728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Dosa & Mitos Google Glass

    Jakarta - Kacamata pintar Google Glass rencananya dipasarkan tahun ini. Namun berbagai kritikan terlanjur berdatangan. Google pun gerah dan membela habis-habisan gadget anyarnya tersebut.

    Dengan kemampuan rekam foto dan video, Google Glass dinilai bisa mengganggu privasi. Kemudian, memakai Google Glass bisa memecah konsentrasi penggunanya. Dan masih ada beberapa kritikan lagi yang menyasar kacamata pintar ini.

    Google pun tidak tinggal diam. Raksasa internet yang didirikan Sergey Brin dan Larry Page ini menuliskan beberapa mitos Google Glass yang mereka klaim tidak benar. Apa saja? Simak berikut ini.

    1. Memakai Glass mengganggu kehidupan. Ketimbang terus melihat komputer, ponsel atau tablet ketika kehidupan sedang berlangsung di sekitar, Glass justru memungkinkan Anda untuk melihat dan terlibat dengan kehidupan nyata.

    Momen besar dalam kehidupan seperti konser, pentas anak-anak Anda atau pemandangan yang menakjubkan, tidak seharusnya dinikmati melalui layar gadget. Itulah sebabnya Glass sebenarnya tidak selalu aktif dan hanya menyala jika Anda membutuhkannya.

    Glass didesain untuk memenuhi kebutuhan Anda hanya pada saat diperlukan dan kemudian mengembalikan Anda ke orang dan sesuatu dalam hidup yang penting bagi Anda.

    2. Glass selalu menyala dan merekam segalanya. Seperti halnya ponsel Anda, layar Glass mati secara default. Perekaman video di Glass juga diset berakhir hanya dalam 10 detik.

    Orang memang bisa merekam lebih lama, namun Glass tidak didesain untuk mampu merekam secara terus menerus, karena jika demikian, baterainya tidak akan bertahan lebih dari 45 menit.

    3. Pemakai Glass Explorer (edisi Glass yang diuji kalangan terbatas-red) adalah pecandu teknologi. Pemakai Explorer kami datang dari berbagai bidang. Mereka termasuk orang tua, pemadam kebakaran, penjaga kebun binatang, pelajar, wartawan dan dokter. Satu kesamaan mereka adalah melihat potensi pemakaian teknologi yang membantu mereka terlibat lebih banyak dalam dunia sekitar, bukannya malah mengganggu.

    Faktanya, banyak Explorer menyatakan karena memakai Glass, mereka malah lebih sedikit memakai teknologi karena mereka menggunakanya secara lebih efisien.

    4. Glass sudah siap digunakan massal. Glass adalah sebuah prototipe dan pengguna serta publik luas memainkan peran penting dalam pengembangannya. Dalam 11 bulan terakhir, kami melakukan 9 update software dan tiga update hardware, dari feedback orang-orang seperti Anda.

    Kami berharap lebih banyak lagi umpan balik sebelum produk ini dirilis. Dan di masa depan, prototipe Glass ini mungkin akan kelihatan lucu, sama seperti kalau kita melihat ponsel dari zaman tahun 1980-an.

    5. Glass bisa mengenali wajah. Itu tidak benar. Seperti yang sudah kami kemukakan, kami membuat keputusan berdasarkan umpan balik dan tidak merilis pengenal wajah kecuali kami bisa memecahkan masalah terkait fitur tersebut.

    Dan meskipun mungkin ada aplikasi aneh diciptakan, tidak berarti akan didistribusikan di toko aplikasi MyGlass. Kami secara manual menyetujui semua aplikasi yang muncul di sana dan memiliki beberapa penilaian tentangnya.

    6. Glass menghalangi pandangan. Sebelum menyimpulkan soal Glass, apakah Anda sudah mencobanya? Layar Glass ada di atas mata kanan, bukan didepannya. Didesain seperti itu karena kami mengerti pentingnya kontak mata dan terlibat di dunia nyata ketimbang terus melihat gadget Anda.

    7. Glass adalah perangkat mata-mata yang sempurna. Jika sebuah perusahaan merancang perangkat mata-mata, mereka akan membuat yang lebih baik dibandingkan Glass. Jika seseorang ingin secara rahasia merekam Anda, ada begitu banyak kamera yang lebih baik di luar sana ketimbang Glass yang dipakai di wajah Anda dan menyala setiap kali Anda memberinya perintah.

    8. Glass saat ini hanya untuk orang kaya. Prototipe yang ada saat ini harganya USD 1.500 dan kami menyadari banderol itu tidak bisa dijangkau banyak orang. Namun bukan berarti orang yang sekarang memilikinya kaya. Ada yang berupa hadiah atau mereka berusaha mengumpulkan uang.

    9. Glass dilarang di mana-mana. Sejak ponsel menjadi populer, orang menciptakan etika dan larangan di mana orang bisa merekam. Karena Glass fungsinya mirip dengan ponsel, aturan yang sama juga mungkin berlaku.

    10. Glass adalah pembunuh privasi. Ketika kamera dipasarkan pertama kali pada akhir abad ke 19, orang orang juga mengiranya akhir dari privasi. Kamera dilarang di taman, di monumen nasional dan pantai. Orang juga takut ketika ponsel pertama kali keluar. Namun saat ini, kamera jumlahnya begitu banyaknya.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Dosa & Mitos Google Glass Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top