728x90 AdSpace

Saat Kau butuhkan tetesan air 'tuk segarkan relung jiwamu yang mulai mengering...

  • Latest News

    Teknologi Baru Sepeda Laundry

    Cuci Pakaian Sambil Genjot Sepeda Statis, Tertarik?


    China - Sekelompok mahasiswa di Universitas Nasional China’s Dalian membuat sebuah inovasi yang memadukan olahraga sepeda statis dengan kegiatan mencuci pakaian. Menarik, bukan?

    Mereka menciptakan sebuah sepeda statis yang dilengkapi dengan tabung pencuci pakaian. Cara kerjanya kira-kira adalah, tabung tersebut akan berputar seperti mesin cuci listrik pada umumnya, ketika pedal sepeda statis dikayuh.

    Produk ini dinamai "BWM" yang merupakan kependekan dari "bike washing machine".

    "Bersepeda merupakan olahraga yang terbilang populer. Sementara itu, mencuci pakaian pun setidaknya dilakukan seminggu sekali," kata salah satu mahasiswa penggagas, seperti dikutip Tuvie, sebuah blog yang didedikasikan untuk inovasi teknologi.

    "Nah, kenapa kedua kegiatan itu tidak dipadukan saja dalam satu alat," sambung dia.

    Pakaian kotor dan detergen dimasukkan ke dalam tabung yang berada di bawah kerangka sepeda statis.

    "Ketika Anda mulai mengayuh sepeda ini, gerak pedal akan membuat tabung itu berputar, dan pada saat yang sama mengisi listrik melalui dinamo yang bisa digunakan untuk menyimpan listrik," ungkap mahasiswa itu.

    Dia menyebutkan, listrik yang tersimpan tak cuma mampu menghidupkan display indikator pada mesin, tetapi bahkan bisa dipakai untuk mencuci pakaian tanpa mengayuh.

    Sesungguhnya, konsep ini bukan hal yang sepenuhnya baru. Sebelumnya, hal serupa pernah digagas lewat mesin cuci bernama BiWa, yang dibuat oleh industri di Slowakia, hasil desain Barbora Tobolova.

    Mesin tersebut adalah sepeda yang bergerak. Roda belakang, pada bagian pelek, dilengkapi drum untuk mengisi pakaian kotor. Idenya, pakaian tercuci bersih, sambil si pemilik mengayuh sepedanya ke suatu tempat.

    Di tabung tersebut terdapat sebuah celah untuk mengeluarkan air kotor. Namun, sejauh ini, belum ada kabar apakah inovasi itu bisa menggantikan mesin cuci konvensional dengan sama baiknya.

    Terlepas dari pertimbangan tersebut, inovasi ini tentu menawarkan solusi bagi mereka yang harus mencuci pakaian, sekaligus memiliki kebutuhan untuk berolahraga, apalagi dalam era multitasking seperti sekarang ini....
    • Blogger Comments
    • Facebook Comments

    0 komentar:

    Item Reviewed: Teknologi Baru Sepeda Laundry Rating: 5 Reviewed By: Blogger
    Scroll to Top