728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Bisnis Meracik Aroma Parfum

    Profesi Peracik Parfum di Indonesia Masih Jarang

    Jakarta - Menjadi seorang perfumer atau peracik parfum di Tanah Air masih terbilang jarang. Berbeda halnya dengan di negara-negara Amerika maupun Eropa, yang banyak memiliki perfumer legendaris yang karyanya terkenal sampai sekarang ini.

    Nama Darwyn Tse pun menjadi salah satu orang yang menggeluti ranah wewangian. Meski sebatas hobi, tapi Darwyn melakukannya secara sukarela.

    "Boleh dicari, ada nggak nama perfumer Indonesia yang meracik sendiri parfumnya secara personal. Selama ini, kita selalu membeli merek di toko-toko parfum. Notes atau layernya sama tapi merek-nya yang kita beli," ucapnya kepada detikHOT.

    Hal tersebut yang membuat profesi Darwyn menjadi unik dan digemari peminatnya. Ia pun mengakui belajarnya secara otodidak. Salah satu yang sangat diidolakannya adalah peracik parfum Shalimar yang dibuat oleh Guerlain.

    Bisnis parfum di Prancis sudah berusia lebih dari 175 tahun dan masih terkenal sampai sekarang. "Saya sampai membeli parfum Shalimar dan mempelajari notes-notes yang ada di parfumnya," kenangnya.

    Di apartemen pribadinya, Darwyn juga menyimpan ratusan wewangian satuan. Nantinya, aroma tersebut yang akan diraciknya hingga menciptakan suatu aroma tertentu.

    Informasi selengkapnya mengenai kiprah peracik parfum dapat dilihat di Twitter @dtse, atau akun Instagram @making_scents_by_dtse. Silakan mengintip!

    Dari Make Up Artist, Kini Darwyn Tse Jadi Peracik Parfum

    Jakarta - Penampilan menarik tak hanya dilihat dari busana saja, tapi berasal dari wewangian yang disemprotkan ke tubuh. Aroma tersebut juga dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang.

    Namun, bagaimana jika menggunakan wewangian yang tak biasa, dibuat khusus oleh seniman sang peracik parfum, dan tidak dimiliki orang lain? Sangat spesial bukan?

    Hal itu yang coba diciptakan oleh Darwyn Tse, seorang make up artist ternama di ibukota. Dosen make up artistik yang mengajar di Laselle College International Jakarta itu menceritakan awal kisahnya meracik parfum yang dianggapnya sebagai 'sinyal alam'.

    "Dari dulu, aku memang penggemar berat essential oil atau wewangian apa saja. Suatu hari aku iseng beli alatnya dan mengotak-atik campurin beberapa aroma. Akhirnya dibotolin dan dipakai sendiri," katanya kepada detikHOT ketika ditemui di kawasan Sudirman Jakarta Pusat, beberapa waktu lalu.

    Saat itu, Darwyn naik taksi memakai aroma yang diraciknya. Sopir taksinya ngeh dengan parfum yang dipakainya. "Dia bilang enak. So I can take it as a signal dari alam," pungkas lulusan Performance and Fine Art di Victoria College of the Arts pada 1996 silam.

    Lambat laun, make up artist film 'Laura&Marsha' ini meracik sesukanya. Ia membeli parfum satuan secara online baik di luar negeri maupun di Indonesia, meraciknya sendiri dan membuat sesuai dengan pesanan.

    Bahkan bagi customer yang ingin memesan wewengian khusus dan secara pribadi Darwyn tak mengenalnya, maka ia punya cara tersendiri. "Aku punya caranya, instingku lumayan kuat dan dari situ ketahuan parfum apa yang mau aku buatin," kata Darwyn.

    Kali ini, culture detikHOT akan membahas mengenai sang peracik parfum Darwyn Tse yang memiliki profesi sampingan sebagai perfumer brand @making_scentse_by_dtse. Tak hanya sebagai make up artist tapi juga peracik yang diminati selebriti Tanah Air.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Bisnis Meracik Aroma Parfum Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top