728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Tempat Paling Berbahaya di India

    Medan Perang Paling Berbahaya di India

    INDIA adalah salah satu negara di dunia yang memiliki tempat-tempat paling berbahaya. Hal ini tidak mengherankan jika menilik sejarah dan perkembangan negaranya yang tidak kunjung lepas dari peperangan. Dari segi sejarah, India sama halnya dengan Indonesia, pernah dijajah oleh bangsa Eropa, seperti Inggris, Perancis, dan Portugis.

    Negeri Anak Benua ini memang terkenal dengan rempah-rempahnya, dan memiliki lokasi strategis di perbatasan-perbatasan dengan negara Asia lainnya. Serta pusat kebudayaan yang menarik, penduduk terbanyak hingga miliaran jiwa dan negara terbesar ketujuh di dunia secara geografis. Dari sini juga terlahir peradaban kuno dan empat agama utama di dunia yakni Hindu, Buddha, Janinisme, dan Sikhisme.

    Namun sungguh disayangkan, setelah merdeka dari berabad-abad penjajahan Inggris (1605–1947), India masih menjadi salah satu negara termiskin di dunia, rawan konflik dan pelanggaran hak asasi manusia, terutama terhadap perempuan.

    Berfokus pada masalah kedaulatan, Negeri Bollywood pada akhirnya pecah menjadi tiga negara pada akhir Perang Dunia II. Pertama-tama, akibat konflik agama berkepanjangan, umat Islam yang menjadi minoritas di India memisahkan diri dan mendirikan negara baru di bagian selatan, dan kini kita kenal dengan Pakistan. Akibat faktor geografis, politik, budaya, dan bahasa, pada 1971 Pakistan pun terpecah juga. Pakistan bagian Timur menjadi negara baru bernama Bangladesh.

    Berdasarkan latar belakang tersebut, India menjadi kawasan rawan konflik dan medan perang selama berabad-abad, bahkan setelah sekian lama menjadi negara merdeka dan berdaulat. Berikut ini Okezone bahas beberapa lokasi medan perang paling berbahaya yang ada di India, sebagaimana dilansir Scoopwhoop.

    1. Siachen, Medan Perang Tertinggi di Dunia

    Terletak di ketinggian 19.000 kaki atau 6.700 meter di atas permukaan laut dan memiliki suhu dingin di bawah 50 derajat Celsius, gunung es Siachen dinobatkan sebagai medang perang tertinggi sekaligus terdingin di dunia. Pada masa Perang Dunia, pegunungan di kawasan Khasmir ini pernah menjadi medan perang antara tentara India dan Pakistan.

    Pada 1984, sekira 3.000 pasukan India dan Pakistan pernah bentrok di Siachen. Dari total tersebut, 2.000 tentara dilaporkan kehilangan nyawanya. Kebanyakan bukan karena perang, melainkan akibat suhu ekstrem dan kondisi hidup yang tak memungkinkan.

    2. Perbatasan Kawat LOC

    Perbatasan Line of Control (LOC) atau kawasan gencatan senjata antara India dan Pakistan ini terletak di daerah bekas Negara Kesultanan Kashmir dan Jammu, tepatnya dari Gilgit-Baltisan hingga ke Dras. Banyak tentara dari kedua negara diposkan di perbatasan ini sepanjang hari. Dikarenakan sangat berbahaya kawasan ini, tentara di perbatasan berkawat duri ini adalah mereka yang terlatih mampu menangkal serangan mortir, tembakan meriam dan hujan peluru yang sewaktu-waktu bisa meletus.

    LOC telah menjadi saksi bisu kematian lebih dari 500 tentara India dan 1363 orang terluka dalam Perang Kargil melawan Pakistan pada Mei–Juli 1999. Sementara dari pihak Pakistan, sedikitnya 357 tentara terbunuh dan lebih dari 665 tentara lainnya terluka.

    3. Munabao, Padang Gurun Thar

    Munabao terletak di Gurun Thar yang dikenal sebagai tanah orang mati. Kebalikan dari Siachen yang sangat dingin, padang gurun di perbatasan India dan Pakistan ini memiliki suhu setinggi 50 derajat Celsius. Kawasan ini juga merupakan perbatasan terpanjang antar negara yang pernah bersatu itu yakni sepanjang 1.040 kilometer.

    Seperti perbatasan-perbatasan lainnya, Munabao juga dijaga ketat oleh ribuan tentara, terutama selam perang pada 1965-1971. Nahasnya bagi prajurit yang ditempatkan di kawasan ini harus rela diterjang panas terik yang nyelekit di kulit, badai pasir tak habis-habis, dan terpaan angin kencang.

    Selain ketiga lokasi tersebut, masih banyak lokasi lain di India yang pernah bahkan hingga kini masih menjadi medan perang di India. Antara lain, Dantewada yang disebut juga Red Capital of India karena jadi ladang ranjau; Tawang, perbatasan antara India dan China; dan Hutan Assam yang selama beberapa dekade terakhir dihuni kaum pemberontak United Liberation Front of Assam (ULFA).
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Tempat Paling Berbahaya di India Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top