728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Apakah Binatang Juga Ber-Tuhan ??

    Apakah Simpanse Memercayai Keberadaan Tuhan?

    Dalam foto yang diambil dari rekaman video milik peneliti dari Universitas Humboldt Berlin, Laura Kehoe, terlihat seekor simpanse melempari sebatang pohon dengan menggunakan batu, sementara simpanse lain mengumpulkan batu itu dan memasukkannya ke dalam rongga pohon.

    Berlin - Sebuah rekaman video yang memperlihatkan beberapa ekor simpanse terlihat seperti tengah melakukan ritual keagamaan membuat pusing para ilmuwan. Alhasil, muncul pertanyaan apakah simpanse memercayai keberadaan Tuhan?

    Laura Kehoe, mahasiswa doktoral Universitas Humboldt Berlin, menemukan bukti ini saat dia melakukan penelitian di Guinea, Afrika Barat.

    Laura memasang sebuah kamera tersembunyi untuk merekam perilaku simpanse dan dia sangat terkejut saat melihat hasil rekaman itu.

    Dalam video itu, terlihat simpanse-simpanse itu berkumpul di sekitar sebatang pohon besar yang memiliki parutan di kulitnya.

    Simpanse-simpanse itu kemudian mengambil batu dan melemparkan batu itu ke batang-batang pohon itu, sedangkan beberapa simpanse lain mengumpulkan batu itu ke bagian pohon yang berlubang.

    "Mungkin kami telah menemukan bukti awal bahwa simpanse menciptakan semacam tempat pemujaan yang dalam hal ini sebuah pohon keramat," ujar Laura.

    "Faktanya, simpanse adalah hewan yang sejauh ini tak ditemukan bukti bahwa mereka menganggap pohon memiliki makna khusus bagi mereka," kata dia.

    Mungkin saja perilaku simpanse ini bukanlah sebuah ritual "keagamaan" seperti yang diduga. Mungkin saja melemparkan batu ke batang pohon adalah cara mereka berkomunikasi dengan sesamanya yang berada di jarak yang cukup jauh.

    Sebab, benturan batu dengan batang pohon menghasilkan suara gema yang bisa terdengar di jarak yang cukup jauh.

    Namun, mengapa kemudian beberapa simpanse muda secara diam-diam memasukkan batu-batu itu ke dalam rongga di batang pohon itu?

    Apa guna batu-batu yang ditumpuk hingga mirip piramida itu dalam hal komunikasi jarak jauh?

    Laura menduga, perilaku ini adalah semacam ritual. Jika benar, apakah simpanse memiliki sebuah kepercayaan kepada Tuhan?

    Mungkin saja benar jika hewan juga memiliki ritual-ritual saat menghadapi sesuatu.

    Cynthia Moss, yang sepanjang hidupnya meneliti kehidupan gajah, mengatakan, hewan besar itu memiliki ritual pada saat salah satu kawannya mati dibunuh pemburu liar.

    "Mereka berdiri di sekitar bangkai gajah yang mati itu. Mereka menyentuhnya lembut dengan menggunakan belalai dan kaki mereka," kata Cynthia.

    Lalu, lanjut Cynthia, dengan menggunakan kaki dan belalainya, para gajah ini berusaha menaburkan tanah di tubuh teman mereka yang sudah mati itu.

    "Beberapa gajah yang lain kemudian pergi mencari batang pohon dan dedaunan lalu menaruhnya di bangkai teman mereka. Menjelang malam, mereka sudah hampir selesai menguburnya," ujar Cynthia.

    Gajah-gajah itu lalu berdiri di sekeliling bangkai kawan mereka sepanjang malam dan menjelang fajar mereka baru pergi meninggalkan tempat itu.

    Hal serupa juga ditemukan di hutan Gombe, Tanzania. Di tempat itu babon, primata yang "kekerabatannya" dengan manusia terbilang jauh dibanding simpanse, juga menunjukkan perilaku unik.

    Kawanan babon dikenal sangat berisik, tetapi dalam beberapa kesempatan, mereka bisa duduk diam di tepi sungai hingga 30 menit lamanya.

    Semua kawanan babon ini, termasuk babon muda, duduk diam tak bersuara seakan tengah berkontemplasi.

    Jadi, jika babon yang secara genetis sangat berbeda dengan manusia, tak heran jika simpanse yang 98 persen materi genetikanya sama dengan manusia memiliki perilaku sama dengan kita.

    Banyak hal yang sama antara manusia dan simpanse, misalnya kepandaian, kemampuan berkomunikasi, penggunaan alat, rasa sosial yang tinggi, serta kemampuan menyelesaikan masalah.
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Apakah Binatang Juga Ber-Tuhan ?? Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top