728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Hotel Terbaik Di Dunia

    Mengenal Nihiwatu Resorts, Hotel Terbaik Dunia 2016 di Sumba




    Waikabubak - Prestasi membanggakan diraih oleh Nihiwatu Resorts di Sumba yang mendapat predikat hotel terbaik dunia 2016. Ayo kita kenal Nihiwatu lebih jauh.

    Majalah travel internasional Travel+Leisure belum lama menganugerahkan predikat hotel terbaik dunia tahun 2016 pada Nihiwatu Resorts di Sumba, NTT, Indonesia. Walau terpencil dan tak banyak diketahui, hotel berstandar internasional itu punya banyak kelebihan yang membuatnya layak menjadi juara.

    Dalam acara press conference Nihiwatu di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, turut dijelaskan berbagai keunggulan Nihiwatu yang disampaikan oleh Managing Partner Nihiwatu, James McBride serta dihadiri oleh Menpar Arief Yahya hingga Bupati Sumba Barat. Berikut beberapa faktanya:

    1. Dikelola oleh orang asing

    Sejarahnya, Nihiwatu pertama kali didirikan oleh Claude Graves yang lahir di Jerman beserta istrinya pada tahun 1988. Pad awalnya, mereka pergi ke Sumba untuk mencari lokasi surfing dan dibuat jatuh cinta akan keindahan pantainya.

    Mereka pun kemudian berinteraksi dan bersahabat dengan para masyarakat lokal Sumba hingga membuat sebuah resort yang kini bernama Nihiwatu. Namun pada tahun 2012, Claude menjual resortnya tersebut pada enterpreneur AS, Christopher Burch yang kini mengelola resortnya bersama Managing Partner James McBride yang memiliki pengalaman di bidang panjang di bidang perhotelan.

    2. 90% pekerjanya adalah orang lokal Sumba

    Walau dikelola oleh pihak asing, nyatanya Nihiwatu Resorts sangat mendukung kearifan lokal yang ada di Sumba. Salah satu buktinya dapat dilihat dari mayoritas pekerja yang 90%-nya adalah warga lokal Sumba. Jumlahnya bahkan mencapai 400 orang.

    "400 karyawan itu lokal, di mana tingkat hidup mereka lebih baik. Gajinya sampai Rp 5 juta, di atas UMR," ujar Pubric Relation Nihiwatu dari Petrie PR, Risty Brophy.

    Selain kesenjangan yang baik bagi para pekerjanya, iklim kerja yang bersifat kekeluargaan antar karyawan dan pengelola hotel juga menjadi kelebihan Nihiwatu

    3. Mengusung konsep ecotourism

    Konsep Ecotourism atau ramah lingkungan adalah apa yang diusung oleh Nihiwatu Resorts. Selain membangun resort yang ramah lingkungan, Nihiwatu juga menerapkan harmoni antara hotel dengan masyarakat asli dan budaya Sumba.

    Selain mempekerjakan masyarakat asli Sumba, Nihiwatu juga punya banyak kegiatan budaya yang dipandu langsung oleh masyarakat lokal. Tapi tidak hanya itu, Nihiwatu juga punya Yayasan Sumba (Sumba Foundation) yang bergerak untuk memajukan masyarakat Sumba.

    Sejumlah penggalangan dana pun seringkali dilakukan di luar negeri hingga meminta donasi dari para tamu. Di mana uangnya dipakai untuk menyembuhkan masyarakat dari penyakit malaria, memberi peralatan sekolah untuk anak-anak dan aneka hal positif lainnya.

    "Kami sangat bangga punya karena punya substansial bisnis dalam bentuk yayasan. Kami memusnahkan malaria, menyediakan peralatan untuk anak sekolah, juga melakukan penggalangan dana di AS," ujar James

    4. Punya 33 vila dengan jenis yang berbeda

    Sedangkan untuk kamar, Nihiwatu Resorts punya konsep villa yang berbeda satu sama lain. Ada Villa Kanatar, Lulu Amahu, Lamba, Marangga, Kasambi, Wamoro, Lantoro, Puncak, Rumah Pohon Mamole dan Raja Mendaka yang paling mahal.

    Setiap vila itu pun dilengkapi berbagai fasilitas dan keunikan berbeda. Secara keseluruhan, terdapat total 33 villa yang dapat diinapi oleh tamu di Nihiwatu. Harga setiap villa pun bervariasi satu sama lain.

    5. Menyediakan banyak aktivitas menarik

    Layaknya hotel berstandar internasional, ada banyak aktivitas menarik di Nihiwatu yang tak dapat ditemui di tempat lain. Mengapa? Karena ada unsur budaya masyarakat serta khas Sumba yang tentunya hanya dapat dijumpai di Nihiwatu.

    Contohnya seperti trekking ke sejumlah destinasi indah Sumba, safari, berkuda layaknya prajurit Sumba, memasak makanan lokal, hingga keliling pasar tradisional Waikabubak.

    Bagi Anda yang menggemari olahraga air, juga bisa melakukan aktivitas paddle board, surfing, jet ski hingga scuba diving. Untuk informasi, Pantai Nihiwatu hanya berjarak 2,5 km saja dari hotel.

    6. Hotel kelas internasional

    Dikelola oleh pihak asing, otomatis Nihiwatu Resorts dibangun dengan standar internasional. Hal itu pun tampak dari rates hotel yang menggunakan USD dan lebih ditujukan untuk turis asing yang berdompet tebal.

    Untuk harga villa yang paling murah saat low season, range harganya sekitar USD 650 atau sekitar Rp 8,4 juta per orang. Sedangkan yang paling mahal adalah villa Raja Mendaka yang bisa mencapai USD 12 ribu atau sekitar Rp 156 juta per orang. Luar biasa!

    Melihat sejumlah fakta di atas, dapat disimpulkan bahwa Nihiwatu resorts memiliki standar internasional yang didukung oleh konsep ecotourism yang baik. Hanya dari segi harga, Nihiwatu Resorts sudah tentu bukan untuk traveler kalangan backpacker.

    Mungkin jika punya rezeki berlebih, Anda bisa menjadikan Nihiwatu resorts sebagai destinasi bulan madu romantis dengan pasangan. Siapa tahu kan?
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Hotel Terbaik Di Dunia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top