728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Ayat-Ayat Ramalan Alkitab Yang Meleset dan Tak Terpenuhi

    1. Ramalan Paulus tentang kedatangan Yesus (I Tesalonika 4:16-17).

    Dalam ayat ini Paulus meramalkan bahwa setelah kebangkitan Yesus dari kubur, dia dan seluruh pengikutnya yang masih hidup itu akan diangkat bersama-sama dengan Yesus dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Ramalan ini tidak terpenuhi, bukan Yesus yang menjemput Paulus, tapi pedang kaisar Nero yang memenggal leher Paulus di Roma tahun 64 M.

    Ramalan Paulus ini tidak akan terjadi, meski dia diberi waktu 2000 tahun lagi untuk menunggu kegenapan nubuatnya.

    JAWAB :

    Paulus memakai kata "kita" dalam 1 Tesalonika 4:17 karena ia mengetahui bahwa kedatangan Tuhan dapat saja terjadi sementara ia hidup, dan ia menyampaikan harapan yang sama kepada semua orang Tesalonika. Alkitab menekankan penantian yang tak berkeputusan dengan keinginan terhadap kedatangan Tuhan. Orang percaya masa kini harus senantiasa waspada dan dengan penuh harapan menunggu kedatangan Kristus untuk mengangkat mereka.

    Ayat 17 menulis, "sesudah itu, kita yang hidup, yang masih tinggal, akan diangkat bersama-sama dengan mereka dalam awan menyongsong Tuhan di angkasa. Demikianlah kita akan selama-lamanya bersama-sama dengan Tuhan."

    Kata "sesudah itu" dalam bahasa Yunani ditulis 'EPEITA', tidak bermakna bahwa hal itu terjadi sekonyong-konyong atau dalam waktu singkat, bandingkan dengan dua ayat di bawah ini, saya tandai khusus kata yang diterjemahkan dari 'EPEITA'.

    * Galatia 1:21
    "Kemudian ('EPEITA') aku pergi ke daerah-daerah Siria dan Kilikia."

    * Yakobus 4:14
    "sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu ('EPEITA') lenyap."

    SUMBER : YOHANES/BIBLIKA

    2. Ramalan kedatangan Yesus (Matius 10:23; 16:28; Markus 9:1 dan Lukas 9:27).

    Yesus menubuatkan bahwa dia dan kerajaan Allah akan datang sebelum para muridnya selesai mengunjungi kota-kota Israel. Ramalan ini meleset jauh, sebab sampai saat ini Yesus belum juga turun datang kembali ke dunia. Padahal para murid Yesus sudah mati semua 2000 tahun yang lalu.

    JAWAB :

    * Matius 10:23
    LAI TB, Apabila mereka menganiaya kamu dalam kota yang satu, larilah ke kota yang lain; karena Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya sebelum kamu selesai mengunjungi kota-kota Israel, Anak Manusia sudah datang.
    KJV, But when they persecute you in this city, flee ye into another: for verily I say unto you, Ye shall not have gone over the cities of Israel, till the Son of man be come.
    TR, οταν δε διωκωσιν υμας εν τη πολει ταυτη φευγετε εις την αλλην αμην γαρ λεγω υμιν ου μη τελεσητε τας πολεις του ισραηλ εως αν ελθη ο υιος του ανθρωπου
    Translit, hotan de diôkôsin humas en tê polei tautê pheugete eis tên allên amên gar legô humin ou mê telesête tas poleis tou israêl heôs an elthê ho huios tou anthrôpou

    Ayat ini memang agak sulit penafsirannya. Schweitzer mendasarkan ajarannya tentang "eskatologi yang sedang berlangsung" pada ayat ini, dengan mengatakan bahwa Yesus mengharapkan hari akhir pada waktu itu.
    Jelas Matius tidak berpikir demikian. Suatu pemecahan ialah bahwa sebelum mereka selesai melarikan diri ke "kota-kota Israel", penghakiman "Anak Manusia" sudah datang dengan perantaraan orang Roma dalam Perang Yahudi.

