728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif

    8 Cara Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif

    Jakarta - Kemampuan untuk berpikir kreatif bukan bakat alami yang hanya ada pada sebagian orang. Pakar mengatakan kemampuan berpikir kreatif bisa dilatih dan diasah, bahkan ketika seseorang sudah dewasa.

    Berpikir kreatif bisa dilatih dengan cara-cara tertentu. Tak susah, Anda cukup melakukan beberapa hal ini dalam keseharian Anda.

    Psikolog sosial Ron Friedman, Ph.D mengatakan berpikir kreatif bukan sesuatu yang sulit. Dengan melakukan beberapa langkah dan latihan, Anda bisa menjadi kreatif secara alamiah.

    "Anda bisa membuat diri Anda bekerja lebih keras. Tentu saja Anda juga bisa melatih diri agar berpikir kreatif dalam keseharian," tutur Friedman, dikutip dari CNN.

    Nah, Friedman menjelaskan ada 8 cara yang dapat Anda lakukan untuk mengasah kemampuan berpikir kreatif. Apa saja?

    1. Bersyukur di pagi hari

    Mood yang jelek dikatakan Friedman dapat menghambat otak menghasilkan pemikiran kreatif. Untuk itu Anda harus mencegah datangnya mood jelek, dengan cara berpikir positif sejak bangun tidur.

    Caranya mudah, Anda cukup menuliskan 3 hal yang Anda syukuri di pagi hari. Dengan bersyukur Anda akan lebih positif menerima tantangan dan siap melahirkan pemikiran kreatif.

    2. Meja kerja berantakan

    Sebuah penelitian dari University of Minnesota menyebut orang yang bekerja di ruangan berantakan menghasilkan pemikiran yang lebih kreatif. Meja kerja yang berantakan juga menghasilkan efek yang sama.

    Friedman percaya ada hubungan antara ketidakteraturan dengan munculnya ide-ide kreatif. Seperi kata Albert Einstein, "Jika meja kerja berantakan merupakan penanda otak yang berantakan juga, apa yang bisa dihasilkan oleh meja kerja yang kosong?"

    3. Kunjungi kedai kopi

    Mengunjungi kedai kopi diklaim dapat meningkatkan kreativitas Anda. Bukan karena kafein dari kopi, Friedman mengatakan suasana dan kebisingan di kedai kopi membuat pikiran sulit fokus pada satu hal, yang memungkinkan munculnya ide-ide kreatif dan tidak biasa.

    Dengan kata lain, pikiran akan lebih bercabang dan menggali hal-hal yang lebih luas. Saat ini bahkan ada yang menjual aplikasi suara di kedai kopi!

    4. Banyak teman

    Memiliki banyak teman yang bekerja di bidang yang berbeda bermanfaat untuk mangasah kemampuan berpikir kreatif Anda. Bergaul dengan orang yang bekerja di bidang berbeda memunculkan kemungkinan Anda saling melengkapi ide masing-masing.

    Coba atur pertemuan dengan teman Anda minimal sebulan sekali. Anda bisa mengobrol santai dan siapa tahu inspirasi ide muncul secara tiba-tiba.

    5. Kerjakan tugas dengan nyaman

    Seringkali ketika mendapat tugas penting seseorang akan buru-buru mengerjakannya agar cepat selesai. Cara ini dinilai Friedman tidak efektif karena bisa jadi hasil pekerjaan tidak bagus dan tidak maksimal.

    Ia menyarankan agar seseorang mengerjakan pekerjaannya dengan nyaman. Boleh juga sesekali membawa pekerjaan keluar kantor untuk mencari inspirasi baru.

    6. Atur jadwal 'me time'

    Me time atau waktu untuk sendirian sangat penting untuk kesehatan mental. Ketika kita sendirian, pikiran bisa berjalan bebas dan sangat mungkin menghasilkan ide-ide kreatif dan tidak biasa.

    Friedman mengatakan hal inilah 7yang membuat kita seringkali mendapat ide-ide menarik ketika sedang mandi, berdiri di transjakarta atau commuter line, atau sedang bengong.

    7. Jogging sebelum makan siang

    8. Coba Hal Baru
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Mengasah Kemampuan Berpikir Kreatif Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top