan dengan pasar AS. Ceritanya berefek: Ini mengangkat semangat karyawan Blue Ribbon.

    Berikut adalah tips yang dapat Anda pelajari dari pendiri perusahaan Nike yaitu Phil Knight. Semoga bermanfaat..
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Tawarkan Rekan Kerja Anda Harapan dan Alasan Untuk Percaya Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top