    Hal ini dapat dibandingkan dengan gagasan Koresy, raja Persia sebagai gembala yang diurapi Allah dalam ayat-ayat berikut ini:

    * Yesaya 44:28
    LAI TB, Akulah yang berkata tentang Koresh: Dia gembala-Ku; segala kehendak-Ku akan digenapinya dengan mengatakan tentang Yerusalem: Baiklah ia dibangun! dan tentang Bait Suci: Baiklah diletakkan dasarnya!
    KJV, That saith of Cyrus, He is my shepherd, and shall perform all my pleasure: even saying to Jerusalem, Thou shalt be built; and to the temple, Thy foundation shall be laid.
    Hebrew,
    הָאֹמֵר לְכֹורֶשׁ רֹעִי וְכָל־חֶפְצִי יַשְׁלִם וְלֵאמֹר לִירוּשָׁלִַם תִּבָּנֶה וְהֵיכָל תִּוָּסֵד׃ ס
    Translit, HÂ'OMÊR LEKHÔRESY RO'Î VEKHOL-KHEFTSÎ YASYLIM VELÊ'MOR LÎRÛSYÂLAIM TIBÂNEH VEHÊYKHÂL TIVÂSÊD

    * Yesaya 45:1
    LAI TB, Beginilah firman TUHAN: "Inilah firman-Ku kepada orang yang Kuurapi, kepada Koresh yang tangan kanannya Kupegang supaya Aku menundukkan bangsa-bangsa di depannya dan melucuti raja-raja, supaya Aku membuka pintu-pintu di depannya dan supaya pintu-pintu gerbang tidak tinggal tertutup"
    KJV, Thus saith the LORD to his anointed, to Cyrus, whose right hand I have holden, to subdue nations before him; and I will loose the loins of kings, to open before him the two leaved gates; and the gates shall not be shut;
    Hebrew,
    כֹּה־אָמַר יְהוָה לִמְשִׁיחֹו לְכֹורֶשׁ אֲשֶׁר־הֶחֱזַקְתִּי בִימִינֹו לְרַד־לְפָנָיו גֹּויִם וּמָתְנֵי מְלָכִים אֲפַתֵּחַ לִפְתֹּחַ לְפָנָיו דְּלָתַיִם וּשְׁעָרִים לֹא יִסָּגֵרוּ׃
    Translit, KOH-'ÂMAR YEHOVÂH LIMSYÎKHÔ LEKHÔRESY 'ASYER-HEKHEZAQTÎ VÎMÎNÔ LERAD-LEFÂNÂV GOYIM ÛMOTNÊY MELÂKHÎM 'AFATÊAKH LIFTOAKH LEFÂNÂV DELÂTAYIM ÛSYE'ÂRÎM LO' YISÂGÊRÛ

    Penafsiran lain, ada yang memakai Matius 10:23 ini untuk mengartikan bahwa Yesus mengharapkan misi kedua belas murid itu membuat satu gerakan pertobatan yang besar di antara Israel sehingga kerajaan eskatologis datang sebelum mereka menyelesaikan misi mereka. Tafsiran ini tidak memperhitungkan campuran karakter dari pasal itu. Perikop ini jelas jelas melihat ke balik misi kedua belas murid saat itu kepada misi masa depan di dunia. Ayat sekarang tidak lagi mengatakan bahwa misi murid-murid Yesus kepada bangsa Israel akan berakhir hingga kedatangan Anak Manusia. Ayat itu menunjukkan bahwa di samping kebutaannya, Allah tidak membuang Israel. Umat Allah yang baru akan memperhatikan Israel hingga akhir zaman.

    * Matius 16:27-28
    16:27 LAI TB, Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.
    KJV, For the Son of man shall come in the glory of his Father with his angels; and then he shall reward every man according to his works.
    TR, μελλει γαρ ο υιος του ανθρωπου ερχεσθαι εν τη δοξη του πατρος αυτου μετα των αγγελων αυτου και τοτε αποδωσει εκαστω κατα την πραξιν αυτου
    Translit, mellei gar ho huios tou anthrôpou erchesthai en tê doxê tou patros autou meta tôn aggelôn autou kai tote apodôsei hekastô kata tên praxin autou

