728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Bebaskan Dari Pakem - Dan Itu Akan Jadi Kreatif

    Ada 200 Menu Tempe Tersebar di Jepang

    Ada 200 Menu Tempe Tersebar di Jepang Foto: Tempe di supermarket besar di AS (Nala Edwin)
    Jakarta -Ada seorang koki asal Jepang yang sudah membuat 200 menu memanfaatkan tempe sebagai bahan hidangannya. Koki tersebut mengenal tempe dari Rustono, warga Grobogan, Jawa Tengah, yang merintis usaha tempe di Negeri Sakura tersebut sejak 19 tahun silam.

    "Ada seorang yang menelpon saya. Dia menanyakan apa benar saya Rustono. Apa benar saya yang membuat tempe. Saya mengenal kamu, tapi mungkin kamu lupa dengan saya," tutur Rustono ditemui di Gedung Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), Jakarta.

    Pria yang menelpon tersebut tak lain adalah salah satu koki yang pintu restorannya pernah diketuk Rustono untuk menawarkan tempe.Koki itu sempat menolak tawaran Rustono karena khawatir produk tempe yang dibuatnya tak layak untuk dimakan.

    "Wajar, waktu itu kan orang nggak kenal tempe. Kemudian orang juga nggak mudah percaya karena wajah saya wajah orang asing bagi mereka," jelasnya.

    Perkenalannya dengan sang koki sendiri bermula dari sebuah artikel yang dimuat media lokal Jepang saat dirinya membangun pabrik tempe pertamanya. Waktu itu ia sedang membangun pabrik tempe di tengah musim salju yang lebat.

    "Ada seseorang yang beberapa hari berturut-turut melihat saya sedang di atas genting memasng alat. Dia bertanya, sedang apa saya di atas saat salju lebat. Saya jawab, saya sedang membangun impian. Orang yang bertanya tersebut tenyata seorang wartawan. Dia lalu menulis kisah saya. Dan kisah saya dibaca oleh koki tadi yang pernah menolak tempe buatan saya," pungkas dia.

    Namun begitu mengenal tempe buatan Rustono, Koki tersebut justru jadi salah satu mitra bernilai yang membantunya menyebarluaskan tempe dan memperkenalkannya ke seluruh penjuru jepang.

    "Waktu itu saya katakan, maaf saya cuma jual tempe mentah, nggak bisa buat makanan dari tempe. Dia jawab, kamu nggak perlu khawatir. Saya kan koki, saya bisa masak apa saja jadi makanan. Dia membuat 200 menu makanan menggunakan tempe. Dari mulai steak tempe, katsu tempe, teriaki tempe, burger tempe. Semua tempe," tuturnya.

    Ia pun menjelaskan, dirinya sengaja membatasi diri untuk memproduksi tempe mentah semata. Yakni mengolahnya dari kedelai sampai jadi tempe.

    "Saya berhenti sampai di situ saja. Karena kalau saya olah lebih lanjut, saya kenalkan tempe mendoan, tempe penyet dan tempe goreng, maka seterusnya orang nggak kreatif. Hanya itu-itu saja dibikin. Tapi karena saya bebaskan, jadi kreatif. Macam-macam makanan dia buat pakai tempe," sambung dia.

    Rusto's Tempeh dibanderol 300 Yen atau sekitar Rp 40.000-Rp 60.000 per bungkus. Beras satu bungkus tempe sekitar 250 gram. Selain itu, saat ini pun produk tempe sudah mulai banyak dimasukkan dalam menu makanan di berbagai instansi dari mulai sekolah, rumah sakit hingga restoran.

    "Menu makan siang sekolah-sekolah di Jepang saat ini sudah mulai pakai tempe. Tempe sudah masuk menu mereka," tuturnya.

    Hal ini, kata Rustono, merupakan hal yang membanggakan. Karena, berarti Jepang mengakui tempe sebagai makanan sehat dan layak dikonsumsi.

    "Mereka sangat ketat dalam mengeluarkan izin perusahaan makanan. Karena makanan itu sangat berkaitan dengan kesehatan. Kalau sampai dapat izin, apa lagi dikonsumsi banyak orang di sana, berarti diakui kalau tempe itu makanan sehat. Ini membanggakan saya," tutur dia.

    Saat ini, produk Rusto's Tempeh tak hanya dikenal di Jepang. Setidaknya sudah ada 7 negara yang telah menjadi lokasi ekspansi produk tempe miliknya.

    Di negara lain, tempe pun mendapat perlakuan serupa seperti di Jepang. Sangat dihargai karena kualitas gizi dan predikatnya sebagai makanan sehat. Di negara Eropa, tempe Rustono dijual dengan harga sekitar 1,7 Euro per bungkus seberat 250 gram.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Bebaskan Dari Pakem - Dan Itu Akan Jadi Kreatif Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top