728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Anjing Anjing Penjaga Heroik

    Anjing-Anjing Heroik yang Menjaga Populasi Penguin

    Para anjing-anjing heroik (kiri) ini menjaga penguin fairy (kanan)

    VICTORIA – Terlihat sekumpulan anjing yang berlarian di sebuah pulau yang bernama Middle Island yang berada di selatan Victoria, Australia. Namun mereka bukan untuk bermain.

    Karena ternyata kumpulan anjing ini bertugas untuk menjaga populasi penguin terkecil di dunia yang tinggal di pulau tersebut.

    Pulau Middle Island sendiri dilaporkan adalah rumah bagi populasi penguin jenis fairy, dan mereka sangat kecil hingga hanya memiliki bobot satu kilogram saja.

    Namun, populasi mereka yang pada awalnya ada ratusan berkurang sangat parah akibat diburu oleh para rubah yang tinggal di pulau tersebut.

    Seorang peternak ayam yang prihatin dengan kondisi makin menurunnya populasi hewan mungil itu, lalu membuat sebuah solusi dengan menggunakan anjing agar menjaga pulau tersebut.

    Peternak ayam lokal yang dipanggil dengan nama ‘Swampy Marsh’ pada tahun 2006, menyarankan untuk menggunakan anjingnya yang berjenis Maremma untuk menjaga para burung mungil ini.

    “Di Australia, anjing-anjing ini biasanya digunakan untuk melindungi ayam, kambing atau domba,” kata Peter Abbott dari Proyek Pelestarian Penguin, sebagaimana dilansir dari Oddity Central.

    Anjing pertama yang dikirimkan ke pulau tersebut adalah Oddball, dan Abbott mengatakan terhadap perubahan pola dari para rubah di pulau tersebut.

    “Pada saat anjing itu ada di pulau, setiap pagi kami menemukan jejak rubah di pasir pantai, karena mereka tidak berani masuk pulau,” tambahnya.

    “Dengan adanya seekor anjing di pulau tersebut mengubah tingkat hierarki di pulau tersebut. Para rubah dapat mendengar gonggongan dari para anjing, jadi mereka langsung lari ke lokasi lain ketika mendengar atau mencium bau dari para anjing,” jelas Abbott.

    Sudah 10 tahun semenjak Oddball dan beberapa ekor anjing menjaga pulau tersebut, dan dilaporkan tidak ada satu pun penguin yang mati karena diserang oleh Rubah.

    Saat ini populasi dari Penguin Fairy di pulau tersebut sebanyak 200 ekor dan dijaga oleh Eudy, Teula dan tujuh anjing lagi yang ikut dalam program pelestarian populasi penguin.

    “Kami melatihnya agar mereka menganggap bahwa pulau tersebut milik mereka. 90 persen pekerjaan mereka ada menggonggong agar menakuti para rubah, namun jika mereka bertemu dengan rubah, para anjing ini tidak ragu untuk menyerangnya,” tambah Abbott.

    Untuk menghargai para anjing heroik ini, ternyata sebuah film berjudul Oddball dirilis pada bulan September dan di Australia saja film ini sudah menghasilkan pemasukan sebesar USD 7,9 juta atau sekira Rp 109 miliar.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Anjing Anjing Penjaga Heroik Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top