    16:28 LAI TB, Aku berkata kepadamu: Sesungguhnya di antara orang yang hadir di sini ada yang tidak akan mati sebelum mereka melihat Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya.
    KJV, Verily I say unto you, There be some standing here, which shall not taste of death, till they see the Son of man coming in his kingdom.
    TR, αμην λεγω υμιν εισιν τινες των ωδε εστηκοτων οιτινες ου μη γευσωνται θανατου εως αν ιδωσιν τον υιον του ανθρωπου ερχομενον εν τη βασιλεια αυτου
    Translit, amên legô humin eisin tines tôn ôde hestêkotôn oitines ou mê geusôntai thanatou heôs an idôsin ton huion tou anthrôpou erkhomenon en tê basileia autou

    "Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya", 'APODÔSEI HEKASTÔ KATA TÊN PRAXIN AUTOU'. Hanya Matius yang memuat kata-kata ini, yang diambil dari Mazmur 62:13, "dan dari pada-Mu juga kasih setia, ya Tuhan; sebab Engkau membalas setiap orang menurut perbuatannya."; Amsal 24:12, "Kalau engkau berkata: 'Sungguh, kami tidak tahu hal itu!'
    Apakah Dia yang menguji hati tidak tahu yang sebenarnya? Apakah Dia yang menjaga jiwamu tidak mengetahuinya, dan membalas manusia menurut perbuatannya?".

    Perbuatan adalah bukti dari sikap (Matius 7:21, "Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Surga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di surga.")

    "Anak Manusia datang sebagai Raja dalam Kerajaan-Nya", 'TON HUION TOU ANTHRÔPOU ERKHOMENON EN TÊ BASILEIA AUTOU'. "Sebagai Raja" tidak disebut secara nyata dalam naskah Yunani. Markus menulis "Kerajaan Allah telah datang dengan kuasa". Kata-kata ini tentu menunjuk kepada suatu peristiwa yang sangat penting yang akan membenarkan pengertian tentang nilai-nilai baru dalam ayat-ayat sebelumnya.

    Banyak ahli berpendapat bahwa kata-kata itu menunjuk kepada 'parousia', dan bahwa Yesus salah tentang waktunya, ini membuat umat Kristen ragu-ragu apakah Ia pernah mengatakan Kerajaan itu akan datang sebelum beberapa orang dari antara mereka mati (bandingkan dengan Matius 24:36, "Tetapi tentang hari dan saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di surga tidak, dan Anakpun tidak, hanya Bapa sendiri.")

    Ada ahli yang mengatakan bahwa yang dimaksud dalam kata-kata itu ialah pemuliaan-Nya di atas bukit, tapi rasanya aneh bahwa ada disebut tentang kematian padahal pemuliaan di atas gunung itu terjadi enam hari kemudian. Lebih besar kemungkinannya, kata-kata itu menunjuk kepada suatu peristiwa besar pada waktu mana Kerajaan itu datang sesudah Yesus sendiri mengalami kematian dan yang lain-lain (murid-murid dan orang-orang percaya) mengatakan kesediaan untuk mati (Matius 26:35, "Kata Petrus kepada-Nya: 'Sekalipun aku harus mati bersama-sama Engkau, aku takkan menyangkal Engkau.' Semua murid yang lainpun berkata demikian juga.")

    Kata "kuasa" dalam Markus dihubungkan dengan kebangkitan (Roma 1:4, "dan menurut Roh kekudusan dinyatakan oleh kebangkitan-Nya dari antara orang mati, bahwa Ia adalah Anak Allah yang berkuasa, Yesus Kristus Tuhan kita.") dan Pentakosta (Kisah Para Rasul 1:8, "Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.") dan kata itu dapat memaksudkan kedua peristiwa itu.

    3. Hak keturunan Abraham (Kejadian 21:12).

    Dalam ayat ini Tuhan menubuatkan bahwa yang disebut keturunan Abraham adalah berasal dari Ishak. Nubuat ini meleset jauh lebih besar, Sebab dalam I Tawarikh 1:28-30 Ismail juga disebut sebagai anak keturunan Abraham.

    JAWAB :

    Ismael adalah anak Abraham juga, bahkan keturunan Abraham.

