728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Mengungkap Misteri Keragaman Bahasa Di Indonesia

    Mengungkap Peta Genetik di Balik Keragaman Bahasa di Indonesia

    Jakarta, Upaya untuk menelisik asal-usul penduduk Nusantara seakan tidak pernah ada habisnya. Kali ini, para ilmuwan akan menelusurinya dari keragaman berbahasa yang ada di bagian timur Indonesia.

    Prof J Stephen Lansing, direktur Complexity Institute Nanyang Technological University Singapura meyakini ada keterkaitan keterkaitan ragam bahasa dengan pola genetik. Untuk membuktikannya, Prof Stephen meneliti 530 laki-laki dari tujuh desa di Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur.

    Di ketujuh desa yang berada dalam satu wilayah kecil tersebut, terdapat lima bahasa lokal dari rumpun yang berbeda. Menariknya, kelimanya berasal dari rumpun bahasa yang berbeda yakni Austronesia dan Papua. Bahasa Austronesia mewakili bahasa yang berkerabat dengan bahasa Melayu.

    Bekerja sama dengan Lembaga Biomolekuler Eijkmann, Prof Lansing juga meneliti sampel genetik dari para partisipan. Hasilnya, terdapat hubungan yang sangat erat antara keragaman bahasa dengan garus keturunan, khususnya melalui jalur ibu atau maternal.

    Temuan seperti ini, diharapkan bisa semakin memperjelas asal-usul penduduk Nusantara dalam kaitannya dengan pola migrasi. Bicara tentang migrasi, tentunya tidak bisa lepas dari Garis Wallace yang memisahkan asal usul rumpun Austronesia dengan Papua, demikian dikatakan Prof Lansing.

    Semakin banyak penelitian seperti ini dilakukan, maka berbagai teori tentang migrasi manusia yang berkembang selama ini diharapkan akan menemukan titik temu. "Rencananya kita akan masuk juga ke Maluku Utara, Insya Allah tahun depan," kata Prof Herawati Sudoyo dari Lembaga Biomolekuker Eijkmann.

    Pemetaan genetik penduduk Nusantara sudah dilakukan Lembaga Eijkmaan sejak 15 tahun lalu. Data tersebut digunakan untuk banyak keperluan, termasuk di bidang kesehatan yakni mengukur prevalensi dan resistensi penyakit tertentu.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mengungkap Misteri Keragaman Bahasa Di Indonesia Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top