728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Rencana Besar Mark Zuckerberg

    Zuckerberg Buka-bukaan Rencana Besar Facebook

    Jakarta - Mark Zuckerberg, CEO dan pendiri Facebook, terus menebar pesona seiring kesuksesan perusahaannya. Dan dalam berbagai kesempatan, dia membeberkan rencana besarnya terhadap Facebook. Berikut petikannya dari berbagai sumber.

    Topik favorit Anda belakangan adalah soal virtual reality. Mengapa Anda begitu tertarik?


    Kami meyakini kalau virtual reality akan menjadi teknologi yang penting. Aku cukup percaya diri soal ini. Dan sekarang adalah saatnya untuk melakukan investasi. Perusahaan kami Oculus Rift juga telah mengapalkan Gear VR bersama Samsung. Jadi ini sungguh membuat kami terpicu.

    Gear VR itu mungkin akan lebih banyak terjual daripada Rift. Harga dan kualitasnya memang berbeda. Rift bahkan lebih mahal dari harga jualnya karena ia juga membutuhkan PC yang powerful, yang mungkin harganya seribuan dolar.

    Kenapa orang harus membeli Rift? Karena ia menyediakan pengalaman virtual reality yang jauh lebih baik. Virtual reality adalah pengalaman visual yang intens dan memiliki PC powerful adalah satu satunya cara untuk menghantarkan pengalaman semacam itu.

    Jujur, aku tidak tahu seberapa lama untuk membangun ekosistemnya. Tebakanku sedikitnya 10 tahun. Dibutuhkan waktu selama itu untuk membuat smartphone akhirnya menjadi produk massal. Jadi virtual reality mungkin juga mengalami hal itu.

    Setelah virtual reality, tren apalagi yang akan berkembang?
    Untuk lima tahun ke depan, kami masih mencari tahu dan video mungkin akan menjadi yang terbesar. Video akan menjadi tren luar biasa. Kemudian dalam masa sepuluh tahun ke depan yang masih lama, kami berinvestasi di tiga area.

    Pertama adalah konektivitas, memastikan kalau setiap orang di dunia memiliki akses pada internet. Ini adalah hal yang besar karena saat ini, baru 3 miliar dari 7 miliar manusia yang sudah terkoneksi internet.

    Area kedua adalah artificial intelligence atau kecerdasan buatan. Kami memperkirakan akan ada banyak kemajuan yang membawa hal besar di masyarakat. Misalnya menurunnya kecelakaan karena ada mobil otomatis, atau diagnosa penyakit yang lebih baik.

    Dan area ketiga adalah platform komputer masa depan yang kami yakini adalah virtual reality dan augmented reality. Jadi hal hal itulah yang akan kami kembangkan dalam dekade mendatang dan setelahnya.

    Apakah kecedasan buatan atau robot itu berbahaya?

    Kupikir robot atau kecerdasan buatan itu tidak berbahaya. Bahwa semua mesin yang kita buat adalah untuk melayani manusia sehingga kecuali kita membuat kekacauan, kupikir harus tetap seperti itu keadaannya.

    Seiring dengan berjalannya waktu, kita akan mengetahui bagaimana membuat mereka aman. Pembicaraan yang terjadi sekarang semacam mengingatkanku tentang seseorang di tahun 1800 an yang duduk dan mengatakan, suatu hari kita mungkin membuat pesawat dan mereka mungkin kecelakaan.

    Dan orang tetap membuat pesawat terlebih dahulu barulah kemudian mereka memperhatikan soal keselamatan penerbangan. Jika orang fokus lebih dulu pada keselamatan, tidak ada yang akan membuat pesawat.

    Pemikiran yang takut akan menghambat kemajuan yang nyata. Jika mobil otomatis bisa mencegah kecelakaan, maka kecerdasan buatan akan meminimalisir salah satu penyebab kematian terbesar di dunia itu. Sistem AI juga memungkinkan dokter mendiagnosis dan merawat pasien dengan lebih baik. Jadi menghambat kemajuan itu barangkali adalah hal terburuk dan menghalangi dunia menjadi lebih baik.

    Ceritakan lagi soal bagaimana Anda menciptakan Facebook

    Ketika kuliah di Harvard, aku sepertinya menyukai sepuluh hal berbeda. Kupikir aku harus membuat tool di mana orang orang bisa membagikan hal hal semacam ini dengan orang di sekitar mereka. Dan begitulah, versi pertama Facebook dibuat.

    Hanya butuh waktu dua minggu untuk membuat versi pertama Facebook. Dan waktu itu aku tak menyangka Facebook akan seperti sekarang.

    Aku ingat malam ketika aku merilis Facebook di Harvard. Aku makan pizza dengan seorang teman. Aku berkata padanya bahwa aku sangat senang ada Facebook di Harvard sehingga mahasiswa bisa terkoneksi. Suatu hari, seseorang akan membuat hal semacam ini untuk dunia.

    Aku tak berpikir kalau orang itu adalah kami. Kami tak berharap bisa membuatnya jadi sesuatu yang besar. Tidak mungkin itu kami. Pasti orang lain karena kami cuma mahasiswa. Tapi ketika aku menengok ke belakang, yang paling mengejutkan adalah tidak ada orang lain yang membuatnya.

    Mungkin ada alasan kenapa pihak lain tak membuatnya. Mungkin mereka menganggap website semacam itu hanya untuk anak muda atau tidak akan menghasilkan uang. Atau tidak akan diterima di negara selain AS. Maka kamilah yang melakukannya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Rencana Besar Mark Zuckerberg Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top