    * Kejadian 21:12
    LAI TB, Tetapi Allah berfirman kepada Abraham: "Janganlah sebal hatimu karena hal anak dan budakmu itu; dalam segala yang dikatakan Sara kepadamu, haruslah engkau mendengarkannya, sebab yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak."
    KJV, And God said unto Abraham, Let it not be grievous in thy sight because of the lad, and because of thy bondwoman; in all that Sarah hath said unto thee, hearken unto her voice; for in Isaac shall thy seed be called.
    Hebrew,
    וַיֹּאמֶר אֱלֹהִים אֶל־אַבְרָהָם אַל־יֵרַע בְּעֵינֶיךָ עַל־הַנַּעַר וְעַל־אֲמָתֶךָ כֹּל אֲשֶׁר תֹּאמַר אֵלֶיךָ שָׂרָה שְׁמַע בְּקֹלָהּ כִּי בְיִצְחָק יִקָּרֵא לְךָ זָרַע׃
    Translit, VAYO'MER 'ELOHÎM 'EL-'AVRÂHÂM 'AL-YÊRA' BE'ÊYNEYKHA 'AL-HANA'AR VE'AL-'AMÂTEKHA KOL 'ASYER TO'MAR 'ÊLEYKHA SÂRÂH SYEMA' BEQOLÂH KÎ VEYITSKHÂQ YIQÂRÊ' LEKHA ZÂRA'

    * 1 Tawarikh 1:28
    LAI TB, Anak-anak Abraham ialah Ishak dan Ismael.
    KJV, The sons of Abraham; Isaac, and Ishmael.
    Hebrew,
    בְּנֵי אַבְרָהָם יִצְחָק וְיִשְׁמָעֵאל׃ ס
    Translit, "BENÊY'AVRÂHÂM YITSKHÂQ VEYISYMÂ'Ê'L"

    Ungkapan "yang akan disebut keturunanmu ialah yang berasal dari Ishak", 'KÎ VEYITSKHÂQ YIQÂRÊ' LEKHA ZÂRA' dapat dibandingkan dengan penjelasan rasul Paulus dalam ayat-ayat berikut ini:

    * Roma 9:7-8
    "dan juga tidak semua yang terhitung keturunan Abraham adalah anak Abraham, tetapi: 'Yang berasal dari Ishak yang akan disebut keturunanmu.' Artinya: bukan anak-anak menurut daging adalah anak-anak Allah, tetapi anak-anak perjanjian yang disebut keturunan yang benar."

    Jadi, Kejadian 21:12 lebih menekankan sisi moral dan religius ketimbang keturunan langsung secara fisik.

    4. Ramalan Tuhan Meleset (Yeremia 34:4-5)

    Dalam ayat Tuhan berfirman bahwa Zedekia, raja Yehuda tidak akan mati oleh pedang, melaikan akan mati dengan damai. Nubuat ini meleset jauh, dalam kitab Yeremia 52:10-11 diceritakan bahwa pada akhir hayatnya Zedekia tewas ditangan raja Babel. Sebelum meninggal, mata Zedekia dibutakan, lalu dibelenggu dengan rantai tembaga. Kemudian ditaruh dalam rumah hukuman sampai meninggal.

    JAWAB :

    Saya tidak melihat pertentangan yang mendasar terutama jika kita membaca secara lengkap:

    * Yeremia 34:2-5
    34:2 LAI TB, "Beginilah firman TUHAN, Allah Israel: Pergilah berbicara kepada Zedekia, raja Yehuda, katakan kepadanya: Beginilah firman TUHAN: Sesungguhnya, Aku menyerahkan kota ini ke dalam tangan raja Babel, supaya dihanguskannya dengan api.
    KJV, Thus saith the LORD, the God of Israel; Go and speak to Zedekiah king of Judah, and tell him, Thus saith the LORD; Behold, I will give this city into the hand of the king of Babylon, and he shall burn it with fire:
    Hebrew,
    כֹּה־אָמַר יְהוָה אֱלֹהֵי יִשְׂרָאֵל הָלֹךְ וְאָמַרְתָּ אֶל־צִדְקִיָּהוּ מֶלֶךְ יְהוּדָה וְאָמַרְתָּ אֵלָיו כֹּה אָמַר יְהוָה הִנְנִי נֹתֵן אֶת־הָעִיר הַזֹּאת בְּיַד מֶלֶךְ־בָּבֶל וּשְׂרָפָהּ בָּאֵשׁ׃
    Translit, KOH-'ÂMAR YEHOVÂH 'ELOHÊY YISRÂ'ÊL HÂLOKH VE'ÂMARTÂ 'EL-TSIDQÎYÂHÛ MELEKH YEHÛDÂH VE'ÂMARTÂ 'ÊLÂV KOH 'ÂMAR YEHOVÂH HINENÎ NOTÊN 'ET-HÂ'ÎR HAZO'T BEYAD MELEKH-BÂVEL ÛSERÂFÂH BÂ'ÊSY

    Dikatakan bahwa Yerusalem akan diserahkan ke dalam tangan raja Babel, dan ini terbukti (Yeremia 34:22; 21:4, 10; 32:3, 28, 29; 37:8-10; 38:23; 39:8 ).

    34:3 LAI TB, Dan engkau sendiri tidak akan luput dari tangannya, melainkan akan pasti tertangkap dan diserahkan ke dalam tangannya; engkau akan melihat raja Babel mata berhadapan mata dan ia akan berbicara dengan engkau mulut berhadapan mulut. Kemudian engkau akan pergi ke Babel.
    KJV, And thou shalt not escape out of his hand, but shalt surely be taken, and delivered into his hand; and thine eyes shall behold the eyes of the king of Babylon, and he shall speak with thee mouth to mouth, and thou shalt go to Babylon.
    Hebrew,
    וְאַתָּה לֹא תִמָּלֵט מִיָּדֹו כִּי תָּפֹשׂ תִּתָּפֵשׂ וּבְיָדֹו תִּנָּתֵן וְעֵינֶיךָ אֶת־עֵינֵי מֶלֶךְ־בָּבֶל תִּרְאֶינָה וּפִיהוּ אֶת־פִּיךָ יְדַבֵּר וּבָבֶל תָּבֹוא׃
    Translit, VE'ATÂH LO' TIMÂLÊT MÎYÂDÔ KÎ TÂFOS TITÂFÊS ÛVEYÂDÔ TINÂTÊN VE'ÊYNEYKHA 'ET-'ÊYNÊY MELEKH-BÂVEL TIR'EYNÂH ÛFÎHÛ 'ET-PÎKHA YEDABÊR ÛVÂVEL TÂVÔ'

    Dikatakan pula bahwa Zedekia tertangkap, diserahkan kepada raja Babel, dan seterusnya. Ini pun terbukti (Yeremia 34:21; 21:7; 32:4; 37:17; 38:18; 39:4-5; 52:7-9; 2 Raja-raja 25:4-5).

    34:4 LAI TB, Namun demikian, dengarlah firman TUHAN, hai Zedekia, raja Yehuda, beginilah firman TUHAN mengenai engkau: engkau tidak akan mati oleh pedang!
    KJV, Yet hear the word of the LORD, O Zedekiah king of Judah; Thus saith the LORD of thee, Thou shalt not die by the sword:
    Hebrew,
    אַךְ שְׁמַע דְּבַר־יְהוָה צִדְקִיָּהוּ מֶלֶךְ יְהוּדָה כֹּה־אָמַר יְהוָה עָלֶיךָ לֹא תָמוּת בֶּחָרֶב׃
    Translit, 'AKH SYEMA' DEVAR-YEHOVÂH TSIDQÎYÂHÛ MELEKH YEHÛDÂH KOH-'ÂMAR YEHOVÂH 'ÂLEYKHA LO' TÂMÛT BEKHÂREV

    Selanjutnya dikatakan bahwa Zedekia tidak akan dibunuh, Yeremia 52:11 tidak menulis bahwa raja ini mati dibunuh melainkan hanya matanya saja yang dibutakan, kemudian ia dipenjara "sampai kepada hari matinya".

    Sumber : Yohannes/ Biblika

    5. Nubuat Tuhan tidak terjadi (Yeremia 36: 30).


    Dalam kitab Yeremia 36: 30 Tuhan berfirman bahwa keturunan Yoyakim tidak ada yang naik tahta kerajaan Daud. Nubuat ini ternyata meleset. Diceritakan dalam kitab II Raja-raja 24:6 bahwa sepeninggal Yoyakim, yang naik tahta menggantikannya adalah Yoyakhin, anaknya.

    JAWAB :

    Yoyakin memang menggantikan ayahnya Yoyakim, tetapi coba selidiki berapa lama Yoyakin menjadi raja?
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Ayat-Ayat Ramalan Alkitab Yang Meleset dan Tak Terpenuhi